Motor Yamaha Pertama di Indonesia

No Comments

Iklan

Sekolah tua Yamaha menjadi incaran para kolektor motor antik di seluruh Indonesia. Nah, salah satu target yang paling dicari adalah Yamaha V50. Jumlah motor ini di Indonesia memang sangat sedikit, karena diimpor secara penuh dari Jepang (CBU) pada tahun 1973. Yamaha V50 juga menjadi sepeda motor Yamaha pertama yang masuk ke Indonesia, sehingga memiliki nilai sejarah tersendiri di kalangan pecinta sepeda motor jadul. .

Bisa dibilang Yamaha V50 memulai kesuksesan Yamaha sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia. Nah, sepeda motor ini sudah ada di Indonesia sebelum keberadaan PT. Yamaha Indonesia motor Manufacturing (YIMM) yang didirikan pada 1974. Untuk spesifikasinya sendiri, Yamaha V50 mengusung mesin 2-tak 1 silinder 50cc. Mesin ini memiliki diameter lubang 40 mm dan stroke 39,7 mm dengan sistem pembakaran karburator.

Spesifikasi sekolah tua Yamaha V50 memang tidak terlalu istimewa. Meski begitu, Yamaha V50 menawarkan desain klasik yang tidak dapat dibandingkan dengan sepeda saat ini. Selain itu, Yamaha melengkapinya dengan transmisi 3-speed yang menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup besar di masanya. Lalu ada tangki bahan bakar yang dapat menampung bensin sebanyak 4,5 Lite dan didukung oleh sistem listrik Platina.

Kami tidak secara alami membandingkan spesifikasi sepeda motor Yamaha lama ini dengan sepeda motor Yamaha hari ini, seperti Jupiter MX 150, Jupiter Z1, atau Yamaha Vega. Teknologi yang ia gunakan jauh berbeda, karena saat ini Yamaha telah melengkapi jajaran produknya dengan teknologi Fuel Injection dan semuanya telah menggunakan mesin 4 langkah yang lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Untuk pecinta sepeda motor jadul, kami yakin bahwa kami tidak terlalu peduli dengan spesifikasi. Selama Anda bisa mendapatkan Yamaha V50 yang asli dan layak pakai, Anda pasti akan membelinya meskipun harganya sangat mahal. Apalagi Yamaha V50 memiliki desain ikonik dengan konsep sederhana yang mudah dikendarai dan mudah dirawat. Namun bagi masbro yang tertarik membeli sepeda motor Yamaha lama ini, harus siap membeli suku cadang yang sangat mahal.

Harga rata-rata suku cadang Yamaha jadul memang mahal, karena barang sulit ditemukan. Akibatnya, biaya restorasi yang harus dikeluarkan cukup menguras kantong, terutama biaya pembelian bagian tubuh asli, seperti lampu, spatbor, cermin, dan bodi. Sedangkan untuk bagian lain, seperti rem, roda dan knalpot dapat dikanibal dari motor lain.

Selain Yamaha V50, YIMM juga meluncurkan V70, V80 dan V90 di Indonesia. Setiap seri memiliki desain yang hampir sama, tetapi untuk V50 ia memiliki tubuh yang sangat ringan dengan berat 74 kg. Kemudian dimensinya memiliki panjang 1,840 mm, lebar 645 mm dan tinggi 1.006 mm. Sedangkan sumbu roda 1.170 mm dari gandar depan ke gandar belakang.

Beralih ke sektor kaki, spesifikasi Yamaha V50 dilengkapi dengan suspensi depan Leading Link yang biasa digunakan di sepeda motor era 70-an. Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan lengan ayun yang dipadukan dengan Double Shockbreaker. Tidak hanya itu, Yamaha V50 juga memiliki ban berukuran 2.25-17-4pr yang dipasang di roda depan dan belakang. Sekarang untuk mengetahui spesifikasi secara lengkap, silakan lihat di bawah

Spesifikasi Sepeda Motor Yamaha V50

Tipe Mesin: Single Cylinder 2 stroke Kapasitas Mesin: 50ccBore x Stroke: 40.0 X 39.7 mm Sistem Pembakaran: Karburator Sistem Listrik: Transmisi Plat: Manual kopling otomatis 3 Kecepatan Berat: 74 Kg Kapasitas Tangki Bahan Bakar: Sisi Tangki Minyak 4,5 Liter Kapasitas Tangki : Sumbu Roda 1,2 Liter: 1,170 mm Panjang: 1,840 mm Lebar: 645 mm Tinggi: 1.006 mm Suspensi depan: link terkemuka Suspensi Belakang: lengan ayun, guncangan ganda Badan Depan: 2.25-17 – 4prBan Belakang: 2.25-17 – 4pr

Mungkin sekarang harga sepeda motor Yamaha V50 sangat mahal. Namun mengingat motor ini adalah motor bekas, harganya tergantung kondisi. Sekarang ini informasi otomotif. Kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment