10 Cara Mengisi Mobil AC Freon Anda Sendiri dengan Benar

No Comments

Iklan

Cara mengisi ulang AC mobil Freon – Seringkali AC mobil tidak terasa dingin. Mungkin ini disebabkan oleh mobil AC Freon habis atau mungkin ada kebocoran yang membuat AC mobil tidak bisa bekerja secara optimal. Sekarang jika masalahnya berasal dari Freon, maka kita dapat mencoba untuk mengisi ulang Freon.

Pengisian Freon dapat dilakukan sendiri atau menggunakan layanan dari layanan pendingin udara mobil. Sebenarnya cara mengisi daya AC mobil Freon memang gampang-gampang susah. Tetapi jika Anda sudah berpengalaman dan mengetahui seluk beluk pendingin udara mobil, maka Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Adapun caranya silakan lihat di bawah ini.

1. Alat Untuk Mengisi AC Mobil Freon

Untuk mengisi mobil AC Freon, kita membutuhkan perangkat yang disebut manifold gauge. Fungsinya untuk melihat tekanan tinggi atau rendah saat kita mengisi Freon. Selain itu, siapkan juga Freon AC Car baru yang dibanderol sekitar 40 ribu hingga 50 ribu. Sementara harga manifold gauge cukup bervariasi, tetapi harga rata-rata lebih dari 300 ribu rupiah.

2. Bersihkan AC mobil terlebih dahulu

Agar performa AC mobil dapat dimaksimalkan, sebelum mengisi daya AC freon disarankan untuk membersihkan seluruh bagian AC secara menyeluruh. Demikian juga, jika Anda ingin AC mobil awet, pembersihan mobil biasa harus dilakukan.

3. Kosongkan sisa AC freon

Sebelum mengisi freon AC baru, isi freon AC lama harus dikosongkan dan dibuang terlebih dahulu. Ini adalah salah satu cara mengisi mobil freon AC dengan benar. Jika pengisian freon baru langsung dilakukan tanpa mengosongkan freon AC lama, akan ada campuran yang lama dan yang baru. Ini pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pada AC.

Proses pengosongan freon AC lama dilakukan dengan menutup katup manifold gauge, kemudian menghubungkan manifold gauge langsung ke selang merah melalui alur ke puting bertekanan tinggi. Selain selang merah, ada juga selang biru pada selang tekanan rendah dan selang hijau melalui alur ke pompa vakum.

4. Proses Pengisian Freon Baru

Sebelum memulai proses instalasi freon baru, pastikan semua selang dipasang dengan benar. Setelah itu, buka salah satu katup yang terletak di manifold dan nyalakan pompa vakum. Perhatikan ukuran yang tercantum pada bagian pengukur vakum. Jika Anda telah mencapai kisaran 600mmHg (23,62 inHg, 80 kPa), lanjutkan dengan membuka sisi lain dari manifold valve sehingga vakum yang sebelumnya dinyalakan dapat bekerja lebih efektif dan efisien karena kedua belah pihak bekerja sama.

Terus memantau proses pengisian freon dengan hati-hati. Pastikan semua sistem berjalan dengan baik. Angka ideal yang harus didaftar menunjukkan kisaran 750 mmHg (29,53 dalam Hg; 99,98 kPa).

Proses pengisian freon baru umumnya berjalan sekitar 30 menit. Selama berjalan, Anda hanya perlu mengawasi dan memastikan bahwa pompa vakum tetap menyala. Setelah sekitar 30 menit, maka kita bisa menutup kedua bagian katup manifold sebelum pompa vakum dimatikan.

Setelah dua bagian katup manifold ditutup, tunggu sekitar 15 menit untuk melakukan pengamatan pada angka yang menunjuk ke meter. Jika Anda melihat proses reduksi yang signifikan, Anda dapat yakin bahwa sistem AC mobil Anda mengalami kebocoran.

Langkah-langkah untuk Mengukur Freon Car AC

Untuk menyempurnakan diskusi kita tentang cara mengisi freon AC mobil, di bawah ini saya akan menambahkan informasi tentang bagaimana mengukur freon AC mobil dengan benar. Metodenya adalah sebagai berikut:

Tutup faucet manifold gauge dalam gerakan searah jarum jam. Kondisi ini berlaku untuk jenis keran rendah dan tinggi. Jika posisi faucet benar-benar tertutup, cukup pasang naple biru pada layanan katup tekanan AC. Red naple adalah untuk katup servis ACB tekanan tinggi. Pastikan posisi pemasangan naple benar untuk setiap jenis AC mobil berbeda. Untuk memasang naple lebih mudah, coba pasang ac naple dengan gerakan memutar, yaitu bagian atas AC diputar berlawanan arah jarum jam. Setelah itu, tarik batang bawah ke arah panah sehingga naple dapat memasuki bagian katup servis dengan benar. Perlu diingat bahwa langkah ini berlaku untuk semua AC bertekanan tinggi dan rendah. Ketika Anda mendengar sinyal "klik" bahwa pemasangan AC naple sudah terpasang. Putar juga air conditioner pada pendingin udara tekanan tinggi dan rendah (merah atau biru) jam atau di arah terbuka sehingga katup servis terbuka dan freon akan mengalir dengan baik. Pembacaan tekanan juga bisa dilakukan dengan menggunakan pengukur. Secara umum, gauge atau manifold gauge akan menunjukkan hasil pengukuran yang sama karena AC mobil belum dinyalakan. Karena itu, AC yang tekanannya menunjukkan angka 70-90 psi adalah pertanda normal, sehingga mesin mobil tetap dingin. Karena itu, pastikan Anda membaca tekanan yang ada alat pengukur dengan jelas. Jika ukurannya tidak dapat dibaca, kita dapat yakin bahwa ada kesalahan pada alat pengukur. Langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin dan menyalakan AC mobil. Ketika AC mobil dihidupkan, kita harus memastikan tekanan rendah berada pada level 20-30 psi. Tekanan AC mobil berada di level 170-250 psi.

Sekarang cara yang benar untuk mengisi AC Freon. Triknya memang cukup rumit, tetapi tidak ada salahnya mencoba sendiri di rumah. Jika tidak ingin ribet, sebaiknya datang ke bengkel AC yang biasanya dipatok sekitar Rp. 200 ribu. Jadi kali ini info otomotif kali ini, jangan lupa juga simak informasi tentang "Biaya Layanan AC Mobil" yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment