10+ Penyebab Daya Tarik Mobil Berat: Solusi dan Cara Mengatasi

No Comments

Iklan

Penyebab Menarik Mobil Berat – Saat mengendarai mobil, pernahkah Anda merasakan tarikan mobil terasa berat? Peristiwa seperti ini sering membuat kita tidak nyaman saat berkendara karena dapat mengganggu perjalanan yang harus ditempuh. Kondisi seperti ini membuat banyak orang bertanya-tanya apa penyebab mobil terasa berat menarik.

Mencari informasi tentang hambatan mobil sekarang tidak perlu mengunjungi garasi untuk bertanya secara detail apa masalah dengan mobil Anda. Sudah merupakan zaman teknologi canggih, Anda cukup membuka Google dan menuliskan kendala yang Anda alami, di mana Anda akan menemukan solusinya.

Tapi kali ini saya akan membahas penyebab penarik mobil berat. Banyak orang yang tidak tahu apa saja hal yang dapat menyebabkan mobil menjadi berat. Untuk itu, simak saja yang berikut ini!

1. Kampas Kopling Tipis

Penyebab pertama adalah kopling pada kopling mobil tipis. Kendala seperti ini biasanya ditandai oleh suara mesin yang menderu. Kopling ini dibuat khusus untuk digosok bersama dengan Flywell, sehingga seiring waktu kopling akan berubah menjadi tipis.

Ketipisan kopling pada kopling akan membuat flywell kurang kuat, sehingga akan menghasilkan selip yang ditandai dengan getaran yang berasal dari bawah mobil. Sebagai hasil dari kopling yang semakin tipis, penarik mobil menjadi lebih berat.

2. Kopling Rem Terlalu Kuat

Penyebab selanjutnya adalah genggaman rem yang terlalu kuat. Tarik mobil terasa berat biasanya karena cengkeraman pemasangan pada mobil terlalu ketat. Ini sering terjadi pada rem drum ketika mengatur terlalu seret.

Pengereman cepat akan membuat mobil menarik lebih berat, sehingga mesin juga akan berjalan lebih cepat dan lebih cepat, tetapi kecepatan mobil normal. Akibatnya yang membuat mobil terasa tarikan yang berat, sehingga pengemudi tidak merasa nyaman saat berkendara.

3. Turbo Vane Jam

Turbo Vane yang macet juga dapat menyebabkan mobil menarik lebih berat. Kendala ini sering terjadi pada mobil dengan mesin diesel. Mesin kompresi tinggi dapat mempengaruhi tekanan pada torsi dan juga mesin mobil.

Turbo Vane sendiri berfungsi sebagai katup sehingga boosting dari turbo bisa diatur. Aliran udara akan tertutup jika katupnya juga tertutup, karena ini adalah pekerjaan mesin mobil menjadi berat. Untuk melihat masalah yang satu ini hanya bisa dilakukan melalui komputer.

4. Masalah dengan Sistem Transmisi

Penyebab penarik mobil berat berikutnya adalah sistem transmisi yang bermasalah. Sistem transmisi terdiri dari dua macam, yaitu sistem transmisi manual dan sistem transmisi otomatis. Keduanya menggunakan roda gigi, tetapi untuk transmisi otomatis menggunakan roda gigi dalam bentuk pelat pelat.

Proses perpindahan gigi dapat terhambat jika sistem transmisi otomatis terhambat. Bahkan jika Anda melakukan pol gas, mobil tidak akan berjalan cepat tetapi hanya mengaum. Kondisi seperti itu harus segera diatasi karena dapat membahayakan pengemudi.

5. Sirkulasi AC Bermasalah

Sirkulasi AC yang bermasalah juga dapat menyebabkan tarikan yang berat pada mobil. Anda dapat memeriksa apakah sistem pendingin tersumbat atau tidak. Jika demikian, maka segera bersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Untuk memeriksa, Anda harus melakukannya di bengkel karena berbahaya.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perbaikan pendingin udara, kami sarankan Anda terlebih dahulu membaca artikel "Biaya Layanan AC Mobil" untuk mengetahui berapa biayanya. Namun tidak menutup kemungkinan kemungkinan tarif di setiap bengkel AC mobil berbeda.

6. Bantalan Roda Terlalu Seret

Salah satu komponen yang membuat roda mobil dapat berputar dengan sempurna adalah Bantalan Roda. Komponen berfungsi sebagai bantalan roda pada knuk kemudi. Sekarang jika bantalan roda terlalu menyeret, maka otomatis akan membuat tarikan mobil menjadi berat dan membuat mobil kurang nyaman untuk dikendarai.

Masalah bantalan biasanya terjadi karena kurangnya pelumas, yang mengganggu putaran roda dan membuat tarikan mobil terasa berat. Untuk mengatasi masalah ini, kami sarankan untuk selalu memeriksa kondisi bantalan selama layanan rutin.

7. Catalytic converter diblokir

Semua mobil terbaru dilengkapi dengan catalytic converter yang berfungsi untuk menyerap dan menyaring gas karbon monoksida dari pembakaran mesin. Jika tidak ada komponen seperti itu, mobil menjadi tidak ramah lingkungan dan membuat polusi lebih.

Fungsi dari catalytic converter memang sangat penting. Apalagi komponen ini bisa menjadi penyebab tarikan mobil yang berat. Biasanya ini terjadi karena kerak yang menutupi rongga katalis sehingga sistem pembuangan mobil bekerja kurang optimal dan membuat mobil terasa berat.

Untuk mengatasi masalah di atas, kami sarankan untuk membersihkan skala yang menempel pada katalis. Masbro juga dapat membeli konverter katalitik baru di bengkel pembuangan atau bengkel resmi. Untuk harganya sendiri bervariasi, karena itu tergantung bahan yang digunakan.

8. Menggunakan Knalpot Kustom

Bagi yang suka modifikasi, pasti akan mengganti knalpot standar dengan knalpot khusus sehingga suara yang dikeluarkan terdengar lebih intens. Sayangnya tidak semua muffler khusus memiliki kualitas yang sama, terutama untuk muffler murah yang harganya hanya beberapa ratus ribu.

Pemasangan muffler yang salah juga merupakan salah satu penyebab penarik mobil yang berat. Jika pemasangannya tidak hati-hati, itu bisa membuat knalpot bocor dan membuat mobil terasa berat. Karena itu kami sarankan untuk memilih bengkel knalpot yang berpengalaman sehingga pemasangannya bisa sempurna.

9. Pilihan Minyak yang Salah

Oli mesin mobil harus selalu diganti secara berkala. Karena oli berfungsi untuk melumasi setiap komponen mesin. Jika Anda mengganti oli terlambat, maka kinerja mesin akan terganggu dan membuat mobil menarik berat.

Dalam memilih oli mesin juga mungkin tidak asal. Kita harus menggunakan oli yang memiliki kualitas yang telah terbukti dan memiliki tingkat viskositas sesuai dengan spesifikasi mesin. Sekarang untuk mengetahui oli mobil terbaik, silakan merujuk ke informasi berikut "Harga Minyak Mobil"

10. Satu Pilih BBM

Jenis bahan bakar yang digunakan sangat berpengaruh pada kinerja mobil. Alasannya adalah bahwa setiap jenis bahan bakar memiliki tingkat oktan yang berbeda. Jika pilihannya salah, itu membuat performa mesin kurang optimal dan membuat mobil tarikan berat.

Kami sarankan untuk memilih bahan bakar yang direkomendasikan pabrikan. Setidaknya kami menggunakan Pertalite atau Pertamax yang memiliki tingkat oktan lebih tinggi dari Premium sehingga lebih optimal untuk mesin mobil modern.

Demikan beberapa informasi tentang penyebab penarik mobil berat. Semoga informasi otomotif di atas bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran untuk mengatasi ketertarikan mobil berat. Jangan lupa merujuk ke berbagai informasi otomotif lainnya, hanya di otomotif

More from our blog

See all posts

Leave a Comment