bbswheels.co.id

Iklan

Otomotifo.com – Ban tubeless adalah jenis ban yang dirancang tanpa ban dalam. Keutamaan ban tubeless adalah bahwa mereka tidak mudah bocor saat terkena benda tajam. Dulu ban tubeless hanya digunakan untuk kendaraan besar seperti sepeda motor besar dan mobil. Namun seiring waktu, ban tubeless digunakan pada semua jenis kendaraan.

Ban jenis ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebelum Anda menggunakannya, kami menyarankan Anda untuk terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan ban tubeless sehingga nantinya Anda bisa mengetahui konsekuensi dari penggunaan ban jenis ini. Sekarang untuk mengetahui semua kelebihan dan kekurangan dari ban ini, silakan merujuk ke informasi otomotifo.com berikut.

Keuntungan Ban Tubeless

Ada banyak keunggulan ban tubeless dibandingkan ban tubetype. Untuk mengetahui semua kelebihan ini, silakan lihat di bawah.

1. Memiliki Daya Tahan Yang Lebih Kuat

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa ban tubeless membutuhkan ban dalam? Jawabannya adalah karena ada ban tubeless bagian dalam yang berfungsi merekatkan ban dengan pelek, sehingga tekanan angin tidak akan bocor.

Selain itu, ban tubeless memiliki daya rekat perekat yang lebih tinggi daripada daya kohesif karet, membuatnya lebih kuat, meskipun tidak ada ban dalam. Dengan keunggulan ini, ban tidak mudah kempes, membuatnya lebih aman untuk berkendara jarak jauh.

2. Waktu Penambalan Lebih Pendek

Untuk menambal ban tubeless sangat berbeda dari ban biasa. Mengisi ban tubeless cukup dengan cairan anti bocor, sehingga menghemat waktu dibandingkan dengan ban biasa. Cara menambal ban tubeless dengan cairan anti bocor adalah dengan memasukkan cairan anti bocor ke ban tubeless, maka kita hanya perlu melepaskan benda tajam yang menyebabkan kebocoran.

Setelah benda tajam yang menjulur dikeluarkan, cairan anti bocor akan secara otomatis menutupi kebocoran. Setelah benda tajam yang menjulur dikeluarkan, cairan anti bocor akan secara otomatis menutupi kebocoran

3 Tidak Mudah Kebocoran

Ketahanan ban tubeless terhadap kebocoran juga lebih baik daripada ban tubetype. Karena tekanan angin tidak akan segera hilang, sehingga masih ada waktu untuk pergi ke tukang ban terdekat.

Jika jauh dari bengkel, Anda juga bisa menambalnya sendiri. Sekarang untuk caranya, silakan merujuk ke informasi berikut "Cara Menambal Ban Tubeless Anda Sendiri"

4. Cocok untuk Musim Hujan

Hal yang membuat ban tubeless cocok untuk musim hujan, karena ban tubeless memiliki banyak motif yang terkandung di dalam ban. Semakin banyak motif yang tercantum dalam ban, maka dapat digunakan di jalan berair karena air akan keluar setelah motif ban.

Sebenarnya, ban tubeless tidak hanya punya motif, karena ban biasa juga punya. Perbedaannya adalah ban tubeless memiliki alur atau motif yang lebih dalam sehingga mereka lebih optimal dalam air yang mengalir.

5. Pemeliharaan Sederhana

Dalam hal perawatan, menurut kami ban tubeless jauh lebih mudah. Karena kita hanya perlu menjaga tekanan angin agar ban tidak kempes. Selain itu, kita juga harus menjaga kebersihan ban dan pelek untuk mencegah kelonggaran yang pada gilirannya membuat tekanan angin kurang sempurna.

6. Dapat Meningkatkan Stabilitas Mengemudi

Salah satu keunggulan paling penting dari ban tubeless adalah dapat meningkatkan stabilitas mengemudi. Alasannya adalah karena ban tubeless memiliki karet yang lebih tebal dan lebih keras, sehingga meningkatkan daya tarik ban terhadap aspal. Alhasil ban jenis ini sangat cocok untuk sepeda motor yang memiliki kecepatan akselerasi tinggi, seperti motor sport atau motor.

Kelemahan Ban Tubeless

Setelah mengetahui keunggulan ban tubeless, saatnya Anda memahami kelemahan ban tubeless. Kerugian ban tubeless adalah sebagai berikut.

1. Harga

Harga ban tubeless lebih mahal dari ban biasa. Harga ban tubeless biasanya memiliki rasio harga 30% hingga 50%. Sekarang untuk mengetahui berapa biayanya, silakan lihat informasi berikut "Daftar Harga Ban Tubeless"

2. Tidak Dapat Digunakan pada Rims Tipe Ruji

Penggunaan pelek tipe rim tidak cocok untuk digunakan pada ban tubeless, karena bisa ada kebocoran atau udara di dalam ban. Ban tubeless lebih cocok untuk kendaraan balap sehingga udara yang terkandung dalam ban sulit keluar.

Sebenarnya kita bisa menggunakan ban tubeless pada velg. Caranya dengan membeli karet tubeless yang kemudian dimasukkan ke ban. Fungsi karet adalah agar angin tidak keluar, sehingga ban bisa dipasang dengan sempurna.

3. Tidak cocok untuk digunakan di medan berat

Sayangnya, meskipun ban tubeless tidak mudah bocor, mereka tidak cocok untuk medan berat jarak jauh. Penggunaan ban tubeless dengan jalan berat menyebabkan pelek mudah rusak.

Mengendarai sepeda motor di jalan yang tidak rata, otomatis akan didistribusikan ke pelek sehingga peleknya mudah rusak.

4. Memiliki Beban Lebih Berat

Penggunaan ban tubeless pada kendaraan bermotor menghasilkan kecepatan kendaraan yang lebih lambat, karena ban tubeless memiliki beban lebih berat daripada ban biasa.

Dengan ban yang lebih berat dari ban biasa, ban tubeless lebih cocok untuk digunakan pada kendaraan menengah ke atas.

5. Memiliki Kehidupan yang Lebih Pendek

Akibatnya ban tubeless memiliki umur yang pendek, karena terbuat dari coumpound yang lebih lunak dibandingkan ban biasa.

Meski memiliki banyak kelebihan, ban tubeless tetap memiliki kelemahan / kelemahan. Setelah membaca informasi di atas, Anda dapat menentukan apakah cocok untuk menggunakan ban jenis ini untuk sepeda motor atau mobil Anda.

Akhirnya ulasan tentang kelebihan dan kekurangan ban tubeless telah selesai. Tujuan kami dalam menuliskan kelebihan dan kekurangan ban tubeless adalah untuk menambahkan informasi lebih lanjut tentang ban tubeless. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Leave a Reply