5 Cara Membersihkan Busi & Mobil Motor Hitam / Kotor

No Comments

Iklan

Cara Bersihkan Busi – Busi atau dalam bahasa Indonesia disebut Busi adalah salah satu komponen yang memiliki tugas mengoptimalkan sistem pengapian sepeda motor atau mobil. Cara kerjanya adalah dengan membakar bensin yang telah dikompres oleh piston sehingga terbakar di ruang mesin. Nah, fungsi busi sangat penting. Itu sebabnya kami harus melakukan perawatan rutin agar busi tetap awet dan terhindar dari masalah yang tidak dingin.

Sebenarnya cara merawat busi sangat mudah. Kita hanya perlu membersihkannya dari berbagai kotoran yang jika dibiarkan saja dapat mengganggu kinerja motor. Masalah yang muncul juga beragam, seperti performa mesin sepeda motor yang kurang bertenaga, boros bensin, hingga motor sudah dinyalakan atau starter. Sedangkan untuk mobil, biasanya dapat menyebabkan kebisingan mesin dan berbagai masalah lainnya.

Kapan busi harus dibersihkan?

Ada beberapa penyebab yang mengharuskan kita untuk segera membersihkan busi. Salah satunya adalah ketika sumbat basah disebabkan oleh air hujan atau genangan air. Biasanya ini menghasilkan motor dihidupkan atau starter. Masbro tidak perlu khawatir saat mengalami hal ini. Karena Masbro dapat membersihkan busi sendiri tanpa harus datang ke bengkel.

Selain terkena air, kinerja busi juga dapat terganggu ketika kepala busi dihitamkan karena arang yang tersisa dari pembakaran. Hasil pembakaran yang tersisa yang menumpuk akan menyebabkan kepala busi menjadi hitam sehingga elektroda busi akan sulit untuk mengalirkan listrik yang menyulitkan motor atau mobil untuk hidup.

Faktanya busi memiliki masa pakai, dan harus segera diganti jika rusak. Namun, kerusakan ini dapat diminimalkan dengan membersihkan busi secara teratur setiap 4.000 km. Lalu apa alat yang diperlukan untuk membersihkan busi dari sisa pembakaran karbon mesin? Sekarang untuk mengetahuinya, silakan lihat di bawah

Alat dibutuhkan

Untuk membersihkan busi, pertama-tama kita harus menyiapkan beberapa alat sebagai berikut.

Kunci busi untuk membuka busi / sikat kawat / kompresor sikat gigi / bensin kain kering

Sebenarnya cara membersihkan busi lebih baik tidak menggunakan ampelas atau sikat kawat, karena bisa mengubah permukaan busi. Kami sendiri lebih suka menggunakan sikat gigi biasa sehingga nantinya tidak akan mengubah permukaan busi yang dapat menyebabkan nyala api tidak memenuhi standar yang ditentukan. Lalu bagaimana cara membersihkan busi yang baik dan benar?

Cara membersihkan busi

Setelah menyiapkan semua alat di atas, maka langkah selanjutnya adalah memulai proses membersihkan busi hitam karena kotor atau basah. Adapun cara membersihkan busi sepeda motor atau mobil yang benar dan mudah, silakan merujuk ke informasi berikut.

1. Lepaskan busi

Proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas busi dari motor atau mobil. Untuk melepasnya harus hati-hati, dan jangan tarik kabel busi yang bisa mengakibatkan casing busi terputus. Namun sebelum itu, pastikan mesin kendaraannya dingin sehingga proses pelepasannya bisa lebih mudah. Alat yang digunakan untuk melepaskan busi juga tidak boleh gegabah, karena harus menggunakan kunci busi yang biasanya disediakan pada alat / kit motor / mobil bawaan.

2. Rendam busi

Setelah busi dilepas, langkah selanjutnya adalah menyiram kepala busi dengan bensin. Ini perlu dilakukan agar kotoran yang menempel di kepala busi lebih mudah dibersihkan. Masbro hanya perlu menyiram bensin sedikit. Tetapi jika busi terkena air, kami sarankan Anda terlebih dahulu merendam busi di wadah yang telah diisi bensin. Proses merendam busi sebenarnya tidak terlalu kami rekomendasikan, karena dapat mengikis elektroda pada busi yang membuatnya cepat rusak.

3. Membersihkan Kotoran

Proses membersihkan kotoran di sumbat kelapa kami sarankan menggunakan sikat gigi. Jika Anda terpaksa menggunakan amplas atau sikat kawat, itu harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya menggosok bagian yang kotor. Proses membersihkan busi dengan sikat kawat memang lebih cepat daripada menggunakan sikat gigi. Tetapi jika tidak dilakukan dengan hati-hati, itu dapat menyebabkan permukaan busi terkikis dan membuat permukaan busi berubah.

4. Keringkan busi

Cara membersihkan busi kemudian hanya mengeringkan busi yang sudah dibersihkan. Masbro dapat menggunakan kompresor bertekanan tinggi sehingga sisa-sisa puing dapat hilang sepenuhnya. Namun, jika kondisinya tidak memungkinkan menggunakan kompresor, Anda bisa menggunakan kain kering. Pastikan semua kerak atau kotoran hitam hilang dan jangan biarkan uap air tersisa di lubang busi.

5. Mengganti

Sekarang langkah terakhir adalah memasukkan busi kembali ke mesin. Setelah terpasang, kemudian pasang kembali busi dengan benar dan benar. Pastikan posisi busi dipasang dengan benar, karena jika tidak tepat dapat menyebabkan percikan tidak optimal sehingga kendaraan telah dihidupkan atau starter. Sebagai salah satu komponen sistem pengapian yang paling penting, kita tidak boleh ceroboh dalam busi, jadi pastikan posisinya sesuai.

Sehingga cara membersihkan busi motor yang kotor atau basah. Metode di atas dapat dilakukan sendiri tanpa perlu datang ke bengkel. Prosesnya juga sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Tetapi jika busi terus mengalami masalah, mungkin sudah waktunya untuk membeli busi baru yang dapat rusak, lihat harga di informasi otomotifo.com sebelumnya tentang "Harga Busi Terbaru".

Jenis busi yang beredar di pasaran juga beragam, seperti busi balap, busi platinum, dan busi Iridium. Selain itu, Masbro dapat memilih busi dari berbagai merek terkenal seperti Brisk, NGK, Denso, dll. Agar tips otomotif kali ini, semoga informasi tentang cara membersihkan busi yang kami kirimkan adalah bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam merawat kendaraan bermotor yang Anda miliki.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment