8 Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik Untuk Mesin yang Tahan Lama

No Comments

Iklan

Cairan Pembersih Mesin Mobil – Salah satu perawatan mobil yang harus dilakukan adalah membersihkan mesin dari berbagai kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan. Kita harus melakukannya dengan hati-hati untuk menghindari korsleting yang dapat berakibat fatal, seperti kebakaran. Ya, membersihkan mesin memang punya teknik, jadi Masbro tidak bisa membersihkan mesin mobil dengan sembarangan.

Hubungan arus pendek dapat terjadi karena sistem kelistrikan mobil berada di satu area dengan mesin mobil. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, itu akan meningkatkan risiko korsleting. Sebenarnya, risiko ini bisa diminimalisir jika kita tahu cara membersihkan mesin mobil dengan benar. Sekarang bagi mereka yang ingin tahu caranya, silakan lihat informasi otomotif di bawah ini.

Ada beberapa cara untuk membersihkan mesin mobil. Salah satunya dengan air. Metode ini cukup efektif untuk menghilangkan kotoran membandel yang menempel pada mesin. Biasanya kotoran ini berasal dari pelumas, debu, dan berbagai kotoran lainnya. Tetapi lebih baik menggunakan botol semprot atau kain mikrofiber yang agak basah sehingga air yang disemprotkan bukan tentang komponen listrik. Agar hasilnya menjadi maksimal, Masbro juga dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin mobil yang meliputi berikut ini

1. Mesin degreaser

Untuk menghilangkan kotoran di luar mesin, Anda dapat menggunakan cairan Engine Degreaser, yang diformulasikan untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Cara membersihkan mesin mobil dengan cairan juga sangat mudah. Masbro hanya perlu menyemprotkan cairan saat mesin hangat. Kemudian cukup bilas dengan air atau kain mikrofiber sampai benar-benar kering.

2. Mesin Pendingin

Semua bagian mesin harus dibersihkan untuk menjaga kesehatan mesin. Jadi jangan hanya membersihkan bagian luar, tetapi juga ruang bakar mesin. Masbro dapat menggunakan cairan yang dikhususkan untuk membersihkan ruang bakar, Engine Conditioner. Cairan tersebut terbuat dari bahan pelarut berbentuk busa yang kemudian disemprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi.

3. Mesin Flush

Fungsi cairan pembersih mesin adalah untuk membersihkan kotoran yang ada di crankcase mesin dan saluran oli. Cara menggunakan cairan pembersih mesin sangat mudah. Masbro hanya perlu memasukkannya melalui lubang minyak. Kemudian nyalakan mesin selama 15 menit, dan setelah itu buang saja melalui pembuangan oli. Yang menarik, cairan ini juga bisa membersihkan lumpur dan karbon di ring piston.

4. Minyak Tanah

Jika Anda tidak memiliki cairan Mesin Degreaser, Masbro dapat menggantinya dengan minyak tanah atau minyak diesel untuk membersihkan kotoran keras kepala yang berada di luar mesin. Tetapi Masbro harus berhati-hati ketika menggunakannya, karena diesel dan minyak tanah memiliki sifat mudah terbakar. Jadi setelah proses pembersihan selesai, Masbro segera membersihkannya dengan air.

5. Gemuk

Selain cairan pembersih mesin mobil di atas, Masbro juga bisa menggunakan cairan bernama Grease atau sering disebut dengan Fat. Keuntungan dari cairan ini adalah dapat membersihkan mesin dari kotoran dan mencegah korosi dan korosi. Pada dasarnya Greaser adalah pelumas yang khusus untuk Bearings. Meski begitu, Masbro masih bisa menggunakannya untuk membersihkan mesin mobil.

6. Sabun Lengket

Kekuatan sabun colek dalam membersihkan noda yang membandel tidak perlu diragukan lagi. Alhasil, Masbro bisa menggunakannya untuk mengangkat kotoran di luar mesin. Tetapi sebelum itu, kami sarankan terlebih dahulu memanaskan mesin mobil selama 15 menit, lalu diamkan sebentar agar kotoran dapat dibersihkan dengan mudah.

7. Dressing Belt

Salah satu komponen mesin mobil adalah Fan Belt. Fungsinya untuk memutar berbagai komponen mesin, seperti pompa oli dan altenator. Mengingat fungsinya sangat penting, kita harus melakukan perawatan rutin menggunakan cairan yang disebut Belt Dressing. Fungsi cairan ini adalah untuk melindungi Van Belt dari keausan dan membuat cengkeraman Van Belt lebih baik sehingga tidak menimbulkan suara berderit.

8. Pembersih Karbon

Salah satu cairan pembersih mesin yang harus digunakan adalah Carbon Cleaner. Fungsinya untuk membersihkan ruang bakar sehingga kerak depostive dapat terangkat secara maksimal. Cairan ini sangat berguna agar mesin tidak mengalami overheating, gelitik, dan membuat tarikan lebih mudah. Cara menggunakannya juga sangat mudah, karena kami baru memasukkannya melalui lubang busi.

Kesimpulan

Selain cairan pembersih mobil di atas, sebenarnya ada beberapa cairan lain. Namun menurut kami cairan di atas lebih dari cukup untuk menjaga kebersihan mesin dari berbagai kotoran yang melekat pada bagian luar atau bagian dalam mesin.

Sekarang berbagai cairan pembersih mesin mobil yang dapat digunakan untuk membersihkan bagian luar hingga bagian dalam mesin untuk menghindari masalah yang mengganggu kinerja mesin. Pada informasi sebelumnya, kami juga sempat memberikan informasi tentang cairan pembersih kaca mobil yang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan jamur kaca. Cukup banyak tips otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment