8 Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Dikorosi dengan Benar

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Kendaraan bermotor harus memiliki rantai, terutama untuk sepeda motor dan olahraga. Tidak semua orang tahu tentang rantai, biasanya pengendara hanya dapat menggunakan sepeda motor tanpa mengetahui bagian penting dari sepeda motor. Padahal bagian-bagian penting sebenarnya harus diperhatikan demi keamanan sepeda motor Anda.

Jika sepeda motor Anda digunakan berhari-hari, rantai itu pasti akan kotor dan bisa menyebabkan rantai itu berkarat. Mungkin sebagian orang bingung tentang cara membersihkan rantai sepeda motor, bro dan mungkin mereka mengira ya, rantai sepeda motor bisa dibersihkan.

Sebenarnya rantai yang kotor bisa mengurangi daya tahan rantai atau rantai itu akan cepat putus. Kotoran yang menempel pada rantai motor termasuk debu, tanah, kerikil hingga serpihan aspal. Untuk mencegah daya tahan rantai, Anda harus membersihkan rantai, bro.

Mungkin bingung cara membersihkan rantai, kawan. Penulis di bawah ini akan menjelaskan cara membersihkan rantai tanpa Anda harus pergi ke garasi atau menggunakan layanan broker untuk membersihkannya.

Siapkan Alat dan Bahan

Wadah dalam bentuk mangkuk atau gayung untuk menuangkan pembersih Sikat digunakan untuk membersihkan bahan pembersih ke dalam rantai Bensin seperti Pertamax atau pertalite yang digunakan untuk kerak perontok dan karat pada rantai motor Pembersih piring yang akan digunakan untuk membersihkan kotoran pada rantai

Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor

Setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, maka mari kita lihat cara membersihkan rantai sepeda motor dengan banar pada informasi otomotifo.com berikut.

1. Kenali jenis rantai

Sebelum mulai membersihkan rantai sepeda motor, Anda harus mengenali rantai sepeda motor Anda terlebih dahulu. Jenis rantai sepeda motor terbagi dua, yaitu rantai motor pertama yang sepenuhnya logam. Kedua, jenis rantai yang memiliki segel karet antar sambungan.

Sebenarnya, jenis rantai penuh ini lebih mudah dibersihkan daripada rantai yang memiliki segel karet. Karena rantai yang memiliki segel karet ketika dibersihkan takut akan merusak karet.

2. Bersihkan Rantai Saat Motor Hangat

Dengan makna hangat ini motor telah digunakan untuk perjalanan. Tujuannya agar rantai sepeda motor siap dibersihkan. Kalau alas lantai harus ditutup lagi dengan koran atau gardus ya bro, agar lantai Anda tidak kotor.

Ketika akan membersihkan rantai sepeda motor, cobalah untuk menjaga sepeda motor tetap tegak dengan memanfaatkan standar menengah pada sepeda motor Anda, kawan.

3. Gunakan Bensin ke Permukaan Rantai

Tuang bensin ke dalam wadah yang telah disiapkan. Kemudian mulai oleskan bensin ke semua bagian rantai sepeda motor Anda menggunakan kuas.

Penggunaan bensin saat membersihkan rantai motor memiliki tujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rantai motor. Mengoleskan bensin pada rantai ini harus dengan kekuatan cepat ya bro ini disebabkan oleh bensin yang cepat menguap. Karena jika Anda membakar rantai Anda untuk waktu yang lama, bensin akan cepat habis, tetapi rantai itu belum sepenuhnya bersih.

4. Siapkan Pembersih Hidangan dan Air

Setelah proses pertama telah dilakukan, maka proses kedua adalah menuangkan dish dish dan air dalam wadah yang disediakan. Penggunaan pembersih piring untuk membersihkan rantai motor memiliki fungsi yang dapat menghilangkan oli secara efektif. Sehingga pembersih piring ini dapat menghilangkan minyak dan rantai yang terkena larutan bensin. Siapkan piring dan air dalam banyak volume, kawan.

5. Terapkan Pengaturan Pembersihan Hidangan yang Disiapkan

Cara berikutnya untuk membersihkan rantai motor adalah dengan membersihkan pelat yang sudah disiapkan dan kemudian menerapkannya dengan sikat pembersih ke semua bagian rantai sampai semua kotoran habis. Lakukan proses ini sampai rantai benar-benar bersih, bro. Jika tidak bersih, Anda tidak harus berhenti membersihkannya.

6. Gunakan Sikat Gigi untuk Membersihkan Antar Rantai

Bagian tersulit dalam membersihkan rantai motor adalah sela-sela rantai. Untuk membersihkan sela-sela rantai Anda harus menggunakan sikat gigi, bro. Gosok di antara rantai menggunakan sikat gigi sampai kotoran benar-benar diolesi bro.

Setelah melumasi bagian rantai lalu tunggu sampai bagian rantai kering, bro. Biarkan rantai mengering sendiri. Meskipun rantai itu perlu waktu agak lama, kamu harus menunggu dengan sabar, kawan.

8. Semprotkan cukup Chain Lube untuk melumasi Chain

Akhirnya, Anda menyemprot rantai pelumas pada rantai, kawan. Karena proses pembersihan tidak hanya kehilangan kotoran tetapi pelumas dalam rantai juga hilang. Jika dibiarkan sendiri tanpa disemprot dengan rantai pelumas rantai akan kering.

Anda dapat menggunakan rantai pelumas apa saja, bro. Yang terpenting, jangan gunakan minyak untuk melumasi rantai lagi. Meskipun minyak adalah pelumas yang baik, namun dapat mengundang partikel debu. Untuk itu, gunakan chain lube agar debu tidak mudah menempel.

Ketika rantai sepeda motor Anda tidak dapat disimpan karena kotor atau berkarat, Jika Anda akan membeli rantai, Anda harus memilih jenis rantai sepeda motor Anda. Tidak sembarang atau semua jenis rantai dapat digunakan pada semua sepeda motor. Di bawah ini akan dijelaskan tips penting sebelum membeli rantai

Tips Penting tentang Membeli Rantai

Pertama periksa kapasitas (cc) sepeda motor Anda. Setelah memeriksa kapasitas sepeda motor Anda, pilih rantai sesuai dengan cc sepeda motor Anda. Pastikan rantai yang Anda beli memiliki ukuran yang sama dengan gigi yang digunakan pada motor. baru bagimu.

Sebenarnya ada kode seri yang terdaftar di rantai jika Anda tahu. Kode-kode ini sebenarnya berfungsi sebagai patokan saat membeli rantai. Kode seri berikut tercantum dalam rantai.

Kode seri tercantum dalam rantai

Kode H berarti bahwa tugas berat memiliki rantai yang lebih tebal daripada rantai tanpa kode H. Kode H ini memiliki gaya tarik 2,1 ton kode SB yang berarti semak padat berarti rantai terbuat dari besi yang dapat meningkatkan kinerja rantai sehingga tidak mudah tertunda kode T yang berarti minyak khusus, kode ini menggunakan minyak teknologi khusus dari Jepang yang dapat memaksimalkan pelumas dalam sistem rantai motor. Kode V berarti penahan lemak, dengan kode V ini masih kategori yang sama dengan semak padat

Untuk mencegah kerusakan pada rantai sepeda motor, Anda harus selalu merawatnya. Bukan hanya tubuh yang selalu diperhatikan oleh pengendara. Tetapi bagian yang paling penting juga harus diberi banyak perhatian untuk keselamatan sepeda motor dan keselamatan Anda, bro. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda harus melindungi tubuh dan mesin sepeda motor Anda. Memang, bagian seperti rantai, mesin tidak menonjol tetapi ini sangat vital jika tidak ditangani.

Setelah membahas bagaimana membersihkan rantai sampai kalau rantai sepeda motor Anda. Kami sarankan Anda merawat rantai sepeda motor Anda dengan baik dan menjaga rantai sepeda motor Anda agar tidak rusak dan harus membelinya lagi. Sebab, membeli rantai motor tidak semudah yang dibayangkan bro. Anda harus memilih jenis rantai yang sesuai terlebih dahulu. Sebelum jatuh kembali untuk membeli kembali dengan rajin, rawat dan bersihkan rantai bro Anda.

Sekarang informasi otomotifo.com tentang cara membersihkan rantai sepeda motor yang berkarat dengan benar. Silakan sobat, semua coba metode di atas dan semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk menjaga rantai sepeda motor atau olahraga.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment