Harga Esemka Bima 2019: Spesifikasi, Interior & Gambar

No Comments

Iklan

Harga Bima Esemka – Akhirnya mobil resmi Esemka dirilis pada 6 September 2019. Sebelumnya mobil ini diprediksi akan dirilis pada awal tahun, tetapi rilisnya ditunda hingga September. Upacara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Jokowi dan beberapa Menteri yang menemaninya.

Ada dua mobil Esemka yang secara resmi dirilis, yaitu Bima 1.2 dan Bima 1.3. Keduanya adalah mobil Single Cabin Pick Up seperti Daihatsu Gran Max. Yang menarik dari mobil Esemka adalah harganya sangat terjangkau.

Harga Esemka Bima jauh lebih murah daripada Daihatsu Gran Max dan mobil Pick Up kelasnya. Mobil ini diciptakan sebagai kendaraan komersial untuk memudahkan pengangkutan barang dengan menawarkan mesin yang ekonomis dan daya angkut yang besar.

Sebenarnya Esemka masih memiliki beberapa jenis mobil lain. Tetapi untuk memulai debutnya, Esemka lebih suka Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang memiliki potensi lebih besar di industri otomotif negara ini. Lalu bagaimana dengan spesifikasinya? Sekarang untuk mengetahuinya, silakan lihat di bawah.

Spesifikasi dari Bima Esemka

Meskipun belum ada informasi resmi, kami percaya bahwa Esemka Bima adalah rebranding dari China Changan Star Truck. Ini bisa dilihat dari desain dan mesin Esemka Bima yang hampir sama dengan Changan Star Truck.

Meski memiliki kesamaan, namun kabarnya mobil Esemka sudah menggunakan komponen lokal hingga 60%. Bahkan Presiden Direktur Esemka menekankan bahwa mobil yang mereka produksi bukanlah Mobil Nasional. Itu artinya masih ada beberapa komponen yang diimpor dari luar negeri.

Sebenarnya tidak masalah jika mobil ini melakukan rebranding produk asing. Mobil Esemka yang paling penting dirakit di Indonesia oleh tangan profesional asli Indonesia. Seiring waktu, tentu saja akan ada perubahan untuk akhirnya menjadi 100% murni Indonesia.

Sedangkan untuk spesifikasinya, Esemka Bima dilengkapi dengan mesin 1.200 cc dan 1.300 cc. Perbedaan dalam mesin diikuti oleh perbedaan dalam ukuran kargo. Jadi jika Anda ingin kapasitas muat yang lebih besar, maka pilihlah Esemka Bima 1.3. Sayangnya kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut tentang tenaga dan torsi mesin.

Performa Mesin

Sambil menunggu informasi resmi dari Esemka, mari kita bandingkan dulu dengan mesin Changan Star Truck yang ditenagai dengan mesin 1.224 cc DOHC 1.2L E-Power mesin DOHC. Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga 72 kW pada 6.000 rpm dan torsi 12 Nm pada 4.8000 rpm.

Tenaga mesin 1.2 liter dan torsi di atas ini memang cukup besar. Dari segi konsumsi bahan bakar juga sangat ekonomis, mencapai 7,2 Liter / 100 km dan mampu menghasilkan kecepatan tertinggi hingga 120 km / jam. Selain itu, ada juga tangki bahan bakar dengan kapasitas 40 Liter.

Lalu soal dimensinya, ternyata ada perbedaan antara Eseka Bima dan Changan Star Truck. Di mana Esemka Bima memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Kemudian untuk Truk Changan Star memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.890 mm.

Dari tampilan depan juga sangat mirip dengan Changan Start Truck. Namun ada beberapa hal yang membuat tampilan eksterior Esemka Bima terlihat berbeda, seperti desain lampu depan yang terlihat lebih minamalis dan grille depan yang lebih pendek.

Perbedaan lainnya adalah desain Esemka Bima yang memiliki pukulan lebih banyak. Kemudian untuk sektor kaki, kemungkinan besar persis sama dengan Truk Changan Star yang menggunakan velg 14 inci dengan ban 175/70-R14.

Di sebelah interior terlihat standar dengan ruang kabin yang hanya cukup untuk 2 orang. Semoga Esemka akan melengkapinya dengan fitur sistem AC dan Audio, sehingga mobil tetap nyaman dikendarai.

Tetapi jika Anda melihat ke cermin dari Changan Start Truck yang dilengkapi dengan AC dan Sistem Audio, maka kemungkinan besar Esemka Bima juga memilikinya. Namun jangan harap mobil ini dilengkapi dengan fitur pengereman ABS dan Airbag, karena harga murah Esemka Bima tidak akan mungkin dilengkapi dengan fitur-fitur ini.

Ada banyak spesifikasi lain yang tetap menjadi misteri. Yang pasti mobil ini sangat cocok sebagai mobil komersial untuk mengangkut barang atau kebutuhan lain, seperti menjadi Truk Makanan, dll. Sekarang pertanyaannya sekarang, berapa harga Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3?

Daftar Harga Bima Esemka

Upacara pembukaan pabrik Esemka dan peluncuran Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3 sudah cukup untuk menarik perhatian banyak orang. Nah, merek mobil asli Indonesia ini memang cukup fenomenal. Awalnya Esemka diprediksi menjadi mobil nasional, karena dirakit oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sekarang Esemka telah menjadi produsen mobil yang berdiri sendiri di Indonesia. Mungkin tidak ada lagi peran sekolah kejuruan dalam merakit mobil Esemka. Meski begitu, mobil ini dirakit oleh orang Indonesia asli, jadi kita harus bangga memiliki merek mobil asli Indonesia.

Perjuangan Esemka baru saja dimulai. Mereka harus bersaing dengan produsen mobil dari Jepang, Eropa dan Cina. Untuk menjadi sukses, mereka diharuskan memberi harga Esemka Bima dengan harga yang terjangkau. Karena Esemka adalah pabrikan mobil baru, yang masih kurang pengalaman.

Masih perlu beberapa tahun lagi untuk membuktikan kualitas mobil Esemka. Tetapi bagi mereka yang tidak sabar untuk mencicipi kehebatan mobil dari Indonesia, maka mereka dapat membeli Esemka Bima 1.2 atau Bima 1.3 yang kabarnya akan dipasarkan sekitar Rp. 110 Jutaan.

Harga Esemka Bima di atas adalah harga di jalan. Harganya pun cukup terjangkau dan lebih murah dari pesaing lainnya. Tetapi apakah orang Indonesia tertarik untuk membeli mobil? Mari kita simak bersama bagaimana tanggapan masyarakat Indonesia terhadap mobil yang satu ini.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment