50 Harga Variasi Terbaru dan Disk Cakram Asli 2019

No Comments

Iklan

Harga Disk Disk – Salah satu komponen terpenting dalam sistem pengereman sepeda motor adalah disket. Biasanya komponen rem cakram digunakan untuk mengoptimalkan pengereman roda depan atau belakang. Tanpa komponen ini, pengereman motor tidak akan berfungsi.

Sebenarnya ada dua jenis sistem pengereman motor, yaitu rem cakram dan rem tromol. Saat ini hampir semua sepeda motor menggunakan rem cakram untuk mengoptimalkan pengereman roda depan. Sementara untuk roda belakang masih banyak yang menggunakan rem drum, seperti yang digunakan oleh Honda Beat, Vario, Scoopy, Mio, dll.

Kemampuan rem cakram rem jauh lebih baik daripada rem drum. Namun seringkali rem cakram tidak berfungsi optimal karena kondisi cakram yang tidak layak. Sekarang pertanyaannya adalah, apa sebenarnya fungsi disk di sistem pengereman motor?

Fungsi Disk Disk

Rem cakram bekerja dengan metode pinch. Di mana kaliper akan menjepit cakram. Di dalam caliper ada juga kampas rem yang akan menggesek cakram cakram, sehingga kecepatan kendaraan bisa dihentikan. Berkaca pada hal itu, fungsi disk adalah sebagai media tekanan untuk kampas rem dalam menghentikan kecepatan kendaraan.

Disk berkualitas harus tahan terhadap panas yang dihasilkan oleh gesekan selama proses pengereman. Sekarang untuk menghilangkan panas, rem cakram atau rem cakram dilengkapi dengan lubang di sekitar rem cakram.

Selain menghilangkan panas, lubang juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan debu akibat gesekan antara kampas rem dan rem cakram. Tidak hanya itu, lubang ini juga membuat bobot disk lebih ringan.

Sebenarnya ada dua jenis cakram cakram, yaitu cakram padat dan cakram berventilasi. Namun untuk sepeda motor, biasanya menggunakan Ventilated Disc. Sekarang yang membedakan antara cakram padat dan cakram berventilasi adalah ketersediaan lubang pada keduanya. Dimana untuk cakram padat tidak memiliki lubang karena ketebalannya lebih besar.

Karakteristik Disk Cakram Rusak

Jika disc sudah rusak, maka kita harus segera menggantinya sehingga pengereman motor kembali optimal. Namun sayangnya banyak orang yang tidak tahu karakteristik disk yang harus diganti. Padahal komponen ini sangat mempengaruhi kinerja pengereman motor.

Sekarang bagi mereka yang tidak tahu karakteristik disk yang harus diganti, silakan merujuk ke informasi berikut.

1. Permukaan disk sudah Aus

Cara kerja rem cakram adalah dengan mengubah daya kinetik menjadi panas dengan menggosokkan kampas rem ke cakram cakram. Karena faktor ini, cakram akan aus seiring waktu sehingga traksi berkurang. Jika ini terjadi, maka Masbro harus mengganti cakram disk yang aus dengan yang baru.

2. Permukaan Disc Bengkok

Cakram terbuat dari besi yang sangat kuat. Namun seringkali komponen-komponen ini menjadi bengkok karena beberapa faktor, seperti menabrak, sepeda motor ambruk, atau kecelakaan lainnya. Masalah ini akan sangat mempengaruhi cengkeraman kanvas yang ada di dalam caliper rem, jadi jangan kaget jika rem terasa kurang menggenggam.

3. Permukaan Disk Bergelombang

Dalam pengereman, ada baiknya kita tidak terlalu keras dan menekan tuas rem. Karena dapat menyebabkan permukaan rem cakram menabrak. Biasanya masalah ini juga terjadi karena pengendara terlalu sering mengerem mendadak.

4. Lubang Baut Melebar

Untuk memasang disk ke roda menggunakan baut. Sekarang jika lubang baut mulai melebar, secara otomatis akan membuat kekuatan disk disk berkurang dan dapat menyebabkan kebisingan saat pengereman. Masalah ini sering terjadi karena usia cakram yang terlalu tua sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Mengubah disk juga mungkin bukan asal. Kesalahan dalam memilih rem cakram dapat membuat bantalan rem cepat habis dan pengereman menjadi kurang standar. Itu sebabnya kita harus mencari piringan disk berkualitas yang terbukti mampu mengoptimalkan pengereman motor.

Ada begitu banyak merek dan jenis piringan disk yang bisa kita dapatkan di pasaran. Masbro dapat membeli cakram cakram standar seperti bawaan pabrik atau variasi yang biasanya memiliki desain yang lebih dingin. Bagi yang suka modifikasi, tentu lebih suka beragam cakram cakram daripada yang standar.

Harga piringan disk bervariasi sesuai dengan jenis motor dan ukurannya. Dari segi desain juga bervariasi, ada yang bulat dan ada yang bergelombang. Masbro hanya memilihnya sesuai selera dan anggaran. Sekarang untuk mengetahui harga disk disk yang beredar di pasaran, silakan lihat informasi di bawah ini.

Daftar Harga Disc Cakram

Seperti yang kami katakan di atas, ada banyak merek piringan disk yang beredar di Indonesia. Setiap merek memiliki kelebihan berbeda. Tapi kami sendiri lebih suka cakram cakram asli yang disediakan oleh pabrikan karena harganya lebih murah.

Nah, harga piringan disk asli jauh lebih murah daripada variasi pada piringan disk, seperti yang dibuat oleh TDR, Ride It atau merek terkenal lainnya. Selain murah, kualitasnya juga sudah terbukti karena sesuai dengan standar pabrik. Lalu berapakah harganya? Untuk mengetahuinya silakan cek di bawah.

1. Harga Cakram Belakang

JENIS & JENIS MOTOR MOTOR TDR Yamaha XMAXRp. 249.000 TDR Yamaha NMAXRp. 169.000 TDR Yamaha MX King 150Rp. 150.000 TDR Supra X 125Rp. 150.000 TDR Satria FURp. 160.000 TDR Honda Sonic 150RRp. 150.000 TDR Yamaha VixionRp. 160.000 TDR Honda CRF150Rp. 200.000 TDR Honda CB150RRp. 200.000 TDR Honda CBR150Rp. 200.000 TDR Honda Tiger RevoRp. 200.000 Naik IT Yamaha R15Rp. 189.000 Naik IT Yamaha Jupiter MXRp. 85.000 Naik IT Ninja RRp. 152.000 Yamaha R25Rp Asli. 218.000 Yamaha MT-25Rp Asli. 218.000 Satria Asli FuRp. 120.000 Yamaha NMAXRp Asli. 100.000KTC Yamaha NMAXRp. 200.000 PSM Kawasaki Ninja 250Rp. 175.000 Yamaha Vixion Asli Rp. 63.000 Honda Supra X 125Rp Asli. 130.000 Honda Supra Asli GTR 150Rp. 185.000 Honda Sonic 150RRp Asli. 150.000 Kawasaki Ninja 150RRR Asli. 295.000Otinal Kawasaki KLX 150Rp. 180.000 Kawasaki Ninja 250 Non-ABSRp Asli. 170.000 Kawasaki Z250 Asli Non-ABSRp. 170.000

2. Harga Cakram Depan

JENIS & JENIS MOTOR MOTOR, TDR Yamaha Aerox 155Rp. 169.000 TDR Yamaha NMAXRp. 169.000 KTC Yamaha NMAX 245mmRp. 320.000 KTC Yamaha Aerox 245mmRp. 320.000 TDR Satria FURp. 240.000 TDR Honda Sonic 150RRp. 220.000 TDR Yamaha VixionRp. 220.000 Yamaha Jupiter ZRp Asli. 149.000 Yamaha X-RideRp Asli. 149.000 Yamaha Vega ForceRp Asli. 149.000 Yamaha Jupiter MXRp Asli. 149.000 Yamaha Byson Asli Rp. 177.000 Yamaha RX-KingRp Asli. 180.000 Honda Vario Asli Rp. 100.000 Honda BeatRp Asli. 100.000 Scoopy Honda AsliRp. 100.000 TDR Honda PCXRp. 200.000 Honda PCXRp Asli. 132.000 KTC Yamaha NMAXRp. 200.000 Wilwood Kawasaki KLX 150Rp. 180.000 Wilwood Kawasaki D-Tracker 150Rp. 180.000 Kawasaki Ninja 250Rp Asli. 200.000

Disk depan dibagi menjadi rem cakram depan dan belakang. Harganya bervariasi, karena ukuran disk lebih besar daripada bagian belakang. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa disk depan lebih besar? Jawabannya adalah karena membutuhkan daya tarik yang lebih kuat.

Demikian informasi tentang harga disket yang beredar di pasaran. Harga untuk setiap penjual dapat bervariasi, jadi silakan temukan yang termurah. Jangan lupa juga merujuk ke berbagai informasi otomotif lainnya, hanya di automotiveo.com.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment