17 Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak

No Comments

Iklan

Cara memperbaiki dinamo starter mobil – Ada banyak komponen mobil yang membuat mobil bisa dipentaskan atau dihidupkan. Sekarang salah satu komponen terpenting adalah Dynamo Starter. Jika komponen rusak, dapat mengakibatkan mobil mogok dan tidak dapat dinyalakan. Tentu ini akan membuat kita bingung, karena nyatanya mobil hanya mengandalkan starter untuk menyalakan mesin.

Yah, mobil berbeda dari sepeda motor. Karena kebanyakan motor memiliki kick starter yang bisa menjadi alternatif dalam menghidupkan mesin. Sebenarnya mobil masih bisa dinyalakan ketika didorong, tetapi solusinya hanya berlaku untuk mobil transmisi manual dan tidak bisa diterapkan pada mobil secara otomatis. Alhasil kita harus datang ke bengkel untuk memperbaiki dinamo starter yang sudah rusak, agar mobil bisa dinyalakan kembali.

Fungsi Dynamo Starter Mobil

Secara teknis bisa dikatakan, Dynamo Starter adalah komponen yang berfungsi memutar mesin untuk pertama kali. Fungsinya berbeda dengan Dinamo Ampere yang memiliki fungsi untuk memasok listrik ke baterai saat mesin menyala. Yah, banyak orang tidak dapat membedakan antara Dynamo Starter dan Dynamo Ampere (Alternator). Kedua komponen sama pentingnya dan memiliki peran yang sangat penting dalam sistem starter mobil.

Starter dinamo hanya bekerja ketika mesin dihidupkan, dan setelah menyalakan alternator yang bekerja. Jadi jika mobil tidak dapat dihidupkan, maka kemungkinan dinamo starter akan rusak. Untungnya, cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak cukup mudah. Masbro dapat mengikuti sejumlah langkah yang kami kirimkan dalam artikel ini.

Komponen Pemula Mobil Dynamo

Sebelum membahas cara memperbaiki dinamo starter mobil, ada baiknya untuk melihat dulu komponen apa saja yang ada di dinamo starter sehingga nantinya kita dapat dengan mudah memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak. Sekarang untuk mengetahui komponen apa itu, silakan lihat di bawah. Pole Core: Komponen pertama adalah Pole Core. Fungsinya sebagai pendukung dan untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan kumparan yang diajukan. Yoke: Fungsi Yoke adalah sebagai tempat inti tiang yang kemudian diikat dengan sekrup untuk membuatnya kuat dan tepat. Aureure & Shaft: Fungsi komponen dinamo starter mobil ini adalah untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik di Amarture Brakle: komponen penting lainnya adalah Amarture Brakle yang berfungsi untuk mengerem rotasi angker setelah melepaskannya dari koneksi dengan roda pengganti yang terletak pada bagian belakang starter Starter Clutch: Fungsi komponen Starter Clutch adalah untuk memindahkan momen puntir dari armature ke roda penerus yang dapat diputar. Lever Lever: Dinamo starter compone sering disebut sebagai Drive Lever. Fungsinya untuk mendorong pinion gear ke posisi yang terkait dengan ring gear saat sakelar solenoid bekerja. Solenoid Swhitch: Banyak orang menyebut komponen ini sebagai Magnetic Switch. Fungsinya sama, yaitu untuk menghubungkan dan melepaskan roda gigi pinion ke dan dari roda penerus. Selain itu, komponen dinamo starter juga berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari baterai ke koil, armature, dan ground yang terpasang sehingga dinamo starter dapat berputar. Kuas: Fungsi kuas adalah untuk meneruskan arus listrik dari kumparan medan ke kumparan angker melalui komutator Pinion Gear: Komponen fungsi ini adalah untuk melanjutkan daya starter ke mesin dengan memutar ring gear

Nah itu berbagai komponen dinamo starter yang berjuang penting untuk kinerja dinamo starter mobil dalam menghidupkan mesin. Jika salah satu komponen di atas rusak parah, itu dapat menyebabkan mobil tidak dapat dipentaskan atau dihidupkan. Lalu apa yang menyebabkan kerusakan pada starter mobil? Sekarang untuk mencari tahu apa penyebabnya, silakan lihat di bawah ini.

Penyebab Kerusakan Starter Mobil Dynamo

Kerusakan pada komponen mobil tentu memiliki penyebab. Sebelum memperbaiki kerusakan, lebih baik cari dulu penyebab brokernya. Ini sangat penting agar nantinya tidak akan mengalami kejadian serupa atau untuk mengantisipasi bahwa ini tidak akan terjadi pada mobil favorit. Salah satu penyebab paling umum kerusakan starter dinamo adalah karena baterai atau baterai kurang. Seperti yang kita semua tahu, baterai bertugas mengalirkan arus listrik ke starter, jadi jika baterai kurang maka tidak akan bisa menghidupkan dinamo starter dan sering terdengar menggelitik pada interval cepat. Alasan lain adalah karena starter Solenoid rusak. Kerusakan sering terjadi pada gulungan (Switch) yang terdiri dari dua gulungan, yaitu Hold In Coil dan Pull In Coil. Jika kerusakan disebabkan oleh tarikan koil, maka gaya magnet yang menahan pinion gir berkurang, sehingga membuat pin gir starter bergerak mundur. Kerusakan pada dinamo starter mobil juga dapat terjadi karena sikat karbon habis yang mengakibatkan tarikan gigi pada koil tidak dapat bekerja secara optimal mendorong gigi pinion.

Cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak

Kerusakan pada starter dinamo harus segera diperbaiki agar nanti mobil bisa dinyalakan secara normal. Cara memperbaiki dinamo starter mobil juga cukup mudah. Masbro dapat mencobanya sendiri di rumah atau pergi ke bengkel mobil terdekat sehingga dapat diperbaiki oleh pakar teknis dan berpengalaman. Sekarang bagi Anda yang lebih suka memperbaiki starter dinamo mobil Anda sendiri, maka silakan lihat metode berikut.

1. Periksa Soket Otomatis

Cara pertama untuk memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak adalah dengan memeriksa soket otomatis pada Dynamo Starter. Metode ini dapat digunakan jika starter mobil tidak dapat berfungsi, tetapi indikator pada dasbor menyala atau berkedip. Sekarang untuk memeriksa soket otomatis, lihat metode di bawah ini.

Pertama periksa kabel kecil yang menghubungkan soket otomatis ke dinamo starter. Kemudian lihat kondisi kabel kecil, apakah kabelnya terputus atau terlepas. Jika kondisi kabel masih bagus, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa sekring dan relay. sekringnya dengan cara menyalakan mobil, kemudian dengarkan apakah ada suara "klak" atau tidak. Ketika suara terdengar, maka kemungkinan penyebab kerusakan pada dinamo starter mobil bukan dari relay dan fuse, tetapi masalahnya berasal dari komponen lain. Jika tidak menemukan kerusakan pada soket otomatis, maka lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel terdekat sehingga kemudian didiagnosis apakah yang menyebabkan kerusakan pada starter dinamo. Untuk dapat membawa mobil ke bengkel, kita harus menyalakan mobil terlebih dahulu. Mengingat dinamo starter mati, mobil tidak dapat dihidupkan secara otomatis melalui starter. Untuk menghadapi kondisi darurat ini, Masbro dapat mencoba menghidupkan mesin dengan mengendarai mobil. Namun cara memperbaiki dinamo starter mobil hanya berlaku untuk mobil transmisi manual dan jangan pernah mencobanya pada mobil otomatis.

2. Periksa Klem Baterai

Sebelum memutuskan untuk membeli aki mobil baru, lebih baik periksa dulu klem kabel baterai yang ada di terminal positif dan negatif. Seringkali baut penjepit yang terpasang pada baterai dilonggarkan sehingga baterai tidak dapat menghantarkan daya listrik dengan sempurna ke dinamo starter. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak jika masalahnya seperti?

Buka penutupnya terlebih dahulu, kemudian cari lokasi penyimpanan baterai. Setelah itu, periksa apakah penjepit kabel baterai positif dan negatif. Jika bautnya longgar, maka bro harus mengencangkannya. Tetapi jika klem masih terpasang dengan sempurna, maka cara yang benar untuk memperbaiki dinamo starter mobil adalah dengan melompat baterai. Untuk pemilik mobil manual, Anda juga dapat mencoba mendorong mobil yang berfungsi sama seperti melompat baterai

3. Periksa kabel baterai

Tanda kerusakan pada dinamo starter mobil yang disebabkan oleh kabel baterai adalah bahwa mobil tidak dapat hidup dan indikator baterai pada dasbor mati. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Periksa kabel baterai, apakah kabelnya longgar atau bahkan putus. Namun, jika kabel terpasang dengan sempurna dan tidak ada yang longgar atau patah, maka ada kemungkinan besar kerusakan pada komponen dinamo starter. Untuk memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak, kita harus datang ke garasi sehingga dapat ditangani oleh teknisi berpengalaman untuk merusak komponen dinamo starter mobil. Jangan ragu untuk membeli dinamo starter mobil baru. Starter dinamo lama tidak dapat diperbaiki atau berisiko untuk digunakan dalam jangka panjang. Tetapi sebelum itu, lebih baik untuk mencoba memperbaiki dinamo starter mobil berikut

4. Lompat Baterai Mobil

Performa starter dinamo sangat tergantung pada baterai. Karena aki akan menghantarkan daya listrik ke starter dinamo yang membuat mobil menyala. Nah, jika kondisi aki mobil terlalu lemah atau bahkan terlalu buruk, maka aki mobil tidak akan bisa menyalakan daya listrik ke starter dinamo dan secara otomatis akan memutar roda gila yang menyebabkan gelitik. Sekarang untuk memperbaikinya, silakan lihat di bawah.

Coba jumper aki mobil baterai dengan baterai lain, dan untuk mengetahui cara memperbaiki jumper aki mobil, silakan merujuk ke informasi otomotif sebelumnya. Biasanya mesin menyala ketika melompat. Tetapi jika tidak berhasil, maka Masbro dapat mencoba mengisi baterai terlebih dahulu. Jika kondisi baterai tidak memungkinkan untuk diisi atau diperbaiki, maka mau tidak mau bro harus membeli aki mobil baru

Jadi itulah cara memperbaiki dinamo starter mobil yang bisa dilakukan di rumah. Jika semua metode di atas tidak berhasil, maka masbro pasti harus datang ke bengkel terdekat sehingga dapat diperiksa untuk menentukan penyebab kerusakan pada dinamo starter mobil.

Starter dinamo yang rusak harus diperbaiki sehingga nantinya tidak akan menyebar ke bagian lain. Apalagi tanpa dinamo starter kita tidak bisa menyalakan mobil. Starter dinamo yang rusak harus diperbaiki sehingga nantinya tidak akan menyebar ke bagian lain. Apalagi tanpa dinamo starter kita tidak bisa menyalakan mobil. Jadi jangan remehkan masalah ini sehingga nanti kita bisa melakukan aktivitas normal tanpa khawatir mobil mogok saat dinyalakan.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment