28 Persyaratan untuk Membuat SKCK 2019 di Sektor Polisi, Polisi & Online

No Comments

Iklan

Persyaratan untuk Membuat SKCK 2019 – Salah satu syarat untuk mendaftarkan ojek online seperti Grab dan Gojek adalah memiliki SKCK (Surat Keterangan Polisi). Tidak hanya itu, SKCK juga diperlukan untuk mendaftar untuk pekerjaan lain. Surat itu sangat penting, karena itu adalah bukti bahwa nama kami jelas dari daftar kejahatan yang dicatat oleh polisi.

Jika seseorang melakukan kejahatan, akan tertulis kejahatan apa yang telah dilakukan di selembar kertas yang disebut SKCK. Semua perusahaan tentu tidak ingin pengawal mereka menjadi mantan narapidana atau termasuk dalam daftar DPO. Oleh karena itu, salah satu syarat untuk mendaftarkan pekerjaan adalah melampirkan SKCK.

Untungnya kondisi untuk membuat SKCK sangat mudah. Masbro hanya perlu melengkapi sejumlah dokumen yang kemudian akan dibawa ke kantor polisi, polisi, atau kepolisian daerah sesuai kebutuhan. Nah, SKCK juga memiliki masa berlaku, yaitu selama 6 bulan. Jika masa berlakunya berakhir, maka bro harus segera memperpanjangnya sehingga tidak perlu membuat SKCK baru.

Sebelumnya, SKCK dikenal sebagai Sertifikat Perilaku Baik (SKKB). Namun sekarang namanya telah berubah menjadi Sertifikat Catatan Polisi (SKCK). Apa arti nama, karena fungsinya tetap sama. Baik bagi mereka yang berencana untuk membuatnya, silakan lihat terlebih dahulu apa saja persyaratan untuk membuat SKCK 2019 yang kami rangkum di bawah ini.

1. Ketentuan Pembuatan SKCK Baru

Pembuatan SKCK bisa dilakukan di Polsek, Polres, atau Polda. Masbro dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dalam melamar pekerjaan. Tetapi sebelum itu, Bro harus terlebih dahulu menyelesaikan persyaratan untuk membuat SKCK yang bisa dilanggar, lihat di bawah.

Lampirkan fotocopy KTPM lampirkan Kartu Keluarga Fotocoy Lampirkan Photocoy ke Akta Kelahiran Sidik Jari Isi Formulir Pendaftaran Bawa Pas Ukuran 4 x 6 Foto dengan latar belakang foto merah Bayar biaya pembuatan SKCK sebesar 30 ribu Rupiah

Sekarang adalah persyaratan untuk membuat SKCK yang wajib ketika datang ke polisi, polisi, atau polisi. Persyaratan semakin mudah, karena sekarang tidak perlu surat pengantar dari RT, RW, dan kelurahan. Polisi telah menghapus persyaratan, karena dianggap kurang efisien dan hanya menghabiskan banyak waktu.

Setelah semua persyaratan selesai dan dimasukkan ke dalam peta. Selanjutnya, polisi pergi ke kantor polisi terdekat, polisi daerah, atau kantor polisi untuk membawa persyaratan pembuatan SKCK yang telah disiapkan. Oh ya, jangan lupa berpakaian rapi dengan mengenakan baju dan celana panjang. Kemudian cukup kirimkan file ke ruang manufaktur SKCK.

Setelah itu kita akan disuruh mengisi formulir yang disediakan oleh petugas. Isi semua formulir, dan jika sudah selesai, serahkan saja formulir itu kepada petugas terkait dan bayar biaya administrasi sekitar 30 ribu Rupiah. Maka kita hanya harus menunggu SKCK untuk dicetak dan jika sudah selesai jangan lupa menyalinnya untuk disahkan.

SKCK yang dilegalisir sangat penting. Karena yang dikirimkan saat mendaftar untuk suatu pekerjaan adalah salinan SKCK yang dilegalisir. Padahal yang asli harus disimpan, sehingga nantinya bisa diperpanjang saat periode habis. Untuk memperpanjang SKCK juga terdapat persyaratan, dan untuk mengetahui persyaratan apa yang diperlukan, silakan lihat di bawah ini.

2. Ketentuan Perpanjangan SKCK

Masa berlaku Sertifikat Catatan Polisi (SKCK) hanya selama 6 bulan. Jika masa berlaku hampir habis, maka bro harus segera memperpanjangnya sehingga tidak perlu membuat SKCK yang baru prosesnya lebih lama. Sekarang untuk massa yang berencana untuk memperpanjang SKCK, mereka harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa persyaratan berikut.

SKCK Lama yang akan diperpanjangFotocopy KTPFotocopy Kartu Keluarga Akta SalinanPas Foto Ukuran 4 x 6 Foto dengan background foto merah

Setelah menyiapkan semua file di atas, maka kita hanya perlu datang ke kantor polisi, kantor polisi, atau kantor polisi daerah terdekat dengan file yang telah dimasukkan ke dalam peta. Kemudian, serahkan semua persyaratan SKCK yang diperluas kepada petugas pabrik SKCK dan tunggu saja SKCK dicetak, kemudian cukup bayar biaya perpanjangan SKCK sebesar 30 ribu Rupiah.

Proses perpanjangan SKCK hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Tapi itu bisa memakan waktu lebih lama jika banyak yang mengantri. Kami sarankan membawanya ke lokasi produksi SKCK sedini mungkin, jadi tidak perlu menunggu lama. Jangan lupa berpakaian rapi sebagai bentuk kerendahan hati kepada petugas terkait yang telah membantu membuat atau memperpanjang SKCK.

3. Ketentuan untuk Membuat SKCK Di Luar Negeri

SKCK Overseas ditujukan untuk orang Indonesia yang ingin bekerja atau belajar di luar negeri. Metode pembuatannya juga sama dengan SKCK dalam negeri, tetapi kondisinya sangat berbeda. Karena syarat untuk membuat SKCK asing memerlukan fotokopi paspor dan surat pengantar dari PT atau Sponsor. Masih ada sejumlah persyaratan lain, dan untuk mengetahuinya, silakan lihat di bawah ini. Salinan Kartu Tanda Penduduk (TKP) Salinan Kartu Keluarga (KK) Salinan Akta Kelahiran Sidik Jari Isi Formulir Pendaftaran Salinan Surat Paspor Pengantar Dari PT / Sponsor Post Ukuran 4 × 6 Foto dengan 6 Lembar Warna Latar Belakang Merah Salinan ijazah terakhir

Proses pembuatan SKCK tidak akan diproses jika file tidak lengkap. Karena itu, polisi harus terlebih dahulu menyiapkan semua persyaratan untuk membuat SKCK sebelum datang ke kantor polisi, kantor polisi atau polisi daerah. Sekarang setelah file selesai, kemudian pergi ke agensi yang relevan, kemudian isi formulir dan tunggu sampai file SKCK dicetak. Sedangkan untuk tarif 30 ribu Rupiah.

Tingkat penerbitan SKCK diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif untuk Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku untuk Kepolisian Republik Indonesia. Di mana tarif ditetapkan Rp. 30.000 atau lebih tinggi dari tarif sebelumnya Rp. 10.000. Peningkatan itu bukan masalah besar asalkan layanan dari polisi semakin baik.

4. Persyaratan untuk Membuat SKCK Online

Selain membuat SKCK offline dengan datang langsung ke Polres, Polsek, atau Polda, Masbro juga dapat membuat SKCK online. Kehadiran layanan SKCK Online telah memudahkan masyarakat Indonesia untuk membuat Catatan Polisi. Meski begitu, nanti kita masih harus datang ke Polsek atau Polres untuk mengambil SKCK yang sudah jadi.

Layanan SKCK Online bertujuan untuk memfasilitasi proses birokrasi dan pembayaran SKCK. Proses pembayaran dapat dilakukan melalui Counter BRI Bank atau melalui Virtual Account BRI. Lalu apakah persyaratan untuk membuat SKCK Online sama dengan persyaratan untuk membuat SKCK offline? Sebenarnya kondisinya sama, tetapi untuk membuat SKCK Online harus terlebih dahulu mengisi formulir di situs web https://skck.polri.go.id/

5. Persyaratan SKCK untuk Warga Negara Asing

Kami akan membahas lebih lanjut tentang cara membuat SKCK Online di artikel otomotif berikutnya. Untuk saat ini, marilah kita mempertimbangkan persyaratan untuk membuat SKCK untuk orang asing yang ingin bekerja di Indonesia. Silakan segera merujuk ke bawah.

Bawalah surat lamaran dari sponsor, perusahaan, atau institusi yang mempekerjakan, menggunakan, atau bertanggung jawab atas warga negara asing. Membawa salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Nikah jika menikah atau menikah dengan Warga Negara Indonesia Membawa salinan Paspor. KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Membawa salinan IMTA dari KEMENAKER RIM membawa salinan Surat Pelaporan (STM) dari Polisi. Membawa foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 cm dan selembar dengan latar belakang kuning

Membuat SKCK untuk warga negara asing dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Jika ingin bekerja di Indonesia, itu bisa dilakukan di Kepolisian Daerah (POLDA). Namun, bagi warga negara asing yang mengurus proses Naturalisasi untuk menjadi warga negara Indonesia, mereka harus membuat SKCK di Mabes Polri. Ini sejalan dengan tingkat otoritas persatuan daerah yang membagi kebutuhan akan SKCK.

Kebutuhan untuk membuat SKCK di setiap lembaga berbeda-beda. Itu sebabnya Masbro tidak bisa berasal dari asal dalam membuat SKCK. Pastikan agensi tujuan sudah benar. Namun, jika itu hanya untuk melamar pekerjaan, itu bisa dilakukan di Kepolisian, Kepolisian atau Kepolisian Daerah. Owh, well, jangan lupa membawa semua persyaratan untuk membuat SKCK yang kami sebutkan di atas. Karena, jika formulir tidak lengkap, itu tidak akan diproses.

Sekarang, itulah informasi tentang persyaratan pembuatan SKCK di Polres, Polsek, atau Polda. Masbro dapat menggunakan SKCK yang dibuat sebagai persyaratan untuk mendaftar Gojek atau mendaftar untuk Grab Bike. Yah, hampir semua lowongan kerja membutuhkan SKCK sebagai persyaratan utama, jadi kita harus menyiapkan semua persyaratan di atas agar proses pembuatan SKCK berjalan dengan mudah dan lancar.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment