12 Cara Memasang Kaca Film Mobil dengan Benar

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara memasang kaca film mobil sendiri. Artikel ini cukup penting karena fungsi kaca film mobil sangat besar. Itulah sebabnya rata-rata pemilik mobil memasang kaca film pada mobil favorit mereka.

Mengetahui cara memasang kaca film mobil sendiri untuk pemilik mobil sangat menguntungkan. Karena biaya pemasangan kaca film mobil cukup mahal. Tentunya jauh lebih efisien jika kita dapat menginstalnya sendiri, tanpa perlu menggunakan jasa pemasangan kaca film mobil.

Tapi ingat, jangan hanya membeli kaca film mobil. Pastikan kaca film yang dibeli benar-benar berkualitas tinggi sehingga manfaatnya dapat dinikmati. Kaca film yang kurang berkualitas tentu akan cepat rusak dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Fungsi utama kaca film adalah untuk menyerap panas dan memantulkan cahaya utraviolet sehingga kita dapat berkendara dengan nyaman di bawah terik matahari. Selain itu, kaca film akan menambah estetika dan menjaga privasi saat kita berada di dalam mobil.

Ada banyak merek kaca film mobil di pasaran. Harganya bervariasi, tergantung pada merek dan jenis kaca film yang digunakan. Sekarang untuk mengetahui berapa biayanya, silakan lihat informasi berikut "Harga Kaca Film Terbaik".

Sekarang setelah mendapatkan kaca film mobil yang diinginkan, maka kita tinggal menginstalnya. Anda dapat menggunakan layanan memasang kaca film atau mencoba menginstalnya sendiri di rumah. Sebenarnya cara memasang kaca film mobil itu sendiri cukup mudah, dan untuk mengetahui caranya silakan lihat di bawah ini.

Sebelum memulai proses pemasangan kaca film mobil, Anda harus menyiapkan berbagai alat dan bahan terlebih dahulu. Tentu Anda tidak ingin proses instalasi terputus hanya karena alatnya tidak lengkap.

Beberapa alat yang harus disiapkan adalah kaca film, bilah tajam atau pemotong tajam seperti pisau cukur, sabun cair, penyeka plastik, dan 3 penyeka. Setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, maka lakukan 8 langkah pemasangan kaca film mobil di bawah ini.

1. Bersihkan kaca film terlebih dahulu

Sebelum memasang kaca film mobil yang telah Anda beli, Anda harus terlebih dahulu membersihkan kaca film. Dalam hal ini semua bagian kaca film mobil dibersihkan dengan benar dan merata menggunakan cairan pembersih khusus untuk kaca film mobil.

2. Bersihkan berkali-kali

Saat membersihkan kaca film mobil, jangan cukup dengan hanya satu pembersihan. Lebih baik membersihkan 2-3 kali untuk memastikan semua bagian kaca film mobil benar-benar bersih. Karena, jika kaca film mobil tidak benar-benar bersih, itu akan menyebabkan gelombang pada kaca film.

3. Bersihkan pegangan jendela sekat

Untuk pembersihan yang lebih sempurna, jangan lupa untuk membersihkan pegangan jendela. Untuk kotoran yang membandel bisa dihilangkan dengan menggunakan pisau pemotong atau pisau tipis lainnya.

4. Ukur dan potong kaca film

Sebelum memasang kaca film mobil, lakukan pengukuran dan potong kaca film terlebih dahulu. Untuk memotong lebih sempurna, sebarkan kaca film di atas kaca dengan bagian tanpa lem menghadap ke atas. Pemotongan dilakukan dengan menggunakan pemotong atau pisau tipis dan tepi tajam lainnya sehingga potongan kaca film bisa rapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

5. Potong luka

Jangan lupa untuk meninggalkan 2,5 sentimeter di setiap sisi sehingga ketika dipasang semua bagian kaca film bisa tertutup. Setelah pemotongan selesai, potong potongan dengan menempatkan bagian bawah kaca film tersisa 10 sentimeter di bawah sekat, lalu potong sisi menggunakan pemotong.

Saat merapikan, Anda harus ekstra hati-hati dan lambat agar tidak menggores permukaan kaca. Memposisikan film agar pas mungkin membutuhkan beberapa upaya dan perhatian agar benar-benar pas.

6. Semprotkan cairan selama instalasi

Saat memasang kaca film mobil, semprotkan cairan khusus sehingga mudah dipasang. Coba bagian dalam kaca film untuk mendapatkan banyak semprotan cairan. Setelah penyemprotan selesai, lepaskan perekat plastik pelindung yang melekat pada film, lalu semprotkan bagian itu kembali dengan cairan.

7. Instalasi

Saat Anda ingin memasang kaca film, lakukan dengan sangat hati-hati. Mulai dari bawah dan kemudian dari atas. Dalam proses ini, pastikan kaca film sedikit diturunkan.

Selanjutnya, tempelkan kaca film pada jendela mobil dengan mengambil cotton bud untuk menempelkannya, mulai dari tengah ke samping. Cobalah untuk menekan sedikit ketika ditekan sehingga gelembung udara tidak muncul.

Setelah itu, jendela sedikit dinaikkan dan proses pemasangan kaca film berlanjut di bagian bawah dengan menyelipkan film di bawah pemisah kaca.

8. Proses terakhir

Setelah semua proses di atas selesai, proses terbaru yang harus dilakukan untuk menghasilkan instalasi yang sempurna adalah mendorong semua cairan atau air sabun ke tepi, kemudian membersihkannya dengan tisu yang dibungkus dengan jaringan. Selesai

Kiat Memasang Kaca Film Mobil

Agar pemasangan kaca film mobil lebih baik dan maksimal, perhatikan beberapa hal penting di bawah ini:

Saat kaca film pada mobil dibersihkan sebelum dipasang, pastikan permukaan kaca bebas debu dengan suhu 400 hingga 980F. Karena itu, Anda harus meminta bantuan keluarga, kerabat, atau teman untuk membantu Anda menginstalnya. Saat membersihkan kaca film mobil, sebaiknya Anda tidak menggunakan produk cuka atau amonia. Karena ini adalah mobil favorit Anda, tentu saja cairan terbaik yang harus digunakan. Proses pemasangan kaca film mobil tidak boleh dilakukan di ruang terbuka sehingga debu terbang tidak datang ke kaca film mobil saat proses pemasangan berjalan, sehingga muncul gelembung udara pada kaca.

Demikian informasi tentang 8 cara memasang kaca film mobil Anda sendiri dan tips yang perlu dipertimbangkan saat memasang. Bagi Anda yang ingin melakukan instalasi sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang kami sebutkan di atas.

Bisa dibilang cara memasang kaca film mobil cukup mudah. Namun butuh kesabaran dan kesabaran agar kaca film bisa dipasang dengan sempurna. Jika sudah berpengalaman, tentu proses pemasangannya bisa lebih cepat dan hasilnya lebih baik. Nah kali ini info otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment