MPV Apakah? Inilah Perbedaan antara MPV dan SUV

No Comments

Iklan

Automotiveo.com – Apa itu MPV? MPV adalah kependekan dari Multi Purpose Vehicle yang dapat diartikan sebagai mobil multifungsi, karena dapat digunakan sebagai mobil penumpang maupun mobil barang. Tetapi saat ini mobil MPV lebih identik dengan mobil keluarga karena mereka memiliki ruang besar sehingga mereka dapat memuat banyak anggota keluarga.

Kapasitas penumpang yang lebih banyak adalah keunggulan mobil MPV dibandingkan dengan sedan atau mobil kota. Saat ini ada banyak mobil MPV yang beredar di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah Toyota Avanza. Lalu ada juga Xenia, Xpander, