10 Penyebab Pendingin Udara Berbau Mobil: Solusi dan Cara Mengatasinya

No Comments

Iklan

Penyebab Pendingin Udara Bau Mobil – Ada beberapa faktor yang menyebabkan pendingin udara mobil berbau, baik masalah teknis maupun non-teknis. Yang pasti, AC mobil yang bau akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara, sehingga penumpang dan pengemudi tidak merasa nyaman berlama-lama di kabin mobil.

Cara mengatasi AC mobil yang bau sebenarnya cukup mudah. Tetapi sebelum itu, kita harus tahu apa yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau apak, asam, atau lainnya. Jika dibiarkan sendiri, tentu saja kenyamanan berkendara harus dikorbankan.

AC sendiri bertanggung jawab untuk menjaga sirkulasi udara di kabin mobil, sehingga mobil menjadi sejuk dan nyaman untuk dikendarai. Tanpa AC, mobil akan terasa pengap dan dapat menyebabkan kaca mengembun saat mengemudi dalam kondisi hujan.

Mengingat pentingnya AC mobil, kita harus selalu menjaganya agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap dan sirkulasi udara tetap lancar. Sekarang bagi mereka yang saat ini mengalami masalah AC karena menghilangkan bau yang tidak sedap, silakan lihat penyebabnya di bawah ini.

1. Kabin Mobil Kotor

Area kabin mobil yang kotor adalah salah satu penyebab AC mobil bau. Karena AC mobil bekerja dengan menyedot udara melalui blower, maka udara yang dihisap akan diresirkulasi melalui evaporator, dan setelah itu udara dingin akan keluar melalui AC register.

Meskipun udara yang memasuki evaporator telah diedarkan, bau yang tidak enak akan keluar saat udara dihembuskan lagi. Biasanya ini karena ada banyak debu dan kotoran yang menempel di area kabin, seperti di lantai, dashboard, koper, kursi, koper dan bagian penting lainnya.

Solusinya adalah membersihkan kabin mobil secara teratur dan memastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel di area kabin mobil. Untuk menghilangkannya, Bro dapat menggunakan penyedot debu dan jangan lupa mencuci karpet mobil.

2. Sisa makanan

Penyebab AC mobil bau berikutnya adalah sisa makanan yang kami lupa hapus dari kabin mobil. Sisa makanan dan minuman akan mengeluarkan bau yang tidak menyenangkan yang, jika dibiarkan sendiri, menyebabkan AC mengeluarkan bau.

Jadi ketika Masbro keluar dari mobil, pastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa. Sisa makanan yang jatuh di lantai mobil atau jok juga harus dibersihkan agar nantinya sirkulasi udara yang dilepaskan oleh AC tetap segar dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Evaporator AC Berjamur

AC Evaporator adalah salah satu komponen AC yang berada di bawah Dashboard. Fungsinya untuk mendinginkan udara dan mengurangi kelembaban di kabin mobil. Sekarang salah satu masalah yang sering terjadi pada Evaporator adalah berjamur.

Jika Evaporator berjamur, itu dapat menyebabkan AC mengeluarkan bau asam. Jamur dapat timbul karena uap air di Evaporator atau karena kotoran. Solusinya adalah membersihkan Evaporator sampai jamur hilang sepenuhnya.

Jika Anda bingung bagaimana cara membersihkan Evaporator, Bro dapat meminta bantuan dari tukang servis AC mobil yang berpengalaman. Biayanya juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 100 ribu atau bahkan jauh lebih murah, karena tergantung tingkat kesulitannya.

4. Udara Luar Masuk ke Kabin Mobil

Meski masalahnya hanya sepele, tetapi udara luar yang masuk ke kabin mobil bisa menjadi penyebab AC mobil bau. Biasanya ini terjadi karena Bro lupa menutup kaca mobil atau salah menggunakan mode AC yang menyebabkan udara luar masuk ke kabin mobil.

Secara umum ada dua mode sirkulasi udara mobil, yaitu mode AC standar dan mode refresh yang mengambil udara dari luar, kemudian bersirkulasi ke kabin mobil. Nah saat dalam mode refresh, bau asap knalpot dari mobil lain bisa masuk ke kabin mobil.

5. Filter AC kotor

Selain masalah Evaporator, penyebab bau AC mobil adalah karena Filter AC kotor. Karena udara terlebih dahulu akan diedarkan melalui filter AC sebelum masuk ke register AC. Jadi jika filter AC kotor, itu menyebabkan filter bau keluar bersama dengan udara dari register AC.

Filter yang kotor dapat menyebabkan AC mengeluarkan bau apak. Cara mengatasinya adalah membersihkan kotoran yang menempel pada filter AC, sehingga sirkulasi udara bisa sempurna. Masbo dapat menggunakan layanan AC, karena posisi filter AC berada di tempat yang sulit dibersihkan.

6. Pelapis basah

Rata-rata mobil mewah menggunakan jok kulit. Bahan premium ini dapat menghasilkan bau yang tidak sedap saat basah. Akibatnya udara yang dikeluarkan oleh AC mobil akan tercium bau, meskipun sumber utamanya berasal dari jok basah.

Banyak orang beranggapan bahwa AC mobil rusak ketika udara di dalam kabin berbau tidak sedap. Meskipun penyebab AC mobil bau dapat berasal dari masalah non-teknis seperti kursi basah atau masalah lain seperti yang kita katakan di atas.

7. Kebocoran Freon / Keluar

Kinerja AC mobil sangat tergantung pada Freon. Freon sendiri adalah cairan yang diisi dalam sistem AC. Sekarang ketika Freon bocor, itu akan menyebabkan aroma yang tidak enak masuk ke kabin mobil dan biasanya ditandai dengan gejala AC mobil yang kurang dingin.

Aroma yang disebabkan oleh Freon bocor berbeda dari aroma lainnya. Jika Masbro mengalami hal yang sama, kami sarankan untuk segera datang ke tempat layanan AC mobil untuk segera diperbaiki, sehingga masalah bau AC mobil bisa teratasi.

8. Grille AC Kotor

Kisi-kisi AC dapat dikatakan sebagai lubang pembuangan udara di AC mobil. Seringkali bagian itu berdebu, jadi ketika AC mobil dinyalakan akan keluar dari bau apak atau bau tidak enak lainnya yang secara otomatis akan mengurangi kenyamanan berkendara

Agar ini tidak terjadi, Masbro harus membersihkan AC Grille sampai tidak ada kotoran yang tersisa. Cara membersihkannya sangat mudah, cukup bersihkan dengan kain lembab atau gunakan penyedot debu.

9. Salah Memilih Parfum Mobil

Salah satu cara menjaga kesegaran kabin mobil adalah dengan menggunakan parfum mobil. Nah jika Anda terbiasa menggunakan parfum mobil, dan tiba-tiba parfumnya habis, maka kabin mobil akan terasa kurang segar dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Penggunaan parfum mobil dalam jangka panjang juga tidak baik, terutama parfum murah yang kualitasnya di bawah rata-rata. Partikel parfum tidak dapat terurai, sehingga menempel pada evaporator yang membuat evaporator cepat kotor, lembab, dan berjamur.

Sebaiknya pilih parfum mobil berkualitas yang kami rekomendasikan di artikel berikut "Parfum Mobil Terbaik". Ada harga pasti untuk kualitas, jadi jangan heran jika wewangian mobil terbaik rata-rata cukup mahal.

10. Parkir Mobil di Hot Spot

Penyebab AC mobil bau yang jarang dikenal adalah parkir mobil di tempat yang panas. Ini bisa terjadi karena udara di dalam mobil juga menjadi panas. Solusinya adalah menggunakan kaca film mobil berkualitas yang dapat memanaskan panas, sehingga kabin mobil tetap sejuk dan terlindung dari bau yang tidak sedap.

Nah, begitulah berbagai penyebab AC mobil itu akan mengganggu kenyamanan berkendara. Penyebabnya memang beragam, dan jika Anda tidak menemukan penyebabnya, kami sarankan Anda datang langsung ke layanan pendingin udara sehingga pemeriksaan menyeluruh dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab AC mobil tersebut. bau. Oh ya, jangan lupa juga melihat informasi otomotif tentang "Penyebab Penyejuk Ruangan Mobil Tidak Dingin" di informasi sebelumnya.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment