6 Cara Mudah Memperbaiki Motor Strike Anda Sendiri

No Comments

Iklan

Cara Memperbaiki Sepeda Motor Strike – Mengalami hambatan saat mengendarai sepeda motor sering membuat kita kesal. Terutama jika sepeda motor Anda mogok di suatu tempat yang jauh dari garasi. Tentu saja Anda akan merasa panik dan bingung, di mana sepeda motor Anda harus dibawa. Mau tidak mau Anda harus memperbaikinya sendiri dengan benar!

Untuk memperbaiki sepeda motor yang rusak, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu tentang sepeda motor. Anda dapat belajar melalui teman terdekat yang suka bermain-main dengan sepeda motor atau Anda juga bisa belajar dengan mengunjungi bengkel sepeda motor. Setidaknya Anda membaca informasi tentang masalah sepeda motor yang mogok melalui internet.

Pemogokan motor bisa terjadi di mana saja, untuk itu Anda harus mengantisipasi jika itu akan terjadi pada diri Anda. Informasi tentang cara memperbaiki motor yang rusak dapat Anda lihat sebagai berikut.

1. Periksa Bahan Bakar

Biasanya penyebab motor mogok terjadi karena bahan bakarnya habis, sehingga motor Anda tiba-tiba mati mendadak. Selain itu, pemilihan bahan bakar juga harus sesuai dengan spesifikasi mesin. Lebih baik menggunakan bahan bakar oktan tinggi sehingga kualitasnya terjamin.

Untuk mengatasinya, Anda tinggal memilih bahan bakar sesuai dengan tingkat oktan motor Anda. Memang bahan bakar seperti pertalite, premium, dan pertamak dapat digunakan untuk setiap jenis sepeda motor. Namun, jika tingkat oktan motor tidak cocok dengan bahan bakar itu dapat menyebabkan masalah.

2. Periksa Saringan Udara

Filter udara pada motor berguna untuk mencegah kotoran udara memasuki bahan bakar. Jika kondisi bahan bakar kotor, ini dapat menyebabkan gas motor terasa berat. Sepeda motor Anda kapan saja dapat mengalami hambatan saat mogok jalan.

Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan filter udara pada motor secara teratur. Jika filter udara basah, yang harus Anda lakukan adalah menggantinya. Tetapi daya tahan saringan udara tipe basah lebih tahan lama dibandingkan dengan saringan udara kering.

3. Lepaskan busi, lalu jatuhkan oli

Penyebab mogok motor juga bisa karena mesin terlalu panas. Biasanya itu disebabkan oleh sirkulasi oli yang ada pada motor yang tersumbat, sehingga membuat motor Anda tiba-tiba bisa mogok tiba-tiba. Panas mesin juga terjadi karena gesekan antara piston dan liner boring.

Untuk mengatasinya dengan cukup mudah, Anda tinggal membiarkan mesinnya dingin. Kemudian lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes minyak ke dalam lubang busi. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah me-restart menggunakan starter listrik.

4. Bersihkan Tutup Tangki Gas

Motor mogok juga bisa disebabkan oleh tutup tangki yang mencuat. Sirkulasi udara di motor tidak akan mengalir jika lubang kecil di tutup tangki tersumbat. Ini karena lubang tangki kecil dapat berfungsi untuk bernafas.

Untuk memperbaiki motor motor yang rusak ini cukup mudah, yang harus Anda lakukan adalah memeriksa tutup tangki, jika ada kotoran di dalamnya, bersihkan menggunakan kompresor. Dengan begitu, motor Anda akan berjalan normal seperti sebelumnya.

5. Memasang Kembali Busi

Kejadian ini sering menyebabkan motor mogok, beberapa komponen pengapian yang bisa Anda atasi, seperti busi, CDI, Kepul dan lain-lain. Saya ambil contoh salah satu komponen ini jika terjadi sesuatu pada busi motor Anda.

Untuk mengatasinya, yang harus Anda lakukan adalah melepas busi, lalu pindahkan ke dekat mesin. Setelah itu, tekan tombol start, jika menghasilkan percikan biru maka busi motor Anda baik-baik saja. Jika percikan berwarna merah, maka yang harus Anda lakukan adalah mengganti busi.

6. Bawa ke Workshop

Jika semua metode telah dicoba, tetapi motornya masih rusak, maka lebih baik datang langsung ke bengkel atau memanggil mekanik berpengalaman untuk datang ke lokasi di mana motor mogok.

Sekarang informasi tentang cara memperbaiki sepeda motor yang rusak. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi solusi bagi mereka yang mengalami mogok motor. Jangan lupa juga merujuk ke berbagai informasi otomotif lainnya, hanya di automotiveo.com.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment