7 Cara Memperbaiki Pompa Air Mobil Bermasalah

No Comments

Iklan

Cara Memperbaiki Pompa Air – Mobil sebagai kendaraan yang akrab bagi masyarakat telah digunakan oleh berbagai kelompok orang dengan berbagai jenis. Kendaraan ini, yang umumnya memiliki empat roda ke atas, memiliki berbagai komponen untuk mendukung penggunaannya sehingga dapat digunakan oleh pengendara. Salah satu komponen yang sangat penting adalah pompa air atau lebih dikenal dengan pompa air yang merupakan media sirkulasi air pendingin untuk radiator.

Dalam sistem pendingin mobil pompa air merupakan salah satu komponen penting, karena dengan penggunaan pompa air yang baik, suhu mesin mobil akan tetap normal walaupun digunakan untuk waktu yang lama. Pompa air biasanya terletak di bagian depan mesin yang digerakkan oleh sabuk kipas. Di pompa air ada baling-baling yang terbuat dari logam atau plastik biasa. Bagian-bagian pompa air adalah sebagai berikut:

Pulley, menerima putaran mesin dari sabuk. Berpori, menerima rotasi dari katrol, lalu berputar ke rotor. Baling-baling, sedot air dari radiator dan beri tekanan pada air yang akan didistribusikan. Badan gemuk, yang merupakan rumah pompa air.

Fungsi Pompa Air Mobil

Pompa air memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kondisi mesin mobil agar tetap stabil. Dengan penggunaan pompa air yang baik, mesin mobil dapat dipertahankan dari panas yang berlebihan yang dapat mengganggu bahkan merusak kinerja mesin terutama ketika digunakan dalam perjalanan jauh. Fungsi pompa air dapat ditentukan sebagai berikut:

Dinginkan mesin mobil. Mencegah terlalu panas (suhu mesin lebih tinggi karena penggunaan mobil pada jarak yang jauh atau dalam waktu yang lama) Sirkulasi air pendingin sedang dari radiator ke mesin.

Bagaimana Pompa Air Mobil Bekerja

Prinsip utama dalam penggunaan Pompa Air ini adalah menghilangkan panas dari mesin dengan sirkulasi air yang berputar mengikuti putaran mesin ketika suhu mesin sudah mulai naik. Panas dari mesin yang dibawa oleh air dibuang dengan kipas radiator melalui angin. Air dari mesin dibawa ke atas radiator, maka kipas pada radiator akan membuang panas melalui sirip pada radiator. Setelah panas hilang, air akan tersedot lagi oleh pompa air untuk diedarkan kembali ke mesin, kemudian pompa air akan berhenti bekerja jika suhu pada mesin telah kembali normal.

Tanda Pompa Air Bermasalah

Setiap komponen dalam mobil tidak dijamin tahan lama tanpa masalah. Masalah ini biasanya disebabkan oleh pengemudi yang tidak memperhatikan kondisi mobil atau memang penggunaan komponen ini telah mencapai waktunya untuk diperbaiki atau diganti. Seperti komponen lain yang bisa rusak kapan saja, begitu pula pompa air. Kerusakan pada pompa air dapat disebabkan oleh kelalaian pengemudi atau memang ada kerusakan secara alami tetapi tidak disadari, sehingga lama-kelamaan kerusakan yang terjadi bisa semakin parah.

Sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi, perlu untuk mengetahui tanda-tanda yang sering terjadi di pompa air jika masalah dimulai. Pompa air sering mengalami masalah, biasanya pada bantalan yang sudah mulai rusak. Jika ini terjadi, Anda akan mendengar suara kasar di mesin mobil. Selain kebocoran pada pompa air juga sering terjadi, karakteristik yang muncul adalah air yang menetes pada mesin, sehingga air radiator cepat berkurang.

Cara Memeriksa Pompa Air Mobil

Masalah yang sering terjadi pada pompa air adalah suara kasar pada mesin mobil yang biasanya berasal dari kerusakan pada bantalan pompa air. Untuk memastikan suara berasal dari pompa air, itu bisa dilakukan dengan melepas sabuk yang ada di katrol pompa air, setelah itu periksa putaran pompa puli dengan tangan, jika terasa oblag maka bisa dipastikan suara tersebut di mesin kasar berasal dari pompa air.

