6 Penyebab Mobil Bensin Berboros: Solusi dan Cara Mengatasinya

No Comments

Iklan

Penyebab Mobil Boros – Meski sudah ada mobil listrik, mobil berbahan bakar bensin tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah karena harganya yang lebih murah dan lebih mudah dirawat.

Mobil bensin juga dianggap lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Namun jika kita hitung, konsumsi bahan bakar mobil bensin jauh lebih boros daripada mobil listrik. Hanya saja pemeliharaan mobil listrik lebih sulit,

Salah satu sistem penting yang mampu menghemat bahan bakar adalah teknologi injeksi bahan bakar elektronik. Sistem ini berfungsi mengoptimalkan pasokan bensin ke intake manifold lebih efisien. Sehingga memungkinkan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Nah, jika Anda pengguna kendaraan bertenaga bensin, maka telah melakukan berbagai upaya agar tidak boros setiap bulan, mungkin Anda perlu tahu faktor-faktornya. Sekarang untuk mencari tahu apa penyebab mobil bensin boros, silakan lihat di bawah ini.

1. Kopling Kopling Selip

Penyebab pertama mobil boros adalah slip clutch. Selipnya kopling dapat menyebabkan terganggunya proses powertrain dari mesin ke transmisi. Dengan begitu semua RPM engine tidak dapat didistribusikan. Inilah yang menjadi biang keladi laju mobil tetap rendah meski gas sudah diinjak sepenuhnya dan membuat bensin boros.

2. Filter Udara Tersumbat

Filter udara berfungsi sebagai media filter udara yang kemudian memasuki ruang bakar. Cara kerjanya adalah dengan menghalangi aliran udara dari dalam saluran dengan bahan-bahan seperti kertas atau kain berpori besar. Dengan demikian hanya udara yang dapat menembus lapisan filter.

Karena saringan itu berupa kertas atau kain berpori besar, dalam periode waktu yang tipis debu tentu akan menutupi saringan udara dan harus diperiksa agar tidak ada gangguan dengan kelancaran aliran aliran udara.

Cara mengeceknya cukup mudah. Anda hanya perlu melepas filter dan membersihkannya menggunakan air yang memiliki tekanan kuat sehingga debu dibersihkan. Jika Anda tidak ingin terlalu banyak kesulitan, bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel.

3. Roda Yang Dimodifikasi

Tidak selalu modifikasi itu baik dan efektif. Sebagian besar generasi milenium yang memiliki mobil pribadi cenderung lebih suka menggunakan roda lebar dan pelek besar. Meski tujuannya adalah untuk mempercantik mobil, tetapi tahukah Anda bahwa penggunaan roda besar membuat mobil lebih boros?

Meski sepintas roda besar tidak ada hubungannya dengan mesin, tetapi ada beberapa korelasi yang harus diperhatikan. Roda besar umumnya memiliki bobot lebih berat dari roda standar. Tentu ini membuat mesih mengeluarkan energi ekstra saat mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Dari sini roda besar membutuhkan lebih banyak gesekan dan membutuhkan mobil untuk menghabiskan lebih banyak tenaga. Akibatnya, bahan bakar menjadi lebih boros.

4. Mesin Belum Menyetel

Penyebab keempat dari mobil boros adalah bahwa mesin mobil belum disetel. Intinya, mesin komopenen tidak dirawat dengan baik, seperti busi, celah katup, throttle body, injektor dan beberapa komponen lainnya.

Karena itu, mesin harus dijaga oleh tune-up. Caranya mudah, silakan bawa mobil ke bengkel tepercaya atau resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Saat mobil selesai tune-up, penggunaan bahan bakar akan jauh lebih efisien daripada sebelum tune-up.

5. Ban Mobil Mengempis

Siapa sangka jatuhnya ban mobil juga bisa menjadi penyebab mobil boros. Karena ban kempes akan menciptakan gesekan antara ban dan aspal yang membutuhkan mesin untuk menghabiskan energi ekstra agar tetap berjalan.

Untuk menghindari ban kempes yang menjadi penyebab mobil bensin boros, kami sarankan untuk selalu memeriksa tekanan ban. Pastikan tekanan antara ban depan dan belakang ideal, sehingga mobil nyaman dikendarai dan hemat bahan bakar.

6. AC terlalu dingin

AC menjadi wajib saat mengendarai udara panas lagi. Namun perlu diingat juga, meski AC cukup penting, memasang AC yang terlalu dingin juga bisa membuat mobil lebih boros.

Alasannya adalah bahwa daya yang dibutuhkan oleh kompresor AC sangat banyak, sehingga tenaga mesin harus dibagi dengan kompresor AC. Ini membuat pembakaran bensin lebih besar dan menjadi mobil bensin yang boros

7. Muffler yang Dimodifikasi

Banyak orang dengan sengaja melepas catalytic converter untuk meningkatkan kinerja mobil. Catalytic Converter sendiri berguna untuk menyaring gas yang terbentuk dari proses pembakaran mesin. Dengan tidak adanya komponen-komponen ini, sisa gas pembakaran dapat langsung keluar melalui knalpot.

Meskipun tenaga yang dihasilkan lebih besar, tetapi ini akan membuat mobil boros dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan Catalytic Converter

Jadi, itulah 6 penyebab mobil boros ala automotiveo.com. Agar mobil Anda lebih hemat bahan bakar, harap rawat dengan benar dan ikuti beberapa tips di atas.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment