10 Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Yang Lecet dan Tergores

No Comments

Advertisement

Otomotifo.com – Ada beberapa cara menghilangkan baret pada body mobil yang tergores ataupun lecet. Caranya sangat mudah, namun tergantung dari tingkat goresannya. Apabila terlalu dalam, maka mau tak mau harus dicat ulang. Adapun biaya pengecetannya bisa kalian simak pada informasi berikut “Biaya Pengecetan Body Mobil“.

Baretan pada cat mobil memang sangat menggangu, karena akan mengurangi estetika mobil. Biasanya hal ini terjadi karena mobil tidak sengaja terserempet atau menabrak sesuatu. Tentu masbro ingin segera menghilangkan goresan tersebut, sehingga mobil kembali mulus.

Sebelum menghilangkan goresan pada body mobil, masbro harus terlebih dahulu memeriksa kondisi goresan. Jika goresannya tak terlalu dalam, maka kita bisa mencoba menghilangkannya dengan alat sederhana, tanpa perlu pergi ke bengkel cat mobil.

Hal berbeda jika goresannya terlalu dalam, maka cara menghilangkannya jauh lebih sulit. Solusinya adalah dengan cat ulang yang notabennya membutuhkan biaya tak sedikit. Lalu bagaimana jika baretnya tak terlalu dalam ? Untuk mengetahui cara menghilangkannya, silahkan simak di bawah ini.

1. Bersihkan Dengan Air

Kita mulai dengan cara yang paling mudah, yakni dengan menggunakan air untuk mencuci body mobil. Bisa saja baret yang timbul bukan karena goresan benda tajam, melainkan hanya sekedar kotoran yang bisa hilang apabila kita bersihkan dengan air.

Kotoran yang mengekerak akan membuat body mobil terlihat seperti tergores. Jadi lebih baik kita terlebih dahulu mencuci mobil dengan air bersih. Namun apabila benar-benar tergores, maka masbro bisa mencoba cara menghilangkan baret pada mobil di bawah ini.

2. Menggunakan Odol (Pasta Gigi)

Ada mitos yang mengatakan bahwa cara menghilangkan baret pada mobil bisa menggunakan odol atau pasta gigi. Rupanya mitos tersebut benar adanya. Pasalnya kita bisa menghilangkan pasta gigi untuk menghilangkan baretan halus pada body mobil. Nah untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.Pertama, kita harus terlebih dahulu membersihkan bagian mobil yang tergores atau lecetLalu ambil basah dan oleskan pasta gigi yang sudah disiapkanLangkah selanjutnya tinggi mengosokannya ke body mobil yang tergores secara melingkarApabila goresan mulai hilang, maka kita tinggal membersihkannya dengan air bersih.

Cara di atas hanya bisa masbro gunakan untuk menghilangkan baretan halus. Jika goresannya terlalu dalam, maka cara di atas akan percuma. Pasalnya cat sudah rusak dan terkelupas dari body dasar mobil.

3. Menggunakan Obat Nyamuk

Rupanya obat nyamuk bisa menjadi pengganti kompon untuk menghilangkan goresan dan baret pada mobil. Caranya memang kurang lazim, namun bisa menjadi alternatif terbaik saat keadaan darurat.

Obat nyamuk yang digunakan bukanlah obat nyamuk bakar, melainkan yang oles. Hal ini bisa dilakukan karena obat nyamuk mengandung zat yang cukup keras terhadap cat, sehingga bisa menghilangkan baret ringan pada body mobil.

Lalu bagaimana cara menggunakannya ?

Masbro harus terlebih dahulu membersihkan body mobil yang tergores dari kotoranKemudian oleskan obat nyamuk cair ke bagian yang lecetBiarkan sekitar 10-20 detik, lalu bersihkan dengan air bersih

Walaupun cukup ampuh dalam menghilangkan baret halus maupun sedang, namun zat yang terkandung di dalam obat nyamuk bisa menghilangkan lapisan Clear Coat pada cat mobil, sehingga bisa membuat cat mobil terlihat buram.

Cara menghilangkan baret pada mobil dengan obat nyamuk memang penuh resiko. Kita harus melakukannya secara hati-hati dan jangan sampai terlalu keras saat menggosoknya.

4. Menggunakan Minyak Rem

Selain pasta gigi dan obat nyamuk, kita juga bisa menghilangkan baret pada mobil dengan minyak rem. Cara ini bisa masbro coba untuk menghilangkan goresan halus pada cat mobil. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.Siapkan terlebih dahulu minyak remnyaKemudian oleskan minyak rem pada kanebo kering ataupun pada body mobil yang tergoresSelanjutnya tinggal gosok secara perlahan sampai baretan halus menghilang

Sama seperti obat nyamuk cair, minyak rem juga memiliki zat yang cukup kuat terhadap cat. Oleh karena itulah kami tak menyarankannya pada cat mobil yang masih baru, karena bisa memuat cat mobil terlihat kusam.

5. Menggunakan Kompon

Kompon bisa menjadi senjata ampuh untuk menghilangkan goresa pada body mobil yang lecet. Cara kerja kompon adalah dengan mengikir cat di sekitar goresan, sehingga goresan akan hilang dan tertutup oleh cat di sekitar goresan.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan kompon di toko aksesoris hingga suprmarket. Mereknya pun beragam, dan salah satunya adalah KIT. Lalu bagaimana cara menggunakan komponen tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Langkah pertama adalah terlebih dahulu membersihkan body mobil yang lecet sampai semua kotoran menghilangApabila body mobil sudah kering, lalu kita tinggal megoleskan kompon ke bagian yang baret.Jangan terlalu banyak mengoleskannya karena bisa merusak cat. Lebih baik ambil secukupnya saja sesuai bagian bagian yang tergoresLalu kita tinggal memoles body mobil yang tergores dengan kanebo. Lakukan secara berulah sampai goresan hilang.

6. Menggunakan Scratch Remover

Sctrach Remover merupakan cairan khusus yang dibuat untuk menghilangkan goresan dan beret pada cat mobil. Cairan tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan baret ringan. Masbro bisa mendapatkannya di toko aksesori mobil terdekat atau membelinya secara online.

Cara menggunakannya juga sangat gampang. Kita hanya tinggal mengoleskannya pada body mobil yang tergores atau baret. Kemudian tinggal memoles body mobil dengan kain micro-fiber. Lakukan proses tersebut beberapa kali sampai goresan tak terlihat.

7. Menggunakan Spidol Cat

Satu lagi cara menghilangkan baret pada mobil, yaki menggunakan spidol cat mobil. Spidol tersebut bukanlah spidol sembarangan, karena bisa digunakan untuk menyamarkan goresan pada body mobil. Masbro bisa memakainya untuk menutupi goresan sedang ataupun goresan dalam. Harganya juga cukup terjangkau, jadi masbro wajib mencobanya.

8. Pergi Ke Poles Mobil

Ada banyak sekali penyedia jasa poles body mobil yang menawarkan layanannya dengan harga terjangkau. Poles body tak hanya membuat mobil kembali terlihat kinclong, namun juga bisa menghilangkan baret ringan. Sebenarnya kita bisa mencobanya dirumah, karena hanya membutuhkan kompon dan amplas yang dikhususkan untuk poles body mobil.

9. Pergi Ke Ketok Magic

Apabila goresannya terlalu parah dan membuat body mobil menjadi penyok, maka lebih baik pergi ke tukang ketok magic. Pasalnya body mobil yang penyok harus terlebih dahulu di dempul, kemudian baru di cat ulang sehingga tampak seperti baru lagi.

Pengecatan ulang body mobil juga tak boleh sembarangan. Cat yang digunakan harus berkualitas dan warnanya senada dengan warna body, sehingga cat mobil tidak terlihat belang.

Jika bagian yang dicat sangat luas, seperti full bumper, maka lebih baik memilih ketok magic atau tukang cat mobil yang sudah menggunakan teknik oven agar catnya lebih awet. Biaya yang dikeluarkan juga bervariasi, tergantung jenis cat, warna, dan tingkat kesulitannya.

10. Mengajukan Asuransi Kendaraan

Ada banyak sekali manfaat asuransi mobil, dan salah satunya adalah bisa mengklaim body yang lecet ataupun baret. Bagi yang membeli mobil secara kredit, biasanya akan mendapatkan asuransi All Risk. Itu artinya kita bisa mengklaim semua kerusakan yang dialami mobil selama masa kredit.

Nah itulah beragam cara menghilangkan baret pada mobil yang lecet ataupun tergores. Masbro bisa mencobanya sendiri dirumah ataupun menggunakan jasa poles mobil dan ketok magic. Jika goresannya tergolong ringan, maka lebih baik mencobanya menghilangkannya sendiri dengan pasta gigi, obat nyamuk, kompon, scratch remover, ataupun spidol cat. Cukup sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment