Jari-Jari, Decal, Airbrush & Limbah Moge

No Comments

Advertisement

Modifikasi Ninja 250 FI – Berbicara mengenai motor sport full fairing, pasti langsung teringat Kawasaki Ninja 250 FI. Motor sport 2 Silinder tersebut memang sangat populer. Tak hanya anak muda saya yang menyukainya, namun juga para pecinta otomoti yang sudah berumur.

Kepopuleran Ninja 250 FI sebagai salah satu motor sport 250cc terbaik di Indonesia tak lepas dari desainnya yang sporty dan telah dilengkapi beragam fitur canggih yang membuat Ninja 250 FI mampu bersaing melawan Honda CBR250RR ataupun Yamaha R25.

Ada banyak alasan untuk membeli Ninja 250 FI dibandingkan motor sport sekelasnya. Salah satu alasannya adalah karena Ninja 250 FI lebih mudah dimodifikasi. Kita bisa menerapkan berbagai macam gaya tanpa perlu menghilangkan karakteristik sejati Ninja 250.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam modifikasi Ninja 250 FI. Yang pertama adalah harus mengikuti peraturan lalu-litas. Sedangkan yang kedua, harus tetap memperhatikan kenyamanan dalan berkendara, sehingga motor yang dimodifikasi bisa tetap nyaman digunakan sebagai kendaraan harian.

Lain cerita jika masbro berencana mengikuti kontes modifikasi. Apabila untuk kontes, tentu kita bisa bebas bereksperimen dan bisa menerapkan berbagai macam gaya, seperti menggunakan velg jari-jari hingga ban cacing. Nah sebagai referensinya, silahkan simak di bawah ini.

1. Modifikasi Decal

Bagi yang sudah bosan dengan warna Ninja 250 yang dimiliki, maka bisa mencoba modifikasi Ninja 250 FI menggunakan Decal Sticker. Modifikasi ini hanya membutuhkan biaya sekitar Rp. 700 Ribuan sampai 2 Jutaan, tergantung dari kualitas Decal yang digunakan.

Keutungan memakai decal sticker adalah bisa menutupi seluruh bagian body, sehingga tidak perlu melakukan pengecetan ulang. Namun pastikan decal yang dibeli menggunakan bahan berkualitas dan sudah dilengkapi laminasi agar awet hingga 3 tahun.

2. Modifikasi Knalpot

Karakter suara Ninja 250 FI tidak akan keluar sepenuhnya apabila memakai knalpot bawaan. Alhasil kita harus menggantinya dengan knalpot aftermarket, seperti buatan Yoshimura, R9, ProSpeed, Akrapovic ataupun merek lainnya yang bisa kalian simak harganya DISINI.

Suara yang dikeluarkan mesin 2 Silinder memang berbeda dengan mesin 1 Silinder. Suaranya terdengar lebih ngebass sehingga lebih nyaman didengarkan. Namun ada baiknya memiliki knalpot Ninja 250 FI yang telah dilengkapi DB Killer sehingga bisa meredam suara knalpot apabila terlalu keras.

3. Modifikasi Limbah Moge

Limbah moge bisa menjadi solusi agar tampilan Ninja 250 FI semakin kekar. Harga satu set limbah moge untuk shock depan, shock belakang, kaliper rem, swingarm, hingga velg bisa mencapai puluhan juta rupiah. Yah, biaya modifikasi Ninja 250 FI tersebut memang sangat mahal, namun hasilnya akan sebanding dengan uang yang dikeluarkan.

Agar biaya modifikasi Ninja 250 FI dengan limbah moge tak terlalu mahal, masbro bisa mencoba membeli swingarm belakang dulu. Pasalnya swingarm bawaan Ninja 250 FI memiliki desain mengkotak, sehingga terlihat kurang kekar. Setelah itu tinggal membeli shock depan ataupun bagian lainnya.

Limbah moge tidaklah plug & play. Butuh penyesuaian agar bisa terpasang secara presisi. Carilah bengkel yang berpengalaman atau membeli limbah moge bekas yang sebelumnya telah digunakan pada Ninja 250 FI. Selain itu, lupa untuk mengecek kualitas limbah moge yang dibeli agar menghindari shock oli bocor, velg peyang, dll.

4. Modifikasi Air Brush

Sebagian orang lebih menyukai Air Brush dibandingkan Decal Sticker. Alasannya adalah karena memiliki nilai seni lebih tinggi, sehingga membuat tampilan Ninja 250 FI semakin keren. Biaya Air Brush tidaklah murah. Untuk satu body bisa mencapai Rp. 2-4 Jutaan, tergantung tingkat kesulitan.

Modifikasi motor Ninja 250 FI Air Brush sangat cocok untuk mengikuti ajang modifikasi. Masbro bisa menerapakan berbagai macam grafis sesuai selera. Pengerjaan airbrush juga tidak boleh sembarangan, karena sama saja dengan melukis di body motor sehingga harus teliti dan penuh keuletan.

5. Modifikasi Carbon

Ada banyak sekali aksesori carbon untuk Ninja 250 FI, mulai dari Winglet, Hugger, Spakbor, Tankpad, dll. Masbro juga bisa memesannya sendiri di pengrajin karbon kevlar. Biaya modifikasi Ninja 250 FI tersebut juga cukup menguras kantong, jadi siapkan uang lebih apabila ingin memakai karbon kevlar.

Selain menggunakan karbon kevlar, masbro juga bisa mencoba karbon printing untuk menutupi body Ninja 250 yang ingin dimodifikasi. Biayanya tentu jauh lebih murah, karena sejatinya merupakan sticker. Apabila lebih memilih karbon printing, kami sarankan untuk membeli yang 5D atau 6D agar hasilnya terlihat glossy layanya karbon asli.

6. Modifikasi Cafe Racer

Modifikasi motor Ninja 250 FI ini tergolong sangat ekstrim. Pasalnya seluruh body harus dilepas dan diganti body baru yang mengusung desain cafe racer. Terkadang rangka juga harus dipotong, agar hasil modifikasinya semakin maksimal.

Gaya modifikasi Ninja 250 FI ini sangat cocok bagi pecinta otomotif yang menyukai motor bergaya klasik. Masbro harus menyiapkan biaya mencapai belasan hingga puluhan juta, karena yang dimodifikasi tidak hanya body saja.

7. Modifikasi Scrambler / Tracker

Bagi yang sudah bosan dengan desain full fairing yang dimiliki Ninja 250 FI, maka bisa mencoba modifikasi bergaya Tracker atau Scrambler. Modifikasi ini akan mengubah Ninja 250 FI menjadi motor naked bike. Meskpun begitu, kita tetap bisa menikmati performa mesin Ninja 250 yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi sangat besar.

Jika ingin modifikasi Ninja 250 FI bergaya Scrambler ataupun Tracker, lebih baik masbro membeli Ninja 250 FI bekas. Tentu sayang apabila motor baru kita pritili dan diubah secara ekstrim menjadi motor naked bike. Lagi pula harga Ninja 250 FI jauh lebih murah dibandingkan yang baru.

8. Modifikasi Velg Jari-Jari

Mengubah velg Ninja 250 yang sporty menjadi jari-jari memang terasa kurang cocok. Pasalnya velg jari-jari akan menghilangkan kesan sporty motor ini. Terlebih jika menggunakan ban cacing, pastinya akan terlihat cukup aneh.

Meskipun aneh, namun modifikasi Ninja 250 FI dengan velg jari-jari cukup diminati, terutama oleh anak muda. Kami sendiri kurang menyukainya. Pasalnya velg jari-jari dan ban cacing tidak sesuai dengan bobot Ninja 250, sehingga akan menganggu kestabilan saat berakselerasi.

Nah itulah beragam referensi modifikasi motor Kawasaki Ninja 250 Injeksi yang bisa masbro terapkan pada motor kesayangan. Selera setiap orang, tentu berbeda-beda, jadi silahkan pilih modifikasi yang pas sesuai dengan budget yang dimiliki. Sekian informasi otomotif.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment