11 Harga Motor PCX Terbaru dan Terbaru 2019

No Comments

Iklan

Sepeda motor PCX bekas semakin diminati oleh masyarakat Indonesia mengingat harganya lebih murah daripada PCX baru yang dibanderol lebih dari 28 Juta Rupiah. Nah, Honda PCX 150 bukanlah motor murah. Sepeda motor ini adalah pesaing Yamaha NMAX di segmen Premium Maxi Scooter. Keduanya saling bersaing dengan keunggulan masing-masing.

Saat ini, Honda memasarkan tiga varian PCX di Indonesia, yaitu tipe CBS, ABS dan Hybrid. Varian termurah dengan harga 28 juta dan yang paling mahal adalah 42 juta. Dengan harga yang mahal, tentu tidak semua orang Indonesia mampu membelinya. Karena itu, motor PCX bekas adalah alternatif terbaik untuk mencicipi semua fitur Honda PCX. Sekarang untuk mengetahui berapa harganya, silakan lihat di bawah ini.

Sejarah Motor PCX

Honda PCX bukan motor baru. Sepeda motor ini pertama kali diperkenalkan di Thailand pada November 2009. PT Astra Honda Motor baru saja memasuki sepeda motor ini di Indonesia pada Juni 2010 dengan status CBU yang diimpor dari Thailand. Saat itu sepeda motor itu langsung laris manis, diburu oleh konsumen domestik yang menginginkan skuter premium dengan gaya Skuter Maxi.

Karena PCX generasi pertama adalah sepeda motor CBU, jangan heran jika harganya sangat mahal. Kemudian pada Juli 2014, PT Astra Honda Motor meluncurkan All New Honda PCX yang diimpor dari Vietnam dengan harga Rp. 38,8 Juta (di jalan Jakarta). Selama 4 tahun hingga Agustus 2014, sepeda motor PCX terjual 11.882 unit.

Meski harganya mahal, namun penjualan motor matic 150cc tetap besar. Namun semuanya berubah setelah Yamaha meluncurkan NMAX pada tahun 2015. Karena harga Yamaha Scooter Maxi jauh lebih murah daripada harga sepeda motor PCX, sehingga banyak orang lebih memilih NMAX yang diproduksi di Indonesia sehingga harganya lebih terjangkau.

Penjualan PCX terus menurun karena kehadiran NMAX membuat PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda PCX generasi ketiga pada Maret 2018. Sepeda motor ini tidak lagi diimpor dari luar negeri, tetapi telah diproduksi di Indonesia. Akibatnya harga motor PCX generasi terbaru jauh lebih terjangkau daripada generasi sebelumnya yang diimpor dari Vietnam.

Honda segera meluncurkan tiga varian PCX yang segera dijual dengan baik oleh para pecinta otomotif di negara ini. Keberhasilan ini tidak terlepas dari harga sepeda motor PCX terbaru yang lebih kompetitif dan memiliki fitur yang lebih canggih. Dari segi desain juga berubah drastis dengan body band besar yang tampak modern dan futuristik.

Seperti yang kami katakan di atas, ada tiga varian PCX terbaru yang dipasarkan di Indonesia. Yang paling spesial adalah PCX Hybrid. Sepeda motor mengusung mesin teknologi hybrid dan didukung oleh berbagai fitur canggih yang membuatnya bernilai lebih dari 40 Juta Rupiah.

Spesifikasi mesin

Agar sepeda motor PCX terbaru dapat bersaing dengan Yamaha NMAX, Honda melengkapinya dengan mesin SOHC berpendingin cairan 4 langkah berkapasitas 149,3cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 10,8 kW atau setara dengan 14,7 PS yang dicapai pada putaran mesin 8.500 rpm. Kemudian torsi puncak mencapai 13,2 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Meski sudah menggunakan mesin baru, namun tenaga dan torsi masih kalah dengan NMAX. Karena Yamaha NMAX memiliki mesin berkapasitas 155cc dengan output daya 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm. Meski begitu, PCX Honda masih memiliki daya tarik tersendiri, terutama fitur yang lebih lengkap dan tentunya lebih canggih.

Sekarang bagi orang yang membeli PCX Hybrid, mereka akan mendapatkan mesin teknologi Hibrida yang menggabungkan motor listrik dan mesin konvensional. Motor listrik dapat menambah daya 1,4 kW pada 3.000 rpm dan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm. Alhasil kinerja Honda PCX Hybrid jauh lebih kuat, sehingga Honda berani menjual harga sepeda motor Hybrid PCX yang jauh lebih mahal.

Bagi mereka yang memiliki lebih banyak uang, tidak ada salahnya membeli PCX Hybrid. Selain itu, sepeda motor memiliki fitur Mode Berkendara yang tidak akan pernah bertemu pada tipe CBS atau ABS. Ada tiga mode mengemudi yang disediakan oleh Honda, yaitu D (Mode Drive), S (Mode Sport), dan Mode Pemalasan. Sedangkan untuk fitur lainnya hampir sama, tetapi kapasitas bagasi sedikit lebih kecil, yaitu 23,3 liter

Fitur Andalan

Honda PCX memang kaya fitur. Salah satunya adalah fitur Smart key System atau bisa dikatakan sebagai sistem penguncian tanpa kunci. Fitur ini tidak dimiliki oleh Yamaha NMAX dan kabarnya hanya akan tersedia pada NMAX generasi berikutnya. Selain itu, Honda menyediakan fitur Pengisi Daya yang ditempatkan di kompartemen depan.

Bagasi lebar dengan kapasitas 28,8 liter dan dilengkapi dengan tempat duduk adalah salah satu daya tarik motor PCX. Lalu ada juga lampu depan dan lampu belakang yang menggunakan sistem pencahayaan LED, menghasilkan efek pencahayaan yang lebih terang dan menambah kesan canggih dan modern.

Fitur yang tak kalah menarik adalah speedometer digital penuh yang memiliki tampilan canggih dan mampu menampilkan berbagai informasi mengemudi secara penuh, seperti Smart Key Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, Konsumsi Bahan Bakar, Jam Digital dan Indikator ABS.

Berbekal semua fitur di atas, jangan heran jika harga motor PCX bekas tetap mahal. Jika Anda menginginkan yang lebih murah, maka Anda harus membeli Honda PCX CBU yang diproduksi pada tahun 2018 ke bawah. Fitur dan spesifikasi PCX CBU tentu berbeda dengan PCX generasi terbaru yang diproduksi di Indonesia.

Perbedaan paling mencolok antara PCX terbaru dan PCX lama adalah desain lampu. Meskipun sama-sama LED, desain lampu utama PCX terbaru dan lampu belakang jauh lebih modern dan futuristik. Selain itu, Honda telah menanamkan sistem pengereman canggih yang mengusung teknologi Combi Brake Systen dan Anti Lock Breaking System (Tipe ABS).

Harga sepeda motor PCX ABS sedikit lebih mahal, karena teknologi ini membuat sistem pengereman PCX ABS lebih stabil, terutama saat pengereman mendadak. Kemudian untuk kaki dilengkapi ban tubeless yang membungkus velg 14 inci dengan ukuran 100/80-R14 di depan dan 120/70-R14 di belakang.

Kedua roda mengadopsi rem cakram, sehingga memberikan rasa aman saat pengereman. Kemudian untuk frame menggunakan sasis Double Cradle yang dibungkus bodi berukuran panjang 1.923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm. Sementara sumbu roda 1.313 mm dan memiliki berat keseluruhan 131 kg untuk tipe CBS dan 132 kg untuk tipe ABS.

Banyak orang memilih Honda PCX karena nyaman dikendarai. Sepeda motor ini memiliki tubuh besar dengan pijakan kaki yang sangat lebar, menghasilkan posisi mengemudi yang santai dan nyaman. Sama seperti NMAX, sepeda motor ini memiliki tangki bensin di dek depan dengan kapasitas 8 liter.

Harga Sepeda Motor PCX Baru

Harga Baru Jenis Harga Honda PCX CBSRp. 28.683.000 Harga Honda PCX ABSRp. 31.684.000Harga Honda PCX HybridRp. 42.139.000 Harga Terbaru Periksa Di Sini

Seperti yang terlihat di atas, harga sepeda motor PCX baru dengan harga mulai dari Rp. 28 Jutaan hingga Rp. 42 juta. Varian termurah adalah tipe CBS dan yang paling mahal adalah tipe Hybrid. Masbro dapat memilih salah satu dari mereka sesuai dengan anggaran mereka. Kami sendiri lebih memilih varian ABS, harganya tidak jauh berbeda dengan tipe CBS dan dilengkapi dengan sistem pengereman yang lebih canggih.

Harga Sepeda Motor PCX Bekas

Jenis Harga Baru Harga dari Honda PCX 2010Rp. 20.000.000 Harga Honda PCX 2011 Rp. 20.500.000 Harga Honda PCX 2012 Rp. 21.000.000 Harga Honda PCX 2013 Rp. 23.500.000 Harga Honda PCX 2014 Rp. 24.000.000 Harga Honda PCX 2015 Rp. 26.000.000 Harga Honda PCX 2016 Rp. 26.500.000 Harga Honda PCX 2017 Rp. 27.000.000 Harga Honda PCX CBS 2018Rp. 27.000.000Harga Honda PCX ABS 2018Rp. 28.500.000 Harga Honda PCX Hybrid 2018Rp. 37.000.000

Bagi mereka yang anggarannya tidak cukup untuk membeli sepeda motor PCX baru, maka mereka dapat memilih sepeda motor PCX bekas yang harganya sedikit lebih terjangkau. Sebenarnya harga sepeda motor PCX bekas masih tergolong mahal. Bahkan untuk output 2010-2013, harga pasar masih sekitar 20 juta. Kemudian untuk 2014-2017, sekitar 24 juta hingga 27 juta.

Harga motor PCX bekas di atas dapat bervariasi, tergantung pada kondisi dan lokasi. Ada kemungkinan bahwa harga sepeda motor Honda akan lebih murah atau lebih mahal, jadi lebih baik bagi Masbro untuk mencari yang termurah. Sekarang bagi mereka yang tertarik untuk membeli sepeda motor PCX bekas yang dirakit secara lokal, mereka harus menghabiskan 27 juta untuk tipe CBS dan 28,5 juta untuk tipe ABS.

Untuk saat ini harga motor bekas PCX keluaran 2018 ke atas masih sangat mahal. Khusus untuk tipe Hibrida yang harga pakai masih sekitar 37 juta. Nah, untuk mengetahui secara lengkap spesifikasi sepeda motor, silakan lihat informasi pada "Spesifikasi dan Harga Honda PCX Hybrid" yang kami serahkan ke artikel otomotifo.com sebelumnya.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment