Berapa lama aki mobil? Inilah cara menghitungnya

No Comments

Iklan

Berapa lama aki mobil? – Ada dua metode untuk mengisi baterai mobil, yang cepat dan lambat. Metode yang digunakan dapat disesuaikan dengan kapasitas baterai yang akan diisi ulang. Masbro juga tidak diperbolehkan untuk mengisi baterai mobil secara sembarangan, karena harus mempertimbangkan beberapa hal untuk menjaga kondisi baterai agar tidak cepat, jatuh atau rusak.

Waktu yang tepat untuk mencuri aki mobil adalah ketika tegangan aki di bawah 12 Volts. Nah, semua baterai memiliki tegangan normal 12 volt. Jadi jika voltase di bawahnya, maka harus segera melakukan pengecekan. Lama waktu aki mobil juga tergantung pada jumlah arus yang dicetak pada aki mobil. Sedangkan untuk arus, semakin lama waktu Anda memeriksa aki mobil.

Mirip dengan pewarnaan ponsel, aki mobil memerlukan alat khusus yang disebut "Mengisi Aki". Masbro dapat membeli alat-alat ini dengan harga 100 ribu hingga jutaan rupiah. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, kami sarankan Anda datang ke bengkel yang menyediakan layanan pengisian daya baterai. Mengenai biaya, Anda tidak perlu khawatir, karena biayanya tidak sampai 100 ribu.

Bagi mereka yang lebih suka membeli baterai isi ulang, mereka harus tahu berapa lama aki mobil. Ini sangat penting untuk menghindari overcharge yang nantinya dapat merusak baterai. Sekarang bagi mereka yang telah merusak aki mobil mereka dan perlu perbaikan, silakan merujuk ke informasi berikut "Cara Memperbaiki Baterai Kering" di artikel sebelumnya

Penyebab Akumulasi pada Cas

Sebenarnya semua mobil memiliki sistem untuk melakukan pengecekan baterai secara otomatis. Sumbernya berasal dari energi mesin ketika mobil menyala. Jadi ketika mesin menyala, baterai akan berjalan secara otomatis. Aki mobil rata-rata juga dapat bertahan hingga 2 tahun tanpa perlu melakukan pencetakan aki.

Sekarang pertanyaannya sekarang adalah apa yang menyebabkan baterai mobil diisi ulang. Biasanya ini karena mobil belum pernah dinyalakan, sehingga lama kelamaan daya listrik pada baterai habis. Alasan lain adalah karena mobil mogok dan pemilik terus menyalakan starter sampai bekerja, tetapi mobil masih tidak bisa hidup.

Nah, aki mobil hanya bisa diisi secara otomatis saat mobil menyala. Jadi jika rusak atau tidak dinyalakan dalam waktu lama, listrik akan padam. Karena itu, perlu mencatat baterai mobil secara manual sehingga listrik kembali normal. Lalu berapa lama baterai aki mobil dibutuhkan? Sekarang untuk mengetahuinya, silakan periksa di bawah ini.

1. Pengisian Lambat

Seperti yang kami katakan di atas, ada dua metode pengecekan aki mobil, yaitu pengisian lambat dan cepat. Metode yang digunakan sebenarnya hampir sama, tetapi waktu pengisiannya jauh berbeda. Karena mengisi baterai secara perlahan dilakukan dengan arus yang lebih kecil untuk menghindari kepanasan saat buang air besar di malam hari atau saat tidur.

Biasanya arus maksimum yang digunakan hanya 10%. Sedangkan waktu pengisian baterai tergantung pada arus baterai yang diisi ulang. Akibatnya, semakin besar arus, semakin lama pengisian baterai mobil diperlukan. Untuk menghitung durasi baterai mobil ada juga formula, dan bagi yang tidak tahu formula, silakan cek di bawah ini.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh perhitungan panjang aki mobil untuk aki 12 Volt 50 AH.

Untuk menghitung durasi baterai mobil, pertama-tama kita harus menghitung arus pengisian. Sekarang pada baterai 12 Volt 50 AH dengan pengisian lambat maka arus yang digunakan hanya 10% dan jika kita hitung maka 50 x 10% = 5 A. Kemudian masukkan perhitungan di atas ke dalam rumus berikut (kapasitas baterai (AH) / pengisian arus) + (20% x (kapasitas baterai / arus pengisian))

Nah jika rumus di atas sudah termasuk, maka perhitungannya menjadi

(Kapasitas Baterai (AH) / Arus Pengisian) + (20% x (Kapasitas Baterai / Arus Pengisian)) (50/5) + (20% x (50/5)) 10 + (20/100 x 2) 10 + 2 = 12 jam

Maka berdasarkan rumus perhitungan di atas, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai 12 Volt 50 AH dengan metode pengisian lambat membutuhkan waktu sekitar 12 jam.

2. Pengisian cepat

Jika Anda ingin waktu pengisian lebih cepat, maka Anda harus menggunakan metode pengisian cepat. Metode perhitungannya juga sama, tetapi arus yang digunakan jauh lebih besar, yaitu 40%. Dengan arus 40%, tentu saja waktu pengisian jauh lebih cepat. Sekarang sebagai simulasi, lihat yang berikut ini.

Seperti dalam kasus di atas, kami akan menghitung masa pakai baterai dari aki mobil 12 Volt 50 AH. Pertama kita menghitung arus pengisian terlebih dahulu. Jika 40%, maka arus pengisian adalah 50 x 40% = 20 A. Selanjutnya kita masukkan ke dalam rumus untuk menghitung cas aki mobil lama dengan rumus berikut

(Kapasitas Baterai (AH) / Arus Pengisian) + (20% x (Kapasitas Baterai / Arus Pengisian Daya)) (50/20) + (20% x (50/20) 2.5 + (20/100 x 2.5) 2.5 + 0,5 = 3 jam

Seperti yang Anda lihat di atas, panjang aki mobil dengan metode cepat atau pengisian cepat hanya memakan waktu sekitar 3 jam. Cara ini memang lebih efektif, karena kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi ulang arus listrik di baterai yang jatuh.

Sebenarnya, saat ini terdapat Aki Charge yang memiliki fitur "Auto Cust Off On Full Charge". Fitur ini akan berhenti mengisi baterai secara otomatis, yang membantu menjaga pengisian baterai agar tidak terlalu mahal. Tetapi bagi mereka yang masih menggunakan baterai pengisian konvensional, mereka harus menggunakan metode perhitungan di atas.

Terlepas dari proses pengisian daya menggunakan baterai, kami sarankan untuk memperhatikan arus maksimum yang digunakan. Jangan sampai arus terlalu besar atau terlalu kecil sehingga proses pengisian bisa berjalan dengan lancar. Nah ini informasi otomotif kali ini, semoga tips otomotif di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment