3 Penyebab Motor Matic Gemetar Selama Tarik Awal dan RPM Tinggi

No Comments

Iklan

Penyebab Vibrating Matic Motor – Kenyamanan motor otomatis memang lebih baik daripada motor atau motor sport. Kita hanya perlu menyesuaikan tarikan gas dan tuas rem, tanpa perlu menekan kopling dan menggeser gigi transmisi. Namun ada satu penyakit yang sering terjadi pada motor matic, yaitu munculnya getaran.

Masbro tidak perlu khawatir ketika mengalami masalah ini, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang penyebab motor bergetar otomatis dan cara yang tepat untuk mengatasi motor bergetar otomatis. Sekarang untuk mengetahuinya, silakan merujuk ke informasi otomotifo.com berikut.

1. Penyebab Getaran Saat Tarik Dini

Komponen awal yang perlu diperiksa ketika getaran terjadi pada motor matic Anda adalah rumah CVT, di bagian ini ada beberapa komponen seperti sabuk van, set bobot, rumah kopling, pegas CVT dan rol CVT, serta bagian dari beberapa set kopling (set berat) atau mangkuk kopling (rumah kopling) yang mungkin telah menipis atau aus.

Setelah memeriksa semua komponen ini dengan hati-hati, biasanya jika getaran hanya terjadi pada tarikan awal, komponen masih dalam kondisi baik, kecuali untuk bagian dari kopling ganda (set berat) atau cangkir kopling ganda (cluth housing) yang memiliki mulai menipis. Jika demikian, Anda akan melihat set bobot ganda atau housing cluth ganda tidak lagi dalam kondisi sempurna, jadi ini adalah penyebab getaran yang dirasakan selama tarikan awal.

Jika Anda telah memastikan bahwa ini terjadi pada sepeda motor Anda, maka solusi agar motor matic Anda dapat kembali ke kondisi normal seperti yang tersedia adalah segera membersihkan kopling ganda (set beban) atau cangkir kopling ganda (cluth housing).

Tetapi jika Anda telah melakukan pembersihan menyeluruh pada kopling ganda (set beban) atau kopling ganda (cluth housing), tetapi Anda masih menemukan getaran yang tidak seharusnya, maka segera ke garasi untuk memeriksa sepeda motor Anda atau jika Anda merasa percaya diri dan bisa menggantinya sendiri, Anda juga bisa melakukannya.

2. Penyebab Getaran Pada Kecepatan Rendah

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyakit motorik otomatis adalah motor terasa bergetar ketika ditarik ke bawah. Bahkan kecepatan sepeda motor kadang-kadang tampaknya macet, tetapi penyakit ini biasanya hilang ketika sepeda motor otomatis melaju.

Penyakit ini biasanya tidak hanya dialami oleh motor matic yang sudah lama digunakan, tetapi bisa juga dialami oleh motor matic yang hanya digunakan selama beberapa bulan atau masih dalam kondisi baru. Motor otomatis yang bergetar ketika tuas gas diputar tidak lagi asing bagi pengguna otomatis dan tentu saja membuat Anda tidak nyaman.

Namun ternyata dari pengalaman para pengguna motor getaran otomatis pada motor otomatis tidak hanya terjadi pada awal tarikan, tetapi juga dapat terjadi terus menerus pada kecepatan rendah.

Menurut pendapat beberapa orang yang telah melakukan perbaikan pada motor matic yang mengalami masalah serupa, biasanya getaran pada motor otomatis yang terjadi pada kecepatan rendah disebabkan oleh lapisan ganda mulai menjadi kotor, menyebabkan slip.

Jadi sebelum pergi ke bengkel Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengecek diri di motor matic Anda, apakah benar bagian yang disebutkan sebelumnya itu kotor atau tidak.

Jika Anda telah melakukan proses pemeriksaan menyeluruh, maka Anda menemukan bahwa bagian itu kotor, maka tidak perlu membawa sepeda motor Anda ke garasi. Sedangkan untuk penanganan yang dapat Anda lakukan tanpa perlu biaya lebih banyak, cukup bersihkan semua bagian pada CVT sepeda motor otomatis Anda, termasuk roller house. Ingat semua bagian yang disebutkan telah dibersihkan secara menyeluruh.

Memang rata-rata konsumen mengeluhkan pemilik motor matic seperti yang dijelaskan. Dimana ketika putaran ban atau kecepatan motor rendah motor merasakan getaran di CVT yang mempengaruhi getaran bagian-bagian lain dari motor. Jika masalah terjadi, itu hanya faktor kotor.

Jika Anda tidak dapat melakukan metode yang disebutkan, kemudian bawa ke garasi, maka bagian CVT akan dihancurkan dan diperiksa. Biasanya setelah diservis, getarannya akan hilang.

Kemudian untuk terus maju agar sepeda motor Anda tidak mengalami kejadian yang sama, cukup melakukan layanan reguler atau layanan rutin di bengkel resmi atau bengkel yang Anda yakini dapat merawat motor matic Anda dengan baik.

Ingat, jika ada masalah getaran pada motor Anda seperti yang dijelaskan di bagian ini, maka dalam menanganinya Anda tidak perlu mengganti komponen. Tetapi tetap periksa apakah bagian-bagian itu masih cocok untuk Anda gunakan. Jika Anda merasa itu tidak layak maka Anda dapat menggantinya.

3. Penyebab Getaran Saat RPM Tinggi

Getaran terasa pada sepeda motor otomatis jika telah menyebar ke setang kemudi akan sangat mengganggu, hampir semua pengguna sepeda motor otomatis memiliki atau akan merasakannya. Apalagi jika Anda telah mengalami sedikit kerusakan yang menyebabkan motor otomatis juga bergetar pada putaran tinggi.

Setelah Anda memeriksa bagian-bagian yang disebutkan sebelumnya dan ternyata getarannya telah merambat ke setir motor matic Anda pada rpm tinggi, maka itu sudah mengkhawatirkan.

Masalah motor otomatis yang bergetar pada putaran tinggi telah dialami oleh banyak pengemudi lain. Penyebab motor otomatis bergetar ketika rpm tinggi dan rendah, selain masalah yang telah disebutkan maka mungkin ada masalah pada pelek motor.

Motor dengan casting casting (CW) lebar 2,5 inci atau lebih biasanya mengalami getaran ketika motor matic berada pada kecepatan tinggi antara 60-100 kilometer per jam. Getaran disebabkan oleh bantalan yang telah rusak atau tekstur ban yang halus atau habis.

Sekarang itulah informasi tentang penyebab motor otomatis bergetar bersama dengan solusi untuk mengatasinya. Setelah mengetahui apa yang menyebabkan motor otomatis bergetar, semoga di masa depan kita semua tidak mengalaminya. Demikian semua informasi yang ada di Automotiveo.com kali ini, semoga bermanfaat bagi semua pembaca setia otomotif.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment