Apa itu Smart Sim? Inilah Cara Menghasilkan, Membayar, dan Menguatkan

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Perkembangan teknologi yang pesat telah membuat Polisi Lalu Lintas Nasional meluncurkan jenis SIM baru yang disebut "SIM Pintar" yang diluncurkan bersamaan dengan layanan SIM online pada peringatan 64 tahun Lalu Lintas Bhayangkara yang berlokasi di Aula Bola Basket Bung Karno. Smart SIM secara resmi diluncurkan pada 22 September 2019.

Kehadiran SIM yang cerdas menjadi terobosan baru yang patut diapresiasi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Karena SIM pintar memiliki sistem yang canggih yang akan berdampak positif pada semua pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia.

Apa itu Smart SIM?

Smart SIM adalah bagian dari inovasi layanan publik di bidang lalu lintas berbasis IT. Secara keseluruhan, SIM pintar ini tidak banyak berubah, bro, dalam hal mekanisme layanan untuk biaya. Namun, bentuk fisik kartu memiliki tampilan baru dan ada fungsi tambahan pada Smart SIM. Kehebatan SIM pintar ini adalah dapat merekam data tentang pelanggaran lalu lintas pemilik SIM dan berfungsi sebagai uang elektronik.

Lisensi pengemudi ini dapat diperoleh saat Anda memperpanjang SIM, bro, bisa juga jika Anda akan membuat SIM baru maka Anda akan dibuat SIM pintar oleh petugas SATPAS. Meskipun Anda akan memperluas SIM Anda ke layanan SIM seluler, SIM pintar juga akan dibuat, bro, jadi tidak harus di kantor SATPAS.

SIM pintar dengan SIM lama berbeda. Alasannya adalah bahwa SIM pintar memiliki masa berlaku 5 tahun, tetapi tanggal dan bulannya sesuai dengan tanggal Anda membuat SIM Anda, sementara membuat SIM lama juga memiliki masa berlaku 5 tahun, tetapi perhitungan masa berlaku SIM pertama kali dilihat dari tanggal dan bulan kelahiran, bro.

Keuntungan dan Kekuatan

Jika Anda masih penasaran tentang apa itu SIM pintar, kami akan meninjau SIM Pintar. Pertama, kami akan meninjau kelebihan SIM Smart.

1. Dilengkapi dengan Chip Khusus

Hebatnya, SIM Cerdas ini dengan SIM biasa ditemukan di dalam chip seperti kartu seluler. Namun, menyimpan daya pada SIM pintar terbatas tidak seperti kartu seluler. Fungsi chip adalah untuk menyimpan data driver, bro, itu hebat.

2. Daftar Pelanggaran

Ternyata, SIM tidak hanya dapat menyimpan data pribadi pengemudi, bro, tetapi juga dapat menyimpan daftar pelanggaran. SIM pintar ini akan secara otomatis mencatat pelanggaran pemilik SIM saat dalam lalu lintas. Tidak hanya merekam pelanggaran, bro, SIM pintar ini juga ternyata dapat mengingatkan bahwa pengemudi telah melakukan sejumlah pelanggaran saat mengemudi pada saat melakukan evaluasi.

3. Sebagai Uang Eloktronik

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, SIM generasi terbaru ini memiliki keuntungan sebagai uang elektronik. SIM ini dapat diisi dengan nilai nominal Rp 2.000.000, bro. Jika Smart SIM telah diisi dengan saldo, itu dapat digunakan untuk membayar tol, kereta api, belanja dan sebagainya. SIM pintar ini telah bekerja dengan bank swasta, bro, sehingga kartu dapat digunakan sebagai transaksi.

4. Terhubung ke aplikasi

Tidak kalah menariknya, kita bisa mengetahui data SIM Smart melalui aplikasi, sehingga kita bisa melihat secara langsung jumlah pelanggaran yang terekam dan bisa mengetahui jumlah saldo yang ada di SIM pintar.

Setelah mengetahui apa kelebihan dari SIM pintar, mungkin Anda masih bingung tentang seperti apa tampilan SIM Smart. Untuk itu, kami akan meninjau bentuk fisik SIM generasi terbaru di ulasan berikut

Wujud Fisik

Penampilan fisik Smart ini agak berbeda dari SIM dulu, bro. SIM pintar ini berwarna merah dan putih dan bertuliskan bahasa Indonesia, keren, bro, SIM ini sangat simbolis dari Indonesia dengan warnanya.

Kemudian, bentuk fisik dari SIM Pintar haruslah identitas pemilik seperti nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, alamat dan pekerjaan. Perbedaan identitas antara SIM Cerdas dan SIM ada dalam golongan darah. Lisensi pengemudi dulu tinggi sementara sekarang berdasarkan golongan darah.

Bentuk fisik lainnya pada SIM pintar ini ada dua foto pemiliknya. Foto di sebelah kiri adalah foto berwarna. Sementara satu foto lagi di sudut kanan bawah lebih kecil dan tidak memiliki warna.

Selanjutnya, bentuk fisik di belakang SIM pintar memiliki warna putih. Dibandingkan SIM sebelumnya tentu punya perbedaan ya bro. Warna fisik di belakang SIM digunakan untuk memiliki latar belakang biru.

Bagaimana cara membuat SIM Smart?

Jika Anda ingin membuat SIM Cerdas ini, berikut ini adalah ulasan tentang cara membuatnya

Langkah awal adalah bahwa pemohon harus mendaftar melalui layanan SIM online yang tersedia di situs sim.korlantas.polri.go.id. Layanan ini telah terkoneksi di 34 kantor kepolisian daerah dan tersebar di 456 unit penyelenggara administrasi (SATPAS), 378 layanan SIM seluler, 55 outlet layanan SIM, dan semua layanan SIM terintegrasi dalam SIM pusat data Korps Kepolisian Nasional. Melalui situs di atas, pemohon mengisi formulir pendaftaran, seperti jenis aplikasi SIM, kelas SIM, alamat surat elektronik, nomor telepon seluler aktif, alamat polisi daerah yang akan Anda kunjungi, SATPAS yang akan Anda kunjungi dan pribadi Anda data. Setelah semua formulir terisi, maka klik tanda setuju bro. Pelamar akan mendapatkan kode untuk membayar pendaftaran. Kode yang diberikan digunakan untuk membayar di bank BRI dengan jarak 3 jam setelah pendaftaran. Untuk pembayaran registrasi di bank BRI, bisa dilakukan dengan layanan ATM, m-banking hingga internet bangkrut, bro. Metode pembayaran ini tentu sangat mudah karena memiliki pilihan penting yang masih terkait dengan bank BRI. Jika Anda telah selesai melakukan pembayaran, kode registrasi akan diterima melalui SMS dan surat elektronik.

Keuntungan mendapatkan Smart SIM melalui online ini, pemohon tidak perlu antri lagi untuk mengurus pendaftaran di SATPAS.

Setelah semua proses mendapatkan dan membuat SIM Cerdas selesai, pemohon pergi ke SATPAS dengan mengikuti serangkaian prosedur penerbitan SIM seperti identifikasi, verifikasi, tes teori, tes keterampilan mengemudi untuk lalu lintas tertib, bro. Anda tidak hanya merawatnya secara daring di situs web yang tercantum di atas, tetapi tetap mengunjungi SATPAS untuk mendapatkan SIM pintar dalam bentuk fisik. Perbedaan antara pendaftaran online adalah bahwa Anda tidak perlu mengantri untuk mendaftar.

Biaya Pembuatan & Struktur

Setiap kali Anda mengurus sesuatu, Anda harus membayar biaya, bro, terutama untuk membuat SIM Cerdas juga memerlukan biaya. Jika Anda masih bingung berapa biaya untuk membuat SIM Smart adalah sebagai berikut

Membuat SIM Cerdas tidak mengalami perubahan harga, bro, itu masih sama dengan membuat SIM dulu. Peningkatan kualitas semata-mata tidak meningkatkan harga.

Biaya pembuatan

Biaya pembuatan SIM sendiri telah diatur dalam ketentuan PP No. 60 tahun 2016. Berikut ini adalah daftar biaya untuk membuat SIM Cerdas

Penerbitan SIM A Rp 120.000 Publikasi SIM A Rp 120.000 Publikasi SIM B1 Rp 120.000 Penerbitan SIM B1 Rp 120.000 Publikasi SIM B2 Rp 120.000 Penerbitan SIM SIM B2 Rp 120.000 Publikasi SIM C Rp 100.000

Biaya Perpanjangan

Setelah mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM Pintar, maka mari kita simak biaya perpanjangan berikut

Perpanjang masa berlaku SIM A Rp 80.000 Perpanjang masa berlaku SIM B Rp 80.000 Perpanjang masa berlaku SIM C Rp 75.000 Perpanjang masa berlaku SIm D Rp 30.ooo

penggunaan kartu SIM pintar ini tidak harus diisi ulang, bro, pengisian saldo pada SIM pintar yang digunakan hanya pemilik yang ingin menggunakannya sebagai uang elektronik. Jika Anda perlu menggunakan Smart SIM sebagai uang elektronik, harap aktifkan kartu, tetapi jika Anda tidak menggunakannya, Anda tidak perlu mengaktifkannya.

Saat ini bank yang telah bekerja sama dengan Korlantas dalam mengatur uang elektronik adalah bank BRI, bank BNI, dan bank Mandiri. Jadi bagi pemegang SIM pintar yang ingin menggunakan kartu, aktivasi di bank yang tercantum di atas. Selanjutnya, cara mengisi saldo Smart SIM karena uang elektronik dapat diaktifkan di bank-bank yang tercantum di atas.

Apakah kita harus mengganti SIM lama dengan yang baru? Mengganti SIM lama menjadi SIM pintar dilakukan ketika Anda melakukan ekstensi, bro. Karena jika masa berlaku SIM lama Anda tidak naik maka Anda tidak dapat menggantinya dengan SIM Pintar, untuk itu tunggu sampai masa berlaku SIM Anda habis ya

More from our blog

See all posts

Leave a Comment