Aprilia GPR 250 Spesifikasi, Fitur, dan Harga di Indonesia

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Aprilia benar-benar serius masuk ke kelas motor sport 250cc. Sebagai bukti, mereka telah merilis Aprilia GPR 250 di Cina. Sepeda motor ini siap menantang Kawasaki Ninja 250, Honda CBR250RR, KTM RC 250, atau Yamaha R25. Sayangnya mesin yang digunakan oleh motor ini masih 1 Cylinder sehingga lebih tepat bila disandingkan dengan KTM RC 250.

Meski masih satu silinder, namun tenaga yang dihasilkan luar biasa. Dimana tenaga maksimum yang bisa dicapai oleh mesin Aprilia GPR250 mencapai 19,5 kW pada putaran mesin 9.000 rpm dan didukung dengan torsi puncak mencapai 22 Nm pada 7.500 rpm.

Tenaga dan torsi sebesar itu tidak lepas dari konfigurasi mesin 1 Cylinder 4 Valve dengan kapasitas 249.2cc. Mesin memiliki Injeksi Bahan Bakar dan didukung oleh transmisi manual 6 percepatan yang membuat kemampuan akselerasi Aprilia GPR 250 lebih cepat dan lebih responsif.

Mesin ini juga memiliki konfigurasi bore 72 mm dan stroke 61,2 mm yang didukung oleh rasio kompresi 11,3: 1. Jika hanya mesin yang memiliki dua silinder, kinerja Aprilia GPR250 akan mampu menyaingi Ninja 250 atau Honda CBR250RR yang hingga kini menjadi motor sport 250cc tercepat di Indonesia.

Sekalipun memiliki kekurangan di sektor mesin, tetapi kekurangan ini akan ditanggung oleh desain yang sporty dan bersemangat. Sepeda motor ini sudah memakai bingkai tipe Twinspar yang membuatnya terlihat kokoh. Sedangkan untuk dimensi bodi, ia memiliki panjang 1.950 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.100 mm.

Bobot motor ini hanya 150 kg. Jika dibandingkan dengan motor sport 250cc lainnya, dapat dikatakan bahwa bobot Aprilia GPR 250 sangat ringan. Alhasil kemampuan akselerasi lebih optimal dan membuatnya lebih nyaman dikendarai. Selain itu, Aprilia juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar 14 liter.

Kemudian untuk kaki dilengkapi dengan suspensi Upside Down yang dipasang di sisi depan, bersama dengan stang Underyoke. Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan Monoshock yang dipadukan dengan swingarm aluminium yang memiliki desain yang serasi dengan sasis Aprilia GPR 250.

Untuk mengimbangi kinerja sepeda motor ini, Aprilia telah menyematkan ban depan 100/80-R17 dan ban belakang 130/70-R17. Kemudian bagian pengereman telah mendukung sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System) yang membuat kontrol pengereman lebih optimal, terutama saat pengereman tiba-tiba.

Kehadiran suspensi depan Upside Down dan teknologi ABS membuat Aprilia GPR 250 terasa lebih canggih dan modern. Keunggulan ini mirip dengan desain Aprilia GPR250 yang mencerminkan gaya motor sport modern. Secara desain sangat keren, terutama bagian depan yang memiliki semacam scopp udara dan double headlamp yang terlihat agresif.

Berapa harga Aprilia GPR 250 di Indonesia?

Sayangnya untuk saat ini tidak ada informasi mengenai harga Aprilia GPR 250. Kami juga tidak tahu apakah sepeda motor ini akan dipasarkan secara global atau hanya terbatas pada pasar Cina. Masbro tentu berharap sepeda motor ini bisa dipasarkan di Indonesia, karena bisa menjadi alternatif untuk motor sport di kelas 250cc.

Sejauh ini, Aprilia dikenal sebagai produsen sepeda motor sport premium yang harganya ratusan juta rupiah. Kehadiran Aprilia GPR 250 yang menggunakan mesin 250cc 1 Cylinder, tentu akan mengubah persepsi itu. Kami yakin bahwa harga Aprilia GPR 250 akan cukup terjangkau, dan bisa lebih murah daripada Ninja 250 atau CBR250RR.

Semoga Aprilia akan memasukkan sepeda motor ini ke Indonesia, bersama dengan Aprilia RS150 yang memiliki kubikasi mesin yang lebih kecil, tetapi desain sporty dan bersemangat. Jadi itulah semua informasi otomotifo.com saat ini. Mari kita berdoa bersama, semoga sepeda motor ini akan segera tersedia di pasar Indonesia.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment