Harga Motor Listrik Yamaha EC-05 & 2019 Spesifikasi Terbaru

No Comments

Iklan

Harga Motor Listrik Yamaha EC-05 – Industri otomotif terus tumbuh. Setiap pabrikan berlomba menghadirkan kendaraan masa depan yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Memahami itu, Yamaha baru saja meluncurkan sepeda motor listrik yang disebut "Yamaha EC-05". Sepeda motor ini secara resmi dirilis di Taiwan pada 27 Juni 2019 dan kabarnya akan mulai dijual pada 1 Agustus 2019.

Yamaha tidak sendirian dalam mengembangkan motor listrik ini. Sebab, Yamaha berkolaborasi dengan pembuat motor listrik dari Taiwan, yaitu Gogoro Inc. Kolaborasi ini menghasilkan motor listrik yang memiliki desain futuristik dan elegan. Teknologi yang digunakan oleh Yamaha EC-05 juga sangat canggih, sehingga wajar jika harga sepeda motor listrik Yamaha cukup mahal.

Generasi Motor Listrik Yamaha

Sebenarnya Yamaha EC-05 bukanlah motor listrik Yamaha pertama. Sepeda motor ini adalah sepeda motor listrik Yamaha kelima, karena sebelumnya perusahaan yang menggunakan garpu tala telah meluncurkan sepeda motor listrik sejak tahun 2002. Sekarang untuk melihat kehebatan motor listrik Yamaha dari generasi ke generasi, silakan lihat informasi berikut.

1. Yamaha Passol

Diproduksi pada tahun 2002

Yamaha Passol diproduksi pada tahun 2002 hingga 2007. Sepeda motor ini memiliki berat 44 kg dan memiliki kapasitas baterai 14 Ah. Kemudian untuk tenaga mengandalkan motor hub roda listrik Brushless DC yang mampu mengeluarkan daya 0,58 kW atau setara dengan 0,79 hp.

2. Yamaha EC-O2

Diproduksi pada 2005

Desain motor listrik Yamaha EC-02 terlihat seperti Honda Monkey yang memiliki dimensi sangat kecil dan unik. Sepeda motor ini diperkenalkan pada tahun 2005 sebagai penerus Yamaha Passol. Fitur yang dibawanya juga lebih canggih, karena memiliki iPod Dock dan menggunakan daya listrik penuh yang dapat menghasilkan kecepatan 18 mph dengan jarak 64 km.

3. Yamaha EC-03

Diproduksi pada 2010

Yamaha meluncurkan skuter listrik ini pada 2010. Spesifikasi yang dibawanya dilengkapi dengan motor listrik 600 watt yang terintegrasi dengan roda belakang untuk menghasilkan kecepatan maksimum 45 km / jam. Selain itu, ada juga baterai 15 Ah yang bisa digunakan untuk menempuh jarak 43 km. Kemudian untuk tenaga 0,8 hp dengan waktu pengisian baterai 7 jam.

4. Yamaha E-Vino

Diproduksi pada tahun 2014

Desain Yamaha E-Vino ini memang mirip dengan Yamaha Fino yang dipasarkan di Indonesia. Namun, motor ini sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dengan generator AC Synchronous Motor yang mampu menghasilkan daya 1,2 kW dan torsi puncak 7,8 Nm. Motor listrik Yamaha pertama kali diluncurkan di Taiwan pada tahun 2014, tetapi sayangnya sampai sekarang belum dipasarkan di Indonesia.

5. Yamaha EC-05

Diproduksi pada 2019

Spesifikasi Yamaha EC-O5 menggunakan basis Gogoro S2, mulai dari baterai, sasis, hingga teknologi. Namun menurut kami desain Yamaha EC-05 jauh lebih keren karena telah dirancang ulang oleh Yamaha untuk menghasilkan sepeda motor listrik futuristik dan modern.

Secara spesifikasi dan teknologi, tentu lebih canggih dari motor listrik Yamaha generasi sebelumnya. Apalagi Yamaha telah berkolaborasi dengan Gogoro yang merupakan salah satu produsen skuter listrik terbesar di Taiwan. Sekarang untuk melihat spesifikasi lengkap dan harga motor listrik Yamaha, silakan lihat di bawah ini

Spesifikasi dan Harga Yamaha EC-05

Desain & Dimensi

Sebelum membahas masalah harga, mari kita lihat terlebih dahulu fitur apa yang dimiliki Yamaha EC-05. Sepeda motor listrik Yamaha sudah menggunakan sistem pencahayaan Full LED yang dipadukan dengan headlamp futuristik dan desain lampu ekor. Lalu ada juga speedometer digital lengkap yang bisa dihubungkan ke smartphone dan memiliki tampilan yang sangat modern.

Sepeda motor listrik Yamaha EC-05 seperti sepeda motor dari masa lalu. Tampilannya begitu elegan dan futuristik. Dimensi bodi memiliki panjang 1.880 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1.180 mm. Kemudian sumbu roda adalah 1.300 mm dan memiliki kursi setinggi 768 mm. Mengingat ukurannya tidak terlalu besar, maka jangan heran jika bobotnya hanya 106 kg.

Saat memasukkan dua baterai yang menjadi sumber energi utama sepeda motor listrik Yamaha EC-05, bobotnya menjadi 126 kg. Lalu ada juga bagasi besar yang bisa menampung bagasi hingga 25 liter. Selain itu, Yamaha mendesainnya dengan pijakan yang luas dan bodi belakang yang tampak besar karena menyimpan baterai.

Performa

Menariknya, Yamaha EC-05 memiliki fitur Riding Mode yang dapat digunakan untuk memilih mode berkendara sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang dilalui. Penyimpanan baterai juga dibuat seaman mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Daya tahan baterainya juga sangat awet, karena bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 110 km.

Kemudian berbicara tentang kinerja, Yamaha EC-O5 memiliki kinerja yang setara dengan mesin 125cc bermotor konvensional. Di mana tenaga maksimum adalah 10 Horsepower pada putaran mesin 3.000 rpm dan torsi 26 Nm pada 0 hingga 2.500 rpm. Performanya memang lumayan dan bisa diandalkan untuk berakselerasi dengan kecepatan maksimum 90 km / jam dan bisa berakselerasi dari 0-50 km / jam dalam 3,9 detik.

Belum diketahui apakah sepeda motor listrik Yamaha ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Namun kami berharap Yamaha akan segera memasukkannya ke Indonesia, karena dapat menjadi kendaraan masa depan yang efisien, ramah lingkungan dan tentunya sangat canggih. Apalagi baterainya sangat ekonomis dan bisa dibongkar untuk memudahkan penggantian baterai.

Sayangnya infrastruktur motor listrik di Indonesia tidak semaju negara lain. Pemerintah juga belum mengeluarkan peraturan tentang motor listrik. Meskipun sudah ada banyak motor listrik yang dipasarkan di Indonesia, seperti Viar Q1 dan Gesits. Semoga di masa depan pemerintah Indonesia akan lebih serius dalam mengatur keberadaan sepeda motor masa depan ini di Indonesia.

Fitur Andalan

Seperti yang Anda lihat di atas, semua motor listrik Yamaha memiliki desain yang unik dan berbeda dari sepeda motor Yamaha pada umumnya. Dari tahun ke tahun teknologi yang digunakan semakin canggih. Terbukti Yamaha EC-O5 telah dilengkapi dengan berbagai sensor canggih, seperti Gravity dan Acceleration Sensor, Ambient Brightness Sensor, dan Temperature Sensor.

Untuk mengoperasikan Yamaha EC-O5 juga disediakan sistem penguncian Smart Key Nirkabel yang dapat dihubungkan ke smartphone dan Apple Watch. Lalu ada juga dukungan untuk NFC dan Bluetooth v4.0. Nah, yang tak kalah menarik, Yamaha menyediakan aplikasi khusus yang bisa dihubungkan ke smartphone berbasis iOS dan Android.

Mengingat motor ini menggunakan listrik, suara yang dikeluarkan akan sangat khas dan tidak memiliki knalpot sebagai sistem knalpotnya. Kemudian untuk sektor kaki menggunakan shock depan teleskopik dan didukung oleh shock belakang ganda. Suspensi ini juga dilengkapi dengan pengaturan preload dan redaman yang dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan pengemudi.

Dibandingkan dengan harga motor listrik Yamaha EC-05, motor ini telah dilengkapi dengan rem cakram di roda depan dan belakang. Di mana untuk bagian depan menggunakan cakram hidrolik 245 mm dan dikombinasikan dengan 100 / 80-14 ban depan. Kemudian untuk bagian belakang menggunakan rem cakram 180 mm dengan ban berukuran 110 / 70-13. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, silakan lihat di bawah ini.

Spesifikasi Yamaha EC-05

Panjang Lebar 670 mmTinggi1.180 mmTinggi roda1.300 mmTinggi Kursi768 mmBerat Keseluruhan126 kg (Termasuk 2 Baterai) Kapasitas Bagasi25 Liter Daya Maksimum 10 hp @ 3.000 rpm Maksimum Torsi 26 Nm @ 0-2.500 rpm Kecepatan Aman90 akselerasi.99 detik (0-3) 50 km / h) Rangka Bingkai Starter Listrik Pipa Baja Tarik Tinggi Tubuh Depan100 / 80-14 (48L) Ban Belakang 110 / 70-13 (55L) Suspensi Depan Telescopic Suspensi Belakang Suspensi Ganda Kunci Rem Depan 245 mm Belakang Belakang 180 mm Penandaan

Setelah melihat desain dan fitur Yamaha EC-05, kami yakin banyak orang akan tertarik membelinya. Tetapi jangan berharap harga menjadi murah, karena harga sepeda motor listrik Yamaha ini dihargai lebih dari 40 Juta Rupiah. Teknologi yang dibawanya sebanding dengan harga jual, jadi tidak apa-apa jika Yamaha dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Harga Motor Listrik Yamaha EC-05

Harga Motor Listrik Yamaha EC-05

Untuk mendapatkan motor listrik Yamaha, Masbro harus menghabiskan 99.800 yuan atau jika kita memiliki setara dengan Rp. 45,7 Jutaan. Harga ini adalah harga sepeda motor listrik Yamaha EC-05 di Taiwan. Bisa dibilang harganya lebih mahal dari Honda PCX Hybrid yang dipasarkan di Indonesia seharga Rp. 42 juta.

Teknologi yang dibawanya tidak bisa dibandingkan dengan Honda PCX Hybrid, yang notabene masih menggunakan mesin konvensional + motor listrik. Yamaha EC-05 lebih layak dibandingkan dengan Honda PCX Electric yang telah menggunakan daya listrik sepenuhnya. Namun harga sepeda motor PCX dilaporkan jauh lebih mahal.

Sekarang kita tinggal menunggu apakah Yamaha EC-05 akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kami berharap sepeda motor ini akan segera dipasarkan sehingga industri motor listrik tanah air semakin berkembang. Apalagi, masyarakat Indonesia semakin membutuhkan sepeda motor yang efisien dan didukung oleh berbagai teknologi canggih, yang semuanya sudah ada pada Yamaha EC-05.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment