4 Cara Mencegah Cat dan Kilau Motor Kusam

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ungkapan ini sering terdengar tentang pentingnya menjaga kesehatan daripada harus mengobatinya ketika sakit. Ungkapan ini sebenarnya bisa diterapkan pada semuanya, termasuk bodi motor.

Daripada memiliki kerumitan untuk mengembalikan cat motor yang tumpul sehingga mengembalikan hasil yang ramping, tentu saja itu jauh lebih baik jika Anda telah melakukan banyak upaya terlebih dahulu sehingga cat motor Anda tidak pudar dan kusam.

Cara Mencegah Cat Motor Kusam

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan agar cat sepeda motor favorit Anda tidak kusam.

1. Jangan sampai motor terkena sinar matahari langsung

Sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat menyebabkan cat motor mengelupas dan menjadi kusam jika sering terpapar dalam waktu lama. Karena itu, ketika memarkir motor Anda, usahakan mencari tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Cuci motor setelah terkena hujan

Air hujan mengandung nitrat yang dapat memudar cat sepeda motor favorit Anda. Karena itu, jika kebetulan motor Anda terkena hujan, cobalah untuk mencucinya langsung dengan air bersih dan keringkan sampai bersih. Perhatikan juga bagian-bagian motor Anda yang secara kasar dapat mengendapkan air, karena air hujan yang sudah lama ada di bagian tubuh motor Anda dapat menyebabkan korosi atau karat.

3. Jangan sampai terkena minyak

Saat mengisi ulang minyak rem dan yang lainnya, sering ada bagian tubuh motor yang terkena percikan atau oli dari oli. Jika ini terjadi, segera bersihkan oli bekas dan jangan dibiarkan begitu saja karena dapat merusak lapisan luar cat sepeda motor Anda sehingga terlihat kusam.

4. Cuci motor secara teratur

Sebagai kendaraan harian, tentu saja sepeda motor digunakan setiap hari untuk berbagai keperluan. Akibatnya, motor akan mudah kotor terkena debu, lumpur, genangan air, bekas oli, dan kotoran lainnya. Kotoran ini akan menyebabkan cat motor memudar dan menyebabkan karat pada bodi motor favorit Anda.

Untuk mencegah hal ini, cobalah untuk mencuci motor Anda secara teratur. Jika Anda tidak punya waktu, Anda dapat meminta bantuan dari kerabat atau kenalan Anda, dan Anda juga dapat menggunakan layanan cuci sepeda motor yang banyak bermunculan saat ini.

Demikian informasi tentang cara memoles cat sepeda motor Anda sehingga terlihat licin lagi dan langkah pencegahan yang bisa Anda ambil. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi berharga tambahan untuk Anda, terutama tentang masalah ini.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment