Apa Fungsi Filter Oli pada Mobil dan Sepeda Motor?

No Comments

Iklan

Fungsi Filter Oli – Ada beberapa komponen dalam sistem pelumas bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Salah satu yang paling penting adalah filter oli. Komponen-komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang keluar dari oli mesin.

Tanpa filter oli, sistem pelumas bermotor tidak dapat bekerja secara optimal. Ini tidak terlepas dari fungsi filter oli yang tugasnya menyaring karbon dan gram yang dihasilkan oleh gesekan mesin. Jika tidak ada filter oli, semua kotoran akan tercampur ke dalam mesin, membuat oli kotor.

Oli yang kotor dapat menyebabkan kerak pada dinding mesin yang menyebabkan korosi. Ini harus dihindari, jadi kita harus memperhatikan kondisi filter oli, apakah masih layak digunakan atau tidak.

Filter oli bukan komponen yang bisa diperbaiki. Kami berkewajiban untuk menggantinya secara teratur sehingga dapat bekerja secara optimal. Lalu pertanyaannya adalah, kapan waktu yang tepat untuk mengganti filter oli?

Filter Oli Mobil

Lebih baik mengganti oli bersama-sama dengan oli mesin untuk menghindari sisa oli yang mengendap dalam oli. Selain itu harga filter oli sangat terjangkau, karena biayanya sekitar Rp. 30 Ribu hingga Rp 70 ribu, tergantung merek yang kita beli.

Sebenarnya mengganti oli mobil bisa dilakukan setiap 10.000 km sekali. Sedangkan untuk penggantian oli mesin bisa setiap 5.000 km sekali. Itu artinya kita perlu mengganti filter oli setiap dua kali ganti oli engine.

Sebelum mengganti oli mesin, kami sarankan untuk memeriksa kondisi filter oli terlebih dahulu. Jika kondisinya tidak layak walaupun hanya 5.000 km, maka jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

Filter Oli Mobil

Tidak seperti mobil, oli mesin motor harus diganti setiap 3.000 km. Padahal penggantian oli bisa dilakukan setiap 9.000 km. Jadi, jika Anda telah mengganti oli mesin tiga kali, itu harus diikuti dengan penggantian oli.

Biasanya mekanik akan memeriksa dulu. Jika masih bagus, itu akan dibersihkan dan digunakan kembali. Tetapi jika perlu diganti, maka kita harus memilih filter oli yang berkualitas agar memiliki daya tahan yang lebih baik.

Ada dua jenis filter oli motor yang ada di pasaran, yaitu yang terbuat dari kertas dan terbuat dari kawat. Sekarang untuk filter oli kertas memiliki daya tahan maksimum hingga 1 tahun atau mencapai 12.000 kilometer. Sedangkan untuk yang terbuat dari kawat, usianya bisa dua kali lipat dari kertas saring.

Selain lebih tahan lama, filter oli motor yang terbuat dari kawat juga lebih kuat dalam menahan panas mesin. Meski begitu, kami masih harus melakukan penggantian filter oli jika dianggap tidak memadai.

Sekarang informasi singkat tentang fungsi filter oli dan waktu yang tepat untuk menggantinya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Jangan lupa juga merujuk ke berbagai informasi otomotif lainnya, hanya di automotiveo.com

More from our blog

See all posts

Leave a Comment