Jika katrol pompa air tidak terasa miring atau kocak, maka putar perlahan, jika katrol pompa air berubah tidak mulus atau terasa tersendat saat diputar perlahan dengan tangan, maka pompa air harus segera diganti. Hal ini disebabkan oleh putaran pompa air yang berdenyut yang terasa tersendat saat diputar adalah penyebab suara yang terdengar dari mesin.

Masalah lain yang sering terjadi pada pompa air mobil adalah kebocoran air pendingin mesin atau air radiator dari pompa air. Kebocoran pada pompa air dapat dilihat dari air yang menetes dari mesin, biasanya terletak di sebelah kanan mesin dengan penggerak roda depan seperti pada kebanyakan mobil sedan. Kebocoran air radiator melalui pompa air menyebabkan air radiator berkurang sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Prosedur Perbaikan Pompa Air Mobil

Tidak sedikit dari pengguna mobil yang mencoba mencari tahu prosedur terkait untuk memperbaiki pompa air mobil yang rusak. Ada beberapa bengkel yang dapat mengatasi masalah ini, hanya saja masalahnya bukan pada biaya perbaikan pompa air yang sebenarnya lebih mahal daripada biaya penggantian. Karenanya sebelum melakukan perbaikan pada pompa air mobil Anda, alangkah baiknya jika Anda membandingkan dulu harga normal yang diterapkan.

Jika pengemudi menemukan biaya perbaikan lebih mahal daripada biaya mengganti pompa air, maka pengemudi harus mengganti pompa air di mobilnya. Perawatan sementara yang bisa dilakukan adalah memberi sedikit minyak di lubang yang mengarah ke bantalan pada pompa air, pemolesan tentu dilakukan dari luar pompa air. Perawatan ini tidak banyak membantu, jadi pengemudi harus segera melakukan penanganan lebih lanjut. Adapun prosedur untuk memperbaiki pompa air pada mobil, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Kuras air radiator. Pastikan mesin mobil Anda tidak panas ketika Anda ingin mengeringkan air radiator, kemudian longgarkan katup pembuangan di bagian bawah radiator. Jika tidak ada katup, air radiator dapat dihilangkan dengan membuka selang yang terletak di bagian bawah radiator. Hindari membuang air radiator langsung ke tanah karena air yang dilepaskan dapat menyebabkan zat beracun merusak tanaman, hewan, dan bahkan manusia. Langkah selanjutnya adalah melepas sabuk kipas. Kemudian lepaskan semua komponen yang terhubung ke pompa air, seperti kipas, selubung kipas, penutup timing belt, braket, dan aksesori mesin lainnya. komponen-komponen ini harus dilepas terlebih dahulu agar tidak menghambat proses, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Lepaskan baut yang mengikat pompa air ke mesin. Bersihkan permukaan tubuh dan pastikan permukaannya rata sebelum memasang pompa air baru. Pasang gasket baru di pompa air. Isi ulang air radiator. Jangan tergesa-gesa dalam melakukan proses ini, sehingga udara dalam sistem pendingin bisa keluar. Pengisian ini dapat dilakukan dengan menggunakan air radiator lama jika masih layak digunakan. Jika air radiator lama tidak terlihat lagi, jangan gunakan lagi. Kemudian isi sistem pendingin dengan campuran 50% anti-beku dan 50% air bersih.

Cara memperbaiki mobil Pompa Air memang cukup sulit. Itu sebabnya kami sarankan pergi ke toko mobil terdekat untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Tetapi bagi mereka yang ingin mencobanya sendiri, silakan ikuti tutorial tentang cara mengganti pompa air mobil yang kami katakan di atas.

Nah, itulah informasi tentang mobil Pompa Air. Semoga tips otomotif yang kami sampaikan di atas dapat menjadi referensi bagi mereka yang tidak tahu cara memperbaiki pompa air yang rusak. Jangan lupa untuk merujuk ke berita otomotif lainnya juga, hanya di automotiveo.com

More from our blog

See all posts

Leave a Comment