10 Cara untuk Membersihkan Mesin Mobil dengan Benar dan Aman

No Comments

Iklan

Cara Bersihkan Mesin Mobil – Kebersihan Mobil adalah hal yang sangat penting agar menjaga penampilan mobil selalu dalam keadaan nyaman untuk dilihat. Namun ternyata kebersihan mobil tidak cukup hanya untuk membuatnya tetap cantik.

Menjaga mobil terlihat cantik memang sangat penting, tetapi menjaga kebersihan bagian dalam mobil yang tidak langsung terlihat oleh mata tidak terlalu penting, terutama pada mesin mobil.

Menjaga kebersihan mesin mobil kadang-kadang diabaikan oleh pengendara, meskipun kebersihan mesin mobil yang tidak diperhatikan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Kerusakan pada mesin yang dianggap tidak bersih biasanya dimulai dengan munculnya karat pada mesin.

Mesin sebagai komponen yang sangat penting dari mobil Anda tentu akan berdampak besar jika rusak, bahkan dapat berdampak pada mobil Anda yang tidak lagi dapat digunakan. Karena itu, berikut ini beberapa cara untuk membersihkan mesin mobil yang bisa Anda simak di bawah ini

1. Pertama, pemanasan mesin mobil

Untuk menyederhanakan proses pembersihan mesin mobil, ada baiknya memanaskan mobil terlebih dahulu selama sekitar 15 menit. Ini sangat penting agar kotoran pada mesin mobil lebih mudah dibersihkan. Setelah dipanaskan, kemudian diamkan sampai mesin tidak terlalu panas. Setelah itu baru kita mulai membersihkannya.

2. Gunakan Sarung Tangan

Bagi mereka yang memiliki sarung tangan di rumah, kami sarankan untuk menggunakannya. Karena telapak tangan dapat melindungi tangan dari kotoran yang dapat menyebabkan alergi ketika bersentuhan langsung dengan telapak tangan. Nah, cara membersihkan mesin mobil masih harus memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan, jadi lebih baik waspada dengan menggunakan sarung tangan.

3. Bungkus Bagian-Bagian Mesin Yang Memiliki Daya Listrik

Banyak orang takut membersihkan mesin mobil karena dapat menyebabkan konseling pada komponen listrik. Namun sebenarnya kita tidak perlu takut, asalkan membersihkan mesin mobil dilakukan dengan hati-hati. Sekarang untuk menghindari konseling, kami sarankan Anda terlebih dahulu membungkus bagian-bagian yang terhubung ke sistem listrik menggunakan plastik atau aluminium foil sehingga tidak terkena air saat membersihkannya.

4. Jangan Gunakan Air Tekanan Tinggi

Yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin mobil adalah jangan menggunakan air bertekanan tinggi. Karena air bertekanan tinggi dapat merusak komponen mesin mobil. Jadi lebih baik menggunakan air bertekanan rendah untuk membersihkan setiap bagian mesin yang kotor.

5. Bersihkan Kap Mobil Pertama

Saat mulai membersihkan mesin mobil, pilih bagian yang paling mudah terlebih dahulu. Sebaiknya bersihkan bagian bawah tudung terlebih dahulu. Artikel itu adalah bagian yang paling mudah dibersihkan dan sering menjadi bagian yang sangat kotor karena banyaknya debu yang menempel. Setelah itu, bersihkan bagian lain dari mesin dengan hati-hati satu per satu menggunakan air tekanan rendah.

6. Gunakan Sponge dan Brush

Alat yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil harus lunak dan halus agar mesin tidak tergores dan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin. Kami merekomendasikan penggunaan titik lembut dan sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Nah, kita harus berhati-hati ketika membersihkan setiap bagian dari mesin mobil. Lebih baik membersihkannya perlahan dan tidak terlalu keras untuk menghindari komponen yang rusak.

7. Gunakan Sabun Poke

Ada beberapa cairan yang dapat digunakan untuk membersihkan mesin mobil dari kotoran, seperti debu atau rembesan oli. Kami sendiri lebih suka menggunakan sabun oleskan. Karena oleskan sabun mudah ditemukan dan terbukti efektif menghilangkan noda yang membandel sehingga mesin bisa kembali berkilau. Selain itu, Masbro juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin mobil yang bisa Anda lihat di artikel berikut "Cairan Pembersih Mesin Mobil".

8. Keringkan Mesin

Setelah selesai membersihkan semua bagian mesin dari kotoran, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkan mesin sampai tidak ada sabun yang tersisa. Sebelum itu, tentu saja kita harus terlebih dahulu menghilangkan sabut dengan menyemprotkan air bertekanan rendah. Kemudian cukup keringkan dengan chamois sampai benar-benar kering.

9. Perincian

Sekarang setelah tidak ada sabun yang tersisa dan mesin kembali kering, langkah selanjutnya adalah melakukan perincian. Masbro dapat menggunakan cairan khusus untuk memoles mesin mobil, seperti Engine Dressing atau cairan lain yang aman digunakan dan tidak merusak komponen listrik mesin.

10. Tutup kapnya lagi

Setelah mesin kembali bersih dan terlihat mengkilap seperti baru, maka langkah selanjutnya adalah menutup kap mesin. Kemudian coba nyalakan mesin untuk memanaskan mobil dan mesin mengering dengan cepat, siapa tahu ada bagian yang masih basah.

Nah, begitulah cara membersihkan mesin mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk menjaga kebersihan mesin, kami sarankan untuk rajin membersihkan mesin setiap 1 bulan atau 2 minggu. Tentu saja Masbro ingin mesinnya tetap terlihat ramping, seperti mobil baru.

Jika Anda tidak ingin rumit, Anda dapat datang ke tempat cuci mobil untuk melakukan perincian mesin. Namun jangan hanya memilih pencucian mobil, karena proses dan cara membersihkan mesin mobil harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment