7 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul (Asap Keluar)

No Comments

Iklan

Cara Mengatasi Sepeda Motor Ngebul – Banyak orang yang tidak mengerti efek asap knalpot motor saat dipanaskan di pagi hari. Motor keluaran saat ini, misalnya motor 4 tidak lagi mengeluarkan asap dalam muffler. Namun, jika motor 4 tidak mengeluarkan asap berarti ada beberapa komponen yang rusak.

Untuk motor 4-tak, asap dapat terjadi di semua jenis sepeda motor, baik bebek, skuter, dan olahraga. Penyebab asap berbau, yang pertama disebabkan oleh minyak dan yang kedua disebabkan oleh bahan bakar. Keluar asap putih pada motor dapat disebabkan oleh minyak, sedangkan asap hitam cenderung disebabkan oleh bahan bakar.

Biasanya asap hitam yang keluar dari motor berasal dari motor karburator. Namun, kondisi ini jarang ditemukan oleh motor injeksi. Karena itu, kini banyak orang memakai motor injeksi untuk menghindari pancaran asap hitam. Asap hitam pekat memiliki bau menyengat, jadi jika dihirup terlalu banyak dapat menyebabkan pusing.

Asap hitam keluar, biasanya terjadi saat bekerja karena kerusakan atau penyesuaian yang tidak benar. Sebab, motor karburator ini masih mengandalkan penyesuaian manual. Selain itu, motor karburator juga dapat menyebabkan asap hitam ketika mekanik melakukan penanganan yang salah.

Sedangkan pada motor injeksi, proses penyesuaian telah dibantu dengan sistem yang terkomputerisasi sehingga potensi kesalahan penanganan dapat diminimalisir atau diatasi. Jika motor injeksi mengeluarkan asap, asap putih biasanya keluar. Ini terjadi karena kerusakan pada satu komponen motor.

Untuk mengetahui penyebab motor mengeluarkan asap dan bagaimana cara mengatasi motor mengular silakan lihat review di bawah ini

1. Cincin Aus Piston

Penyebab paling umum ditemukan, ketika motor mengeluarkan asap putih yang disebabkan oleh hit ring piston. Bentuk cincinnya tidak sempurna, bro, tapi ada celah yang bisa membuat cincin masuk ke ruang bakar.

Komponen cincin dibagi menjadi 2 jenis, yaitu ring kompresi dan ring oli. Kedua cincin memiliki fungsi yang berbeda. Cincin kompresi digunakan untuk menutup celah antara piston dan blok silender sehingga tekanan kompresi tidak bocor. Sementara itu, ring oli berfungsi untuk mencegah pelepasan oli dari ruang engkol ke ruang bakar.

Kedua celah di cincin ini memungkinkan cincin untuk memasuki ruang bakar. Namun, jika cincin itu dipakai, maka celah di cincin itu akan diperbesar. Akibatnya, oli yang terkandung dalam panci oli bisa masuk ke ruang bakar dan mengakibatkan knalpot motor keluar dari asap putih.

Jika ada kerusakan seperti ini, selain menyebabkan knalpot motor keluar asap putih juga bisa mengurangi tenaga mesin atau mesin tidak akan hidup di siang hari.

Cara mengatasi masalah ini, Anda harus mengganti ring piston ya bro, agar asap putih tidak lagi mencuat di sepeda motor Anda. Cara mengganti ring piston tidak mudah, bro, karena itu di jantung mesin. Untuk mengganti ring piston harus terlebih dahulu membongkar mesin motor. Lebih baik jika Anda tidak dapat membongkar mesin kendaraan, bawa ke bengkel tepercaya.

2. Pakai Linner / Cylinder Engine

Penyebab kedua asap knalpot knalpot adalah hit silinder mesin, sebenarnya kerusakan ini juga masih terkait dengan penyebab pertama ring piston terkena.

Anda perlu tahu, cara bekerja pada ring piston dengan linner yang digosok bersama. Jadi, suatu hari kedua komponen akan mengalami keausan. Jika komponen linner aus, maka bisa terjadi seperti masalah ring piston aus, yaitu oli memasuki ruang bakar. Minyak yang masuk ke ruang bakar dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan asap.

Gejala lain yang muncul pada kerusakan linner adalah bahwa motor menjadi sulit dihidupkan dalam posisi dingin atau di pagi hari. Cara mengatasi kerusakan ini, Anda perlu membuat ulang atau membubut kembali linner silinder. Untuk memperbaiki ini, Anda perlu menurunkan mesin Anda terlebih dahulu. Jika Anda takut salah, Anda harus membawa sepeda motor ke bengkel tepercaya.

3. Segel Katup Kebocoran

Asap keluar dari motor, tidak hanya terjadi oleh mesin di dalam oleh oli memasuki ruang bakar. Namun, asap juga datang dari mesin atas. Fungsi katup adalah sebagai pintu yang bertugas memasuki udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas dari sisa-sisa mesin pembakaran.

Setiap katup akan terdiri dari beberapa segel yang dapat mencegah minyak bocor ke dalam manifold. Namun, segel ini dapat mengalami pengerasan yang membuat daya padat berkurang. Penyebab penyegelan disebabkan oleh faktor penggunaan.

Akibat kerusakan pada segel katup adalah oli dapat dengan mudah memasuki manifold dan memasuki mesin. Cara mengatasi kerusakan adalah dengan mengganti segel katup dengan yang baru.

4. Katup Bengkok

Batang katup adalah batang yang terbuat dari besi yang berfungsi untuk menghubungkan katup dengan cam. Seharusnya, katup harus sepenuhnya lurus 100% tanpa menekuk.

Jadi, jika batang katup ditekuk secara otomatis, posisinya tidak dapat berada di tengah. Karena, lubang katup yang terkandung dalam segel berpusat dengan lubang intake. Jadi, jika batang ditekuk maka satu sisi segel akan tertekan dan satu sisi akan dilonggarkan. Kelonggaran akan menjadi jalan minyak memasuki manifold yang terhubung ke ruang bakar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda benar-benar dapat mengubah segel katup tanpa mengubah katup. Namun, jika Anda hanya mengganti segel katup, masalah kerusakan akan kembali di lain hari.

Cara mengatasi motor bengkak agar tidak kambuh, Anda harus mengganti dua komponen dari segel katup ke katup.

5. Pemasangan Katup Salah

Sebenarnya case ini sama dengan case error di atas, bedanya hanya pemasangan valve yang tidak tepat sehingga valve menjadi tersumbat. Dalam sistem ini, meskipun katup intake sama, posisi kedua katup tidak boleh diaktifkan.

Jika posisi ditukar, ada potensi kebocoran karena kursi katup dan daun katup tidak cocok. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya mudah, Anda hanya perlu menggerakkan katup agar kursi katup bisa masuk.

6. Efek Muffler

Penyebab keluarnya asap putih pada motor juga bisa disebabkan oleh knalpot itu sendiri. Beberapa jenis knalpot memang memiliki sistem yang dapat menyemprotkan minyak ke dalam muffler. Hasil oli yang disemprotkan ke gas pembakaran akan terbakar, karena suhu gas buang cukup tinggi sehingga knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Kondisi seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir dalam catatan oli pada mesin masih cukup. Untuk mengatasinya, lepaskan knalpot dan coba nyalakan mesin. Jika tidak ada asap putih keluar maka masalah ini tidak perlu dikhawatirkan lagi.

7. Oli mesin terlalu encer

Oli yang terlalu berair akan menyebabkan oli masuk ke celah-celah kecil mesin. Biasanya, mesin normal dapat memberikan spesifikasi teknis serta oli SAE yang digunakan.

Cara menghadapi motor dingin, Anda harus mengganti oli motor sesuai dengan spesifikasi SAE.

Bagaimana setelah membaca ulasan di atas untuk memperbaiki asap sepeda motor Anda dengan cara di atas. Namun, jika Anda masih bingung tentang cara berurusan dengan sepeda motor, Anda harus membawa sepeda motor ke bengkel tepercaya sehingga Anda tidak melakukan kesalahan.

Jadi ada berbagai penyebab dan cara untuk menghadapi siklus motor. Cara yang kami sampaikan di atas sebenarnya cukup sederhana, asal tahu penyebabnya. Tetapi jika Anda masih ragu, maka jangan ragu untuk pergi ke bengkel tepercaya yang memahami dengan pasti masalah mesin mesin. Cukup informasi di Automotiveo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam mengatasi semua masalah sepeda motor.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment