16 Cara Menyesuaikan Katup Motor Baik dan Benar

No Comments

Iklan

Cara Menyesuaikan Katup Motor – Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja motor adalah dengan menyesuaikan katup. Metode ini sangat efektif untuk mengatasi motor karburator yang kurang bersemangat atau kurang bertenaga. Karena dengan mengatur katup motor, maka kita bisa mengatur campuran gas dari karburator sehingga bisa masuk dengan sempurna ke ruang bakar mesin.

Katupnya sendiri sama dengan katup (intake). Komponen-komponen mesin berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam mesin. Jadi jika pengaturan katup tidak tepat, maka kinerja motor kurang optimal dan terasa lamban saat berakselerasi. Jika Anda mengalami ini, maka jangan ragu untuk menyesuaikan katup motor.

Ukuran katup motor tidak besar. Meski begitu, katup sangat berpengaruh pada kinerja motor. Akibatnya, pemasangan katup harus sepenuhnya sesuai dengan standar pabrikan. Posisinya jangan terlalu renggang atau terlalu kencang. Jika Anda salah mengatur katup motor, maka Anda harus menerima konsekuensi berikut.

Karena jarak katup terlalu renggang

Tarikan mesin terasa lambat ketika berakselerasi. Mesin menjadi panas dengan cepat. Motor menjadi sulit untuk dinyalakan atau memulai akan terdengar bunyi menggelitik ketika motor dihidupkan.

Jika selama ini Anda merasa motor terasa kurang bertenaga, meskipun telah menarik gas dalam-dalam, maka kemungkinan besar karena jarak katup yang terlalu renggang. Lebih buruk lagi, mesin akan terasa panas dengan cepat dan suara gelitik sangat mengganggu.

Karena jarak klep terlalu kencang

Kompresi mesin berkurang karena kebocoranMotor menjadi boros BBMMMotor motor sulit dihidupkan Kinerja motor akan jauh berkurang sehingga tarikan mesin terasa lamban dan kurang bertenagaMesin motor tidak bisa lambat

Konsekuensi paling parah dari katup yang terlalu kencang adalah konsumsi bahan bakar yang menjadi sangat boros. Mesin motor juga menjadi sulit untuk dinyalakan, sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tidak mengalami hal ini, maka Anda harus mengatur ulang katup motor.

Untuk menyesuaikan katup motor, kita harus memperhatikan celah katup. Ukuran celah katup masing-masing motor berbeda, tetapi secara umum memiliki celah katup 0,05 mm. Lain halnya jika Anda mengatur katup motor Yamaha, karena motor Yamaha memiliki katup celup dalam jarak 0,07 mm.

Sebelum menyesuaikan katup, pastikan Anda tahu celah yang benar antara katup. Akan sia-sia jika kita menyesuaikannya secara sembarangan, karena posisinya bisa terlalu renggang atau terlalu kencang. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan alat untuk menyesuaikan katup motor. Adapun alat, silakan lihat di bawah.

Alat Untuk Menyesuaikan Katup Motor

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Menyesuaikan Katup Motor

Feeler Gauge / Penyesuaian ValveObeng minus Sock lockMotor valve lockObeng minus Ring lock 18

Untuk menyesuaikan katup, kita harus memiliki semua alat di atas. Alat yang dibutuhkan tidak serampangan, karena harus ada Feeler Gauge yang berfungsi sebagai pengukur setelah katup. Selain itu, kami juga membutuhkan kunci khusus untuk mengatur katup motor.

Untuk sepeda motor tertentu seperti Honda GL juga membutuhkan gantungan kunci 8 mm dan kunci 10 mm. Selain itu, kita harus menyiapkan kunci kaus kaki untuk dapat menyesuaikan ukuran katup dengan baut pada poros magnetik. Sekarang setelah menyiapkan semua alat di atas, maka selanjutnya mari kita mulai menyesuaikan katup motor.

Cara Menyesuaikan Katup Sepeda Motor

Tutorial Cara Mengatur Valve Sepeda Motor yang Tepat

Langkah pertama adalah membuka lubang poros engkol. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah membuka lubang inspeksi tanda kontak. Untuk membukanya kita harus menggunakan obeng minus. Setelah lubang crankshaft terbuka, maka kita harus memutar crankshaft menggunakan kunci dalam arah berlawanan arah jarum jam. Kemudian letakkan tanda "T" yang dicetak pada rotor magnetik (kumparan) yang ada di lubang tanda pengapian. Selanjutnya kita buka saja tutup lubang penyesuaian katup. Setelah lubang penyesuaian katup terbuka, maka kami memeriksa apakah katupnya bergetar atau tidak. Jika katup tidak dapat dikocok, maka Anda harus memutar tanda poros engkol 360 derajat sampai tanda "T" pada magnet roto terlihat lagi dari lubang periksa kunci kontak. Nah, jika katup sudah bisa terguncang, maka langkah selanjutnya adalah mulai menyesuaikan katup motor. Cara mengatur katup motor Yang pertama adalah memasukkan Feeler Gauge ke celah di lengan ayun dan Noken. Feeler Gauge digunakan untuk mengukur setelah katup. Cara menggunakan Feeler Gauge sangat mudah. Pertama-tama, kami mencoba masuk terlebih dahulu ke Feeler Gauge dengan ukuran 0,05. Jika Anda bisa masuk, maka coba lagi dengan ukuran yang lebih besar, seperti 0,10 mm. Sekarang jika Feeler Gauge dengan ukuran 0,10 mm bisa masuk, maka Anda harus menyesuaikan katupnya. Tetapi jika ukuran 0,10 mm tidak bisa masuk, maka Anda tidak perlu melakukan penyesuaian karena itu berarti setelah katup benar. Untuk menyesuaikan katup motor, pertama-tama kita harus melonggarkan mur pengunci pada sekrup penyesuaian menggunakan kunci cincin 8 mm. Setelah itu, Anda harus menggunakan kunci yang didedikasikan untuk set katup untuk memutar sekrup penyesuaian katup. Kemudian putar sekrup ke arah pengetatan. Kemudian lakukan tes, apakah pengukur feeler dengan ukuran 0,05 mm bisa masuk dengan kencang atau tidak. Jika ada rapat, maka kami telah berhasil menyesuaikan katup motor. Namun perlu Anda ingat, bahwa posisi katup tidak boleh terlalu kencang. Setelah selesai menyesuaikan pengaturan katup, maka langkah selanjutnya adalah mengencangkan mur pengunci. Kemudian pasang kembali penutup lubang penyesuaian katup. Mengingat setiap motor memiliki minimal 2 katup, maka kita harus melakukan penyesuaian yang sama. Setelah selesai melakukan penyesuaian pada semua katup, maka kita hanya perlu menutup lubang periksa kunci kontak lagi dan menutup lubang poros engkol. Langkah terakhir adalah mencoba katup motor yang sudah disetel.

Jangan lupa untuk melakukan test drive untuk memastikan keberhasilan penyesuaian katup motor. Rasakan perbedaan kinerja motor sebelum dan sesudah menyesuaikan katup. Kami yakin bahwa kinerja motor akan kembali normal sehingga kami dapat berakselerasi semaksimal mungkin.

Jika Anda masih bingung tentang cara menyesuaikan katup motor, sebaiknya datang langsung ke bengkel yang berpengalaman. Untuk orang awam, kami yakin akan merasa bingung tentang cara mengatur katup dengan benar. Itu sebabnya lebih baik pergi ke garasi daripada bingung mengatur katup itu sendiri.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment