bbswheels.co.id

Otomotifo.com – Bagi pengendara, sudah pasti bahwa mereka harus memiliki lisensi untuk mengoperasikannya di jalan, tidak terkecuali SIM B. Untuk itu, Anda perlu tahu cara membuat SIM B berikut ini agar Anda bisa mendapatkannya dengan lancar.

Jenis SIM B di Indonesia

Di negara ini, ada dua jenis SIM yang diterapkan oleh Kepolisian Nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 22 Pasal 77 Ayat 1 tahun 2009. Sesuai dengan kategori kendaraan masing-masing. Setiap kelompok memiliki kriteria sendiri.

Untuk SIM B Individu, dibagi menjadi dua jenis. B1 untuk mengoperasikan mobil dan barang penumpang dengan berat lebih dari 3500kg. Sedangkan B2 digunakan oleh alat berat, penarik, dan kendaraan bermotor dengan massa yang sama.

Kemudian, ada juga SIM B Publik yang juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu B1 dengan kondisi yang sama seperti individu-individu di atas. Meskipun persyaratan B2 juga tepat, hanya saja sambungan atau tambalan ditambah dengan kapasitas lebih dari 1000kg.

Ketentuan Kendaraan SIM B

Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa semua SIM di Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan kendaraannya masing-masing. Namun, masih ada pengecualian di dalamnya yang perlu Anda ketahui.

SIM B1 Individu dapat digunakan untuk mengendarai kendaraan bermotor yang harus menggunakan tipe A. Sedangkan kategori Umum dapat digunakan untuk kelompok di atas dan yang setara. Ini masih berbeda dari B2.

SIM B2 Individual dapat digunakan untuk pengemudi kendaraan bermotor di mana mereka harus menggunakan kategori A dan B1. Sedangkan untuk Jenderal, ini berlaku untuk grup di atas dan yang setara. Tentu saja, ini juga memudahkan pemiliknya.

Ketentuan untuk Membuat SIM B

Sebelum membuat satu jenis SIM B, silakan merujuk ke informasi mengenai persyaratan untuk membuat SIM B dalam ulasan di bawah ini.

1. Persyaratan untuk membuat SIM B Individual

Jika Anda ingin memiliki SIM jenis ini, tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, usia maksimum pemohon untuk lisensi B1 dan B2 harus berusia minimal 20 tahun.

Selain itu, mereka harus memiliki KTP, mengisi formulir, sehat secara fisik dan mental, berpakaian rapi saat mengajukan (pria mengenakan kemeja berkerah dan celana panjang, wanita sopan gratis). Coba pakai sepatu.

Akhirnya, Anda harus berhasil lulus ujian teori dan latihan. Dapat secara manual atau melalui simulator di tempat yang disediakan. Jika Anda tidak lulus, Anda harus mengulangi minggu berikutnya (waktu ditentukan).

2. Persyaratan untuk Membuat SIM B Umum

Untuk pelamar SIM B, persyaratannya sangat berbeda dengan yang ada pada Individu, yaitu batas usia minimum harus minimal 22 (B1) dan 23 (B2) tahun. Sebisa mungkin, jangan menambah usia saat melamar.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kartu ID, mengisi formulir, sehat secara fisik dan mental, berpakaian rapi saat mengajukan (pria berkerah kemeja dan celana panjang, wanita sopan gratis). Jangan lupa juga memakai sepatu.

Ada juga banyak ujian yang harus dipenuhi oleh pemohon SIM B Umum. Selain harus melalui sesi teori dan praktik, pelamar masih diharuskan untuk mengambil satu tes lagi untuk mendapatkan SKUKP (Surat Uji Klinis Pengemudi)

3. Persyaratan Tambahan untuk Pemohon SIM B

Untuk pemohon SIM B individu, mereka harus memiliki SIM A dan B1 minimum untuk minimum 12 bulan. Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya administrasi yang telah ditentukan oleh otoritas setempat.

Sementara itu, untuk pelamar untuk SIM B Umum harus memiliki SIM A, B1, dan B2 dalam 2 kategori di atas selama setidaknya 12 bulan. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya administrasi tertentu sesuai dengan otoritas setempat.

Biaya untuk SIM B1 dan B2 untuk semua kategori adalah Rp. 120.000, asuransi tambahan adalah Rp. 30.000, dan pembuatan jenis SKUKP Umum adalah Rp. 50.000. Hal ini dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2010 tentang PNBP Polri.

Cara membuat SIM B

Cara membuat SIM B sepertinya masih sama dengan yang lain. Prosedurnya sendiri dibuat semudah mungkin sehingga jika Anda sendiri tidak rumit, pasti akan lebih cepat. Ikuti langkah-langkah ini.

1. Fotokopi KTP

Setiap pelamar untuk SIM publik atau individu dari semua jenis harus menjadi warga negara asli atau orang yang dinaturalisasi yang memiliki KTP. Berikan fotokopi dokumen ketika melamar di beberapa lembar.

2. Ikuti Tes di Klinik Terdekat

Biasanya di dekat tempat pembuatan SIM sudah disediakan klinik sendiri untuk memenuhi persyaratan ini. Ini bertujuan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar sehat secara fisik dan spiritual. Surat itu harus dikeluarkan oleh dokter di sana.

3. Isi Formulir

Setelah memberikan persyaratan sebelumnya, Anda harus mengisi formulir terlebih dahulu. Minta petugas untuk lembar itu, kemudian dengan jujur ​​mengisi data pribadi seperti yang tertera di KTP. Ingat, jangan memalsukan identitas Anda.

4. Membayar Biaya Asuransi dan Administrasi

Selesai dengan itu semua, letakkan semua dokumen dalam folder. Kemudian, kirimkan ke semua petugas untuk membayar biaya asuransi dan administrasi sebagaimana ditentukan di atas.

5. Ikuti Ujian

Setelah mengirimkan file, petugas akan memberi Anda nomor antrian sehingga Anda dapat mengikuti ujian sesudahnya. Semua harus lulus, jadi pastikan untuk mempelajari lalu lintas sebelumnya.

Ujian Tertulis berisi beberapa peraturan lalu lintas dan marka jalan. Jika Anda belum beruntung, maka Anda harus mengikuti tes ulang dalam 1-3 minggu. Jika tidak lulus, pembayaran dapat dikembalikan.

Untuk Ujian Praktek itu sendiri Anda harus bisa mengemudi di dalam kendaraan sesuai dengan kategori SIM atau melalui simulator (jika alat berat). Masa tenggang jika tidak lulus masih sama, dan biaya pendaftaran akan dikembalikan.

6. Mengambil SIM

Jika ternyata Anda lulus, maka petugas akan memanggil untuk mengambil tanda tangan, sidik jari, dan foto diri Anda. Setelah itu, SIM menjadi dan dapat diambil dalam beberapa menit.

Jadi sekarang Anda tahu cara membuat SIM yang benar B. Pastikan selalu memenuhi persyaratan dengan benar dan benar sehingga tidak memiliki masalah saat penerbitan dilakukan. Jangan lupa untuk memperbaruinya jika masa tenggang berakhir.

Leave a Reply