14 Cara Menambal Radiator yang Bocor pada Mobil

No Comments

Iklan

Cara Menambal Radiator yang Bocor – Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang memiliki berbagai komponen yang harus diperhatikan dengan baik. Komponen-komponen ini memiliki pengaruh besar pada kinerja, mereka yang tidak terlalu berpengaruh. Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan oleh pengendara adalah radiator.

Radiator memainkan peran penting dalam menjaga suhu mesin sehingga selalu dalam kondisi normal, suhu mobil yang terlalu tinggi dapat berdampak fatal pada penggunaannya, oleh karena itu radiator sebagai komponen yang berperan penting dalam pendingin mesin mobil harus diperlakukan dengan baik. .

Radiator harus selalu dalam kondisi optimal, karena jika tidak mereka dapat mempengaruhi suhu mesin yang tidak stabil. Temperatur mesin sangat berpengaruh pada kinerja mobil Anda, jika terlalu rendah dapat mengakibatkan penggunaan lebih banyak bahan bakar karena pembakaran yang tidak sempurna.

Sebaliknya, jika suhu mesin Anda terlalu tinggi, ini dapat berdampak pada suara mesin yang tidak enak didengar atau terlalu panas yang juga dapat mengubah bentuk material dari komponen mesin. Karena itu suhu mesin harus diperhitungkan terutama ketika menempuh jarak yang cukup jauh.

Bagian dari Radiator Mobil

Radiator mobil memiliki bagian-bagian yang saling terkait dan memiliki fungsi yang berbeda secara khusus, sedangkan bagian-bagian pada radiator mobil dapat dipelajari sebagai berikut: Tangki atas adalah tangki atas pada radiator, tangki atas memiliki lubang yang digunakan untuk selang radiator sebagai tempat air panas mengalir dari mesin, di tangki atas ada juga tempat untuk penutup radiator. Penempatan penutup radiator biasanya tidak ditemukan di satu tempat saja, biasanya penempatannya tergantung dari jenis mobilnya. Selain berada di radiator tangki atas, tutup radiator juga di tabung reservoir seperti mobil fortuner atau Eropa, tutup radiator juga ditempatkan secara terpisah dari radiator dan ditempatkan di bagian tertinggi dari mesin kendaraan seperti Toyota New Vios 2007 atau Yaris. , saluran ini adalah saluran kecil yang berfungsi untuk melepaskan panas dari air radiator dengan hembusan angin dari kipas radiator. Tangki daya adalah tangki air radiator yang terletak di bagian bawah. Pada bagian ini ada lubang untuk saluran air ke mesin setelah air didinginkan oleh radiator, ada juga lubang untuk saluran air radiator.

Cara Merawat Radiator Mobil

Radiator adalah komponen penting untuk menjaga suhu mesin mobil tetap normal. Namun masih banyak pengemudi yang kurang memperhatikan atau tidak merawat radiator mobilnya dengan baik. Ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang pentingnya memelihara radiator mobil agar berfungsi dengan baik, bisa juga disebabkan oleh pengemudi yang tidak tahu cara merawatnya, oleh karena itu berikut ini dituliskan beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam merawat radiator mobil: Volume air pada radiator. Kurangnya volume air dalam radiator dapat menyebabkan overheating atau lebih tepatnya suhu mesin meningkat secara dramatis karena hal ini. Karena itu volume air dalam radiator harus terus dipertimbangkan dengan baik. Rajinlah Tiriskan tangki Radiator. Menguras tangki radiator secara rutin, setidaknya sekali setiap dua minggu dapat menjaga radiator terlindung dari berbagai jenis kotoran yang dapat menyebabkan radiator bekerja kurang optimal. Dengan perhatian yang rajin dan pembersihan tangki radiator, suhu mobil dapat dipertahankan dengan baik. Hindari menggunakan air ledeng. Zat besi adalah salah satu zat yang terkandung dalam air ledeng, oleh karena itu penggunaan air ledeng dapat menyebabkan korosi pada tangki radiator mobil. Kita juga perlu tahu bahwa selain sebagai pendingin air radiator itu juga berfungsi untuk mencegah karat di saluran air. Gunakan Radiator Pendingin. Pilih jenis pendingin radiator sesuai dengan mobil Anda. Selain ditujukan untuk menjaga suhu mesin mobil, pendingin radiator juga berguna untuk menghilangkan kotoran dan karat yang menumpuk di tangki radiator. Ingatlah untuk menutup radiator dengan benar. Hal-hal kecil terkadang dianggap sepele oleh sebagian orang, termasuk tutup radiator ini. Pastikan penutup radiator selalu tertutup rapat agar cairan tidak bocor saat menahan suhu mesin panas. Pastikan juga sistem radiator mobil dirawat dengan baik. Perhatikan hal-hal lain yang terkadang dianggap sepele, seperti saluran air radiator dan reservoir air yang terkandung dalam radiator.

Cara Menambal Radiator yang Bocor

Jika titik kebocoran radiator mobil kecil dan tidak terlalu besar maka penanganan sederhana dapat dilakukan, kecuali jika radiator rusak dan memiliki lubang yang cukup besar maka radiator mobil harus segera diganti. Cara untuk menambal radiator yang bocor yang dapat diambil jika radiator tidak rusak parah adalah sebagai berikut: Pastikan lokasi kebocoran ada di radiator bukan di selang. Jika terjadi kebocoran pada sambungan selang maka lem saja menggunakan sealer dan penjepit anti panas. Jika dipastikan bahwa kebocoran terjadi pada radiator maka siapkan kunci pas, kunci pas, obeng plus, obeng plus, obeng dan tang dari bengkel, tetannga, atau teman terdekat, jika Anda sudah memiliki sendiri maka itu & # 39; lebih baik. Bawalah teman atau orang dari garasi terdekat yang lebih terbiasa dengan prosedur membongkar radiator jika Anda tidak mengerti. Sementara orang tersebut bekerja, Anda dapat memperhatikan dan mempelajarinya dengan baik, sehingga jika kasus yang sama terjadi, Anda dapat mengatasinya sendiri. Tetapi jika Anda berani dan merasa dapat melakukannya sendiri maka Anda harus segera melakukannya segera, alangkah baiknya jika kunci sering digunakan jika terjadi kerusakan ringan pada mobil yang sudah dimiliki. Kemudian siapkan satu galon air mineral, jika terbiasa menggunakan pendingin radiator dan barangnya mudah diakses maka harus digunakan. Siapkan lem besi, Anda bisa menanyakan milik teman atau tetangga jika ada. Tetapi jika Anda merasa berat maka lebih baik membelinya langsung dari toko bahan terdekat. Setelah semua alat dan bahan siap, mulailah membuka radiator dengan alat yang disediakan. Buang sisa air yang ada di radiator. Jika titik kebocoran telah ditemukan, maka tutuplah bilah radiator dengan tang dibantu oleh minus obeng. Kemudian bubuhkan lem besi pada tempat kebocoran secara merata dan menebal. Dinginkan selama 15 menit sampai lem mengering dengan benar. Setelah semua selesai, kembalikan radiator menggunakan peralatan yang telah disiapkan, ingat baik-baik posisi bautnya dan jangan sampai ada yang ketinggalan. Setelah dipasang dengan benar, isi radiator dengan air yang telah disediakan. Setelah proses selesai, akhirnya nyalakan mesin dan periksa dengan seksama apakah masih ada kebocoran. Jika tidak ada kebocoran yang terlihat, itu berarti mobil Anda siap digunakan kembali. Perlu diingat, jika prosesnya tidak berlangsung lama dan kerusakan terjadi terus menerus, maka ada baiknya Anda segera menghemat uang untuk bersiap membeli radiator baru.

Radiator menjadi salah satu komponen mobil paling umum. Tanpa sistem pendingin mobil, mobil dapat menjadi terlalu panas yang pada gilirannya dapat merusak komponen mobil lain dan membuat mobil mogok. Demikian informasi tentang otomotifo.com ini, semoga artikel singkat tentang cara menambal radiator yang bocor di atas bermanfaat.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment