bbswheels.co.id

Iklan

Cara Merawat AC Mobil – Keberadaan AC di dalam mobil sangat penting, karena sebagai salah satu kenyamanan saat berkendara. Fungsi AC pada mobil adalah sistem yang berguna untuk mengkondisikan atau mengatur udara di dalam mobil.

Penggunaan AC mobil saat kondisi panas membuat kabin terasa lebih sejuk. Selain itu, penggunaan AC mobil dalam cuaca hujan berfungsi untuk mencegah kaca depan berkabut.

Penggunaan AC mobil sangat penting bagi pengemudi, selain merasa lebih nyaman tetapi juga penting untuk keselamatan. Ketika AC mobil tidak menyala selama kondisi panas dan hujan, ada risiko besar untuk keselamatan.

Cuaca panas tidak menggunakan AC, tidak ada sirkulasi udara masuk yang dapat menyebabkan sesak napas, sebaliknya, tidak menyalakan AC saat hujan akan membuat kaca depan berembun sehingga membahayakan keselamatan pengemudi karena mengganggu keselamatan pengemudi. visibilitas pengemudi

Nah, agar AC tetap berjalan optimal, Anda harus merawat AC. Namun, sering terjadi bahwa pengemudi mobil hanya dapat menggunakan AC di dalam mobil tanpa mengetahui bagaimana cara merawatnya.

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu cara merawat AC mobil Anda dengan baik, kami akan memberikan tips dan cara merawat AC mobil Anda agar tahan lama dan tahan lama. tetap tenang. Langsung saja lihat tips berikut ini.

1. Selalu Menjaga Kebersihan Mobil

Kebersihan mobil sebenarnya sangat penting untuk menjaga AC mobil yang optimal. Hindari membuka kaca depan saat berkendara menggunakan AC.

Ketika kaca depan dibuka, debu akan masuk ke mobil dan membuat seluruh mobil kotor. Untuk itu, selalu pastikan bagian depan mobil, karpet mobil, jok mobil tetap bersih.

Kursi dan karpet mobil yang kotor akan terhirup oleh pengendara AC yang nantinya akan membuat jamur tumbuh. Pertumbuhan jamur menyebabkan AC di mobil memiliki bau yang tidak sedap.

2. Hindari merokok saat AC menyala

Adanya asap rokok di dalam mobil merupakan salah satu penyebab kerusakan pada AC mobil. Asap rokok di dalam mobil akan meresap ke dalam peniup dan mengumpul pada evapator.

Asap yang dikumpulkan dalam evapator akan mengganggu pekerjaan evapator, menyebabkan AC mengalami masalah.

3. Menggunakan Filter Kabin

Filter kabin adalah salah satu komponen mobil dalam bentuk filter yang dapat berfungsi sebagai filter untuk debu dan kotoran yang akan melewati evapator AC mobil. Nah, salah satu pemeliharaan AC mobil adalah dengan memasang filter kabin agar AC mobil selalu dalam keadaan bersih.

4. Parkir Mobil dalam Kondisi Keren

Mungkin terlihat aneh jika parkir mobil juga bisa dipertanyakan oleh kondisi AC. Namun, parkir mobil di tempat yang dingin berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja AC.

Jika Anda memarkir kondisi mobil di tempat yang panas itu akan mempengaruhi kerja AC. Karena jika kabin mobil terlalu panas, pekerjaan AC terlalu berat ketika dinyalakan.

5. Pastikan Kebersihan Kondensor

Untuk menghindari masalah dengan pendingin udara mobil, jangan lupa untuk membersihkan kondensor. Biasanya kondensor kotor karena debu.

Debu yang menempel pada kondensor dapat menyebabkan erosi atau kebocoran pada AC. Karena itu, bersihkan kondensor dengan menyemprotkan kondensor AC yang berada tepat di belakang palang depan.

6. Layanan AC yang rajin

Lebih disukai, sebelum ada masalah dengan AC mobil Anda, bawa mobil ke layanan AC mobil yang Anda percayai. Tidak hanya layanan satu atau dua kali, tetapi melakukan layanan AC biasa sehingga AC mobil tetap dingin dan mampu memberikan udara dingin dan menyegarkan saat berada di dalam mobil. Sekarang untuk mengetahui berapa biaya layanan AC Mobil, silakan lihat informasi berikut "Biaya Layanan AC Mobil"

7. Waktu yang tepat untuk menyalakan AC

Waktu yang tepat untuk menyalakan AC adalah memanaskan mobil Anda 2-3 menit sebelum menyalakan AC mobil. Ini penting karena bertujuan meningkatkan daya baterai agar lebih stabil dalam memberikan tekanan ac.

8. Cegah Kebocoran AC

Apa yang perlu dilakukan untuk mencegah kebocoran Ac adalah dengan membersihkan drainase kami yang biasa di panci kondensasi. Selain itu, periksa selang apakah sudah dipakai atau tidak, jika Anda harus segera mengganti selang AC.

Agar drive AC stabil, Anda harus memeriksa putaran kipas secara teratur. Jika, kipas stabil maka AC Anda akan mengeluarkan udara dingin dan AC dapat bekerja secara normal.

10. Perhatikan wewangian mobil

Jangan gunakan colokan penyegar udara mobil ke dalam panggangan, karena dapat menyebabkan risiko patah pada panggangan AC. Selain itu, hindari penggunaan pengharum ruangan dengan merek abal abal yang memiliki bau tidak sedap. Karena dapat menyebabkan bau yang tidak sedap di mobil susah dihilangkan. Sekarang untuk mengetahui apa saja pilihan penyegar udara mobil terbaik, silakan merujuk ke informasi berikut "Parfum Mobil Terbaik"

Perawatan AC mobil sangat penting agar AC dapat bekerja secara optimal dalam menyalurkan udara dingin dan digin ke dalam perulangan. Harap ikuti cara merawat pendingin udara mobil dalam artikel otomotif di atas agar pendingin udara mobil selalu dingin dan tahan lama untuk penggunaan jangka panjang.

Leave a Reply