√ Penyebab Slip Kopling Mobil dan Cara Mengatasinya

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Memiliki mobil terlihat sangat menyenangkan, tetapi mereka tidak tahu bagaimana tugas yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Mobil tidak hanya digunakan untuk berjalan, tetapi Anda juga harus menjaganya secara teratur. Jika Anda tidak secara rutin melakukan perawatan, maka suatu hari mobil Anda akan mengalami masalah.

Kendala yang terjadi pada mobil juga bermacam-macam jenisnya, ada yang tarikan dari mobil terasa berat, mobil yang bertelur sendiri, skid mobil skid dan lain-lain.

Pada saat ini saya akan membahas kopling mobil selip. Masalah ini juga sangat sering dialami oleh pengemudi. Lama kelamaan akan sangat merepotkan dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Banyak yang bingung tentang apa yang menjadi penyebab tergelincirnya kopling mobil ini. Anda dapat mengetahui beberapa informasi tentang penyebab slip kopling pada mobil seperti di bawah ini.

Penyebab Kopling Mobil Slippage

Penyebab yang kerap terjadi ketika selip kopling mobil adalah karena penggunaan mobil yang terlalu lama dalam kurun waktu 7 tahun. Ini dapat menyebabkan perpindahan gigi muncul membuat suara yang cukup keras. Gejala seperti ini yang menunjukkan terjadinya slip kopling pada mobil Anda.

Untuk mengamati gejala slip kopling, Anda dapat mencoba mobil dengan menanjak dan jalan yang tenang. Di sana Anda bisa merasakan suara yang terjadi di mesin mobil apakah salah atau tidak. Jika terjadi kesalahan, slip kopling pada mobil Anda mengalami masalah.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan eksperimen dengan menguji rem tangan. Nyalakan mesin mobil Anda kemudian tekan pedal kopling, pastikan mobil ada di gigi 4. Jika sudah, lepaskan kopling mobil secara perlahan, jika mobil tidak bergerak, itu artinya kopling mobil harus diganti segera.

Tidak hanya itu, kopling mobil juga bisa disebabkan oleh kopling yang sudah AUS. Itu membuat kinerja kopling lebih lambat. Selain itu, penyebab tergelincirnya kopling mobil juga disebabkan oleh pegas pada kopling pada mobil yang semakin melemah.

Pelumas yang diletakkan di pedal kopling tidak boleh terlalu banyak. Baut pada kopling juga harus dipastikan ketat, jika longgar, akan menyebabkan kopling mobil tergelincir.

Cara Mengatasi

Jika Anda sudah tahu penyebabnya, maka Anda juga harus tahu cara mengatasinya. Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara menangani kopling mobil selip. Langkah pertama yang harus Anda lakukan pertama adalah menganalisis mobil.

Untuk menganalisanya dengan cukup mudah, yang harus Anda lakukan adalah mengendarai mobil di jalur menanjak dan tenang. Di sini Anda harus memperhatikan bunyi mesin mobil apakah itu terdengar keras atau tidak. Jika ya, maka mobil Anda memiliki masalah kopling selip kopling. Di sisi lain, Anda juga harus memeriksa apakah pedal mobil keras atau tidak.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengatur ulang pedal kopling lagi. Anda hanya perlu mengaktifkan rem tangan terlebih dahulu dan kemudian menyalakan mesin, kemudian menginjak pedal kopling dan menyetelnya ke gigi 4. Bila sudah, perlahan-lahan lepaskan tekanan pedal gas.

Selain itu, Anda juga dapat mengganti pelumas kopling dan menyesuaikan pengaturan baut pada kopling, memastikan pemasangan baut tidak terlalu ketat dan longgar. Jika solusinya tidak dapat dipecahkan, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah membawanya ke garasi terdekat.

Demikan beberapa informasi tentang penyebab slip kopling mobil. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran bagi semua teman, terima kasih.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment