6 Cara Mengelola BPKB yang Hilang 2020: Sepeda Motor dan Mobil

No Comments

Iklan

Cara Mengelola BPKB yang Hilang 2020 – Kepemilikan kendaraan bermotor ditunjukkan dengan keberadaan BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan) dan STNK (Sertifikat Nomor Kendaraan). Namun seringkali BPKB hilang karena berbagai alasan, seperti lupa menyimpan atau dicuri. Sekarang jika itu hilang, maka kita harus segera menjaganya. Lalu bagaimana caranya?

Untuk merawat BPKB hilang sepeda motor atau mobil sebenarnya cukup mudah. Namun, kita harus mengikuti setiap prosedur yang berlaku sehingga BPKB baru dapat dibuat untuk menggantikan BPKB yang hilang. Sekarang untuk mengetahui prosedur dan caranya, silakan lihat di bawah.

Persyaratan untuk mengurus BPKB yang hilang

Persyaratan untuk mengurus BPKB yang hilang

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara merawat BPKB yang hilang, Anda harus terlebih dahulu memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan. Adapun kondisinya silakan lihat di bawah ini.

1. Buat Sertifikat Kehilangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk merawat BPKB yang hilang adalah meminta sertifikat kehilangan BPKB dari kantor Polisi terdekat. Tanpa itu, kami tidak bisa mengurus BPKB yang hilang. Karena surat itu adalah bukti utama kami kehilangan BPKB.

Nantinya polisi akan menanyakan penyebab dan kronologi yang menyebabkan BPKB hilang. Anda jawab apa adanya, sesuai dengan kondisi yang terjadi. Selain itu, jangan lupa membawa beberapa dokumen penguat seperti fotokopi KTP, STNK dan BPKB untuk memperkuat dokumen yang hilang.

2. Mengurus pernyataan dari bank

Langkah selanjutnya adalah mengurus pernyataan dari Bank. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Anda harus membuat surat itu? Jawabannya adalah sebagai bukti bahwa BPKB telah benar-benar menghilang dan tidak dalam kondisi untuk menjadi jaminan hutang di Bank.

Sertifikat dari Bank harus dibuat dari dua bank yang berbeda. Maka surat itu harus ditandatangani pada stempel agar kuat secara hukum. Tanpa surat itu, polisi bisa curiga dan berpikir BPKB sedang dijamin di bank, jadi Anda harus membuatnya.

3. Bukti Penyiaran di Media

Nah, bagaimana menghadapi BPKB yang hilang cukup rumit. Kami harus membuat banyak dokumen yang memperkuat bukti kehilangan BPBK. Selain surat kerugian dari partai ke Polisian dan pernyataan dari Bank, kami juga harus menyiarkan berita kerugian di dua media massa yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk mengurangi kemungkinan hilangnya BPKB yang digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas hutang bank atau kejahatan lainnya. Maka kita harus membawa bukti iklan media massa ketika merawat BPKB yang hilang di Kantor Samsat

4. Mengurus BPKB yang hilang di SAMSAT

Tempat BPKB hilang adalah di SAMSAT. Sebelum datang ke kantor SAMSAT terdekat, Anda harus terlebih dahulu memenuhi semua persyaratan manajemen BPKB yang hilang di atas. Selain itu, masih ada sejumlah kondisi lain yang harus Anda persiapkan. Adapun kondisinya, silakan lihat di bawah.

Pernyataan dari pemilik kendaraan bermotor yang menyatakan bahwa BPKB kendaraan telah hilang. Surat itu juga harus ditandatangani di atas prangko. Termasuk bukti identitas (KTP) Bagi mereka yang tidak mengurus BPKB yang hilang sendiri dapat menyertakan surat kuasa yang ditandatangani pada materi
Sedangkan untuk badan hukum harus menyertakan salinan akta pendirian, sertifikat domisili dan surat kuasa bermaterai yang telah ditandatangani oleh pemimpin dan cap badan hukum. Sedangkan untuk instansi pemerintah harus mencantumkan sertifikat kepemilikan BPKB yang dilegalisir. Termasuk salinan lama BPKB yang telah hilang. Jika tidak, Anda harus mengingat nomor BPKB. Termasuk registrasi kendaraan asli dan fotokopi satu lembar. Anda harus terlebih dahulu memeriksa kendaraan secara fisik dan menyertakan bukti pemeriksaan fisik yang dilegalisasi oleh kantor SAMSAT.

Ketentuan di atas berlaku untuk sepeda motor BPKB dan mobil BPKB yang hilang. Setelah semua persyaratan terpenuhi, kita hanya perlu mengurus BPKB yang hilang di kantor SAMSAT. Sekarang bagi mereka yang tidak tahu prosedurnya, silakan merujuk ke informasi berikut.

Cara Mengelola BPKB yang Hilang

Cara Mengelola BPKB yang Hilang di SAMSAT

Ada banyak syarat yang harus disiapkan untuk menghadapi BPKB yang hilang. Sebelum melanjutkan dengan Samsat, Anda harus memastikan bahwa iklan BPKB yang hilang telah ditayangkan setidaknya selama 2 hari. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah datang ke Kantor Samsat dengan semua persyaratan di atas. Adapun prosedurnya, silakan lihat di bawah ini.

Ketika Anda datang ke kantor Samsat, Anda harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan fisik kendaraan. Setelah menyelesaikan pemeriksaan fisik, petugas akan memberikan hasil pemeriksaan fisik kendaraan. Bagaimana cara merawat BPKB yang hilang kemudian tinggal di lokasi BPKB dan kita harus mengisi formulir Aplikasi BPKB. Setelah mengisi formulir, maka kami menyerahkan persyaratan yang telah disiapkan sebelumnya ke loket BPKB. dan menyerahkan bukti pembayaran ke Konter PBKB. Nanti kita akan mendapatkan bukti bahwa file persyaratan telah dimasukkan. Kami harus menyimpan file dan mengambilnya saat mengambil BPKB baru. Proses pembuatan BPKB biasanya memakan waktu satu minggu. Pihak SAMSAT akan menentukan waktu untuk mengambil BPKB, jadi kami hanya perlu datang ke kantor SAMSAT sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jangan lupa membawa bukti pengiriman file sehingga kami dapat mengambil BPKB yang sudah diisi.

Biaya BPKB Tidak Ada

Biaya BPKB Tidak Ada

Sekarang setelah mengetahui syarat dan bagaimana cara merawat BPKB yang hilang, maka pertanyaannya sekarang adalah berapa biayanya? Soal biaya tenang, karena biaya mengurus BPKB yang hilang tidak terlalu mahal. Karena kita hanya perlu membayar biaya penerbitan BPKB. Sekarang untuk mengetahui total biaya, silakan lihat di bawah.

BPKB Motor: Rp. 225.000 Mobil BPD: Rp. 375.000

Biaya penerbitan BPKB baru telah diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sedangkan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda tiga adalah Rp. 225.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp. 375.000.

Sekarang informasi otomotifo.com tentang cara merawat BPKB yang hilang bersama dengan syarat dan biaya yang harus dikeluarkan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda yang bingung ketika bingung mengurus sepeda motor atau mobil BKPB yang hilang.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment