30 Harga Shockbreaker Mobil dan Karakteristik Shock Rusak

No Comments

Iklan

Harga Shockbreaker Mobil – Shock Absorber atau yang kita kenal dengan Shockbreaker adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi sebagai peredam kejut untuk mengurangi getaran yang dihasilkan oleh jalan. Komponen-komponen ini sangat memengaruhi stabilitas dan kenyamanan mobil. Jadi jika sudah rusak, maka kita harus segera melakukan perbaikan atau menggantinya dengan yang baru.

Mungkin banyak orang yang tidak sadar bahwa shockbreaker mobil yang dimilikinya sudah rusak. Sebenarnya kerusakan pada shockbreaker dapat dilihat secara fisik. Karakteristiknya adalah rembesan oli dalam tabung peredam kejut yang menunjukkan bahwa guncangan mobil telah bocor. Ini akan menyebabkan shockbreaker tidak dapat bekerja dengan sempurna dalam mengurangi shock.

Karakteristik lain dari peredam kejut mobil yang rusak adalah kaki mobil menjadi keras dan bunyi letusan seperti terjebak di badan mobil yang menunjukkan bahwa peredam kejut mobil telah rusak. Masalah ini sering terjadi karena guncangan mobil telah dimakan oleh usia dan tidak pernah menerima perawatan rutin. Masalah sepele seperti kotoran yang membandel juga menjadi salah satu penyebabnya.

Jika salah satu peredam kejut mobil rusak, itu dapat menyebabkan keausan ban. Ini terjadi karena goncangan kanan dan goncangan kiri tidak dapat bekerja bersama. Selain itu, kerusakan pada shockbreaker dapat terjadi karena faktor kecelakaan yang menyebabkan satu komponen guncangan mobil menjadi rusak. Nah, guncangan mobil terdiri dari beberapa komponen yang bisa pecah, lihat pada gambar di bawah ini.

Komponen Suspensi Mobil Depan

Tidak semua mobil memiliki konfigurasi guncangan depan seperti yang kami katakan di atas, terutama mobil mewah yang sudah menggunakan sistem kak-kaki yang lebih canggih. Meski begitu, semua suspensi mobil masih memiliki Coil Spring atau pegas yang berguna untuk menyerap getaran roda dan guncangan dari jalan sehingga tidak langsung diteruskan ke bodi. Coil spring juga berguna untuk menjaga cengkeraman ban terhadap permukaan jalan, sehingga mobil bisa lebih stabil.

Maka komponen yang paling penting adalah Shock Absorber. Komponen-komponen ini berguna untuk meredam getaran yang disebabkan oleh Coil Spring (Pegas) secara instan dan menjadikannya energi panas. Dengan tidak adanya komponen-komponen ini, mobil akan terasa bergoyang karena fungsi utamanya adalah mencegah gerakan pegas yang tiba-tiba. Selain itu, ada juga bar Stabilizer yang berfungsi untuk menstabilkan bodi kendaraan.

Komponen Suspensi Mobil Belakang

Rata-rata mobil murah dengan harga 100 juta tidak dilengkapi dengan Stabilizer Bar. Alhasil kenyamanan suspensi jauh berbeda dari mobil mahal yang sudah memilikinya. Nah, salah satu mobil yang dilengkapi dengan stabilizer bar adalah All New Toyota Rush. Stabilizer dipasang pada guncangan depan dan gebrakan belakang yang dikombinasikan dengan Coil Spring.

Jenis suspensi belakang mobil juga bervariasi. Contohnya adalah Toyota Rush yang menggunakan suspensi belakang 5 Lateral Rod Link dengan Coil Spring dan Stabilizer. Kemudian untuk Honda BR-V mengenakan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang disesuaikan dengan jenis kendaraan dan medan yang dilalui.

Nah, ada banyak jenis suspensi mobil. Untuk suspensi depan rata-rata menggunakan MacPherson Strut yang merupakan suspensi independen. Itu berarti bahwa antara suspensi yang dipasang di roda kiri dan kanan tidak saling menempel. Lalu ada juga suspensi tipe Double Wishbone, Rigid Suspension, suspensi multi-link dan suspensi Torsion Beam.

Setiap jenis mobil suspensi dibanderol dengan harga berbeda. Harga mobil shockbreaker disesuaikan dengan jenis dan jenis kendaraan. Semakin mahal harga mobil, tentu saja semakin besar biayanya. Di Indonesia, ada banyak produsen kejut mobil yang memiliki kualitas sangat baik, dan salah satunya adalah Kayaba.

Harga peredam kejut mobil Kayaba dikenal cukup terjangkau, tetapi memiliki kualitas yang sama dengan standar OEM seperti suspensi standar mobil. Kayaba menyediakan berbagai jenis peredam kejut untuk berbagai mobil di Indonesia. Sekarang bagi Anda yang ingin tahu harga mobil peredam kejut Kayaba, silakan lihat daftar harga di bawah ini.

Daftar harga Kayaba Car Shockbreaker

Ada banyak merek mobil shockbreaker di Indonesia. Tapi yang terbesar adalah Kayaba. Saat ini 90% produsen otomotif menggunakan kejutan Kayaba sebagai produk Original Equipment Manufacturer (OEM) dan Replacement Equipment Manufacturing (REM). Jadi bisa dibilang, sebagian besar mobil di Indonesia menggunakan kejutan bawaan buatan Kayaba.

Harga mobil shockbreaker Kayaba juga cukup terjangkau dan memiliki standar kualitas pabrikan yang menjamin kenyamanan mobil saat memakainya. PT Kayaba Indonesia menyediakan berbagai pilihan peredam kejut untuk mobil buatan Toyota, Honda, Daihatsu, Mazda, hingga Kia. Sekarang untuk mengetahui berapa harga peredam kejut untuk mobil Kayaba, silakan lihat di bawah ini.

No. TYPE SHOCKHARGA1.Kayaba Premium Avanza (KYKA-KG1502Z) Rp. 408.5002.Kayaba Premium Avanza (KYKA-SA333001-02) Rp. 855.0003. Kayaba Premium Xenia (KYKA-SA333001-02) Rp. 855.0004. Kayaba Ultra Shock Avanza (KYSU-SP8439Z) Rp. 475.0005. Kayaba Ultra Shock Xenia (KYSU-SP8439Z) Rp. 475.0006. Kayaba Ultra Shock Kijang Innova (KYSU-SP8443-44) Rp. 712.5007. Kayaba Premium Toyota Rush (KYKA-SA333003-04) Rp. 997.5008. Kayaba Premium Terios (KYKA-SA333003-04) Rp. 997.5009. Kayaba Premium Kijang Innova (KYKA-KG2802Z) Rp. 446.50010. Kayaba Premium Honda Jazz GD3 (KYKA-SA333466-67) Rp. 902.50011. Kayaba Premium Honda Jazz GD3 (KYKA-KG1508Z) Rp. 627.00012. Kayaba Ertiga Suzuki Premium (KYKA-SA333131-32) Rp. 1.567.50013. Kayaba Premium Kijang Innova (KYKA-KG2800-01) Rp. 665.00014. Kayaba Ultra Shock Calya (KYSU-XR9811Z) Rp. 1.377.50015. Kayaba Ultra Shock Sigra (KYSU-XR9811Z) Rp. 1.377.50016. Kayaba, SR Baru Honda Jazz GK5 (NSF2182) Rp. 950.00017. Kayaba Ultra Honda Mobilio (KYSU-SP8461Z) Rp. 475.00018. Kayaba, SR Baru Honda Jazz GK 5 (NST5604AL) Rp. 1,950,00019. Kayaba SR Baru Mazda CX-5 (NST5585R) Rp. 1,950,00020. Kayaba SR Baru Mazda CX-5 (NST5585L) Rp. 1,950,00021. Kayaba SR Baru Mazda CX-5 (NSF2158) Rp. 950.00022. Kayaba Premium Mobilio (KYKA-SA333129-30) Rp. 1.472.50023. Kayaba SR Baru Honda Jazz GK 5 (NST5604AR) Rp. 1,950,00024. Kayaba Premium Daihatsu Grandmax (KYKA-SA333133Z) Rp. 1.235.00025. Kayaba Premium Sigra (KYKA-KG1512Z) Rp. 675.00026. Kayaba Premium Sigra (KYKA-KG1512Z) Rp. 675.00027. Kayaba Excel-G Kia RioRp. 1,400,00028. Kayaba Excel-G Toyota Fortuner Rp. 1,400,00029. Kayaba Excel-G Mitsubishi Pajero SportRp. 1,265,00030. Kayaba Excel-G Mitsubishi TritionRp. 1.265.000

catatan:

Harga peredam kejut mobil di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Penjual berbeda, kemungkinan harga berbeda. Daftar harga untuk mobil peredam kejut di atas hanya untuk peredam kejut, dan tidak termasuk pegas dan komponen pendukung lainnya.

Seperti yang terlihat di atas, harga peredam kejut mobil Kayaba tergantung pada seri. Ada beberapa pilihan seri yang bisa dipilih, seperti Kayaba Premium, Kayaba Ultra, Kayaba New SR, dan Kayaba Excel-G. Nah untuk tipe Excel-G adalah rangkaian guncangan mobil Kayaba yang diproduksi di luar negeri. Sedangkan seri lainnya diproduksi di Indonesia di bawah naungan Astra Otoparts

Untuk mendapatkan mobil shockbreaker terbaik, kami sarankan Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan bengkel resmi atau shockbreaker sehingga Anda tidak salah membelinya. Masbro juga harus berhati-hati ketika membelinya, karena ada banyak guncangan mobil palsu yang beredar di pasaran. Biasanya ini ditunjukkan dengan harga mobil shockbreaker yang jauh lebih murah daripada harga pasar.

Karakteristik Shockbreaker Mobil Rusak

Penggantian mobil shockbreaker diperlukan ketika shock benar-benar rusak dan tidak dapat diperbaiki. Sebelum memutuskan untuk menggantinya, tentu saja kita harus tahu dulu karakteristik shockbreaker yang rusak. Adapun karakteristik, silakan lihat di bawah.

Terdengar dari kaki-kaki mobil Shockbreaker terasa sangat keras menembus jalanan yang rusak atau bergelombang. Rembesan oli dalam tabung peredam kejut. Mobil terasa tidak stabil atau tidak stabil saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Satu ban mengalami keausan tidak seimbang antara ban kiri dan kanan.

Jika Anda mengalami masalah di atas, sangat mungkin bahwa peredam kejut mobil telah rusak dan perlu diganti. Tapi sebelum itu, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan bengkel kaki. Siap tahu kerusakan bukan pada shock absorber, tetapi komponen suspensi lainnya.

Sekarang jika Anda memutuskan untuk membeli peredam kejut mobil baru, maka pastikan peredam kejut yang Anda beli sesuai dengan jenis dan jenis kendaraan yang Anda miliki. Ini sangat penting sehingga dapat diinstal pada pn (plung & play) tanpa penyesuaian sebelumnya. Sekarang ini informasi otomotif kali ini, semoga informasi harga suku cadang mobil di atas bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment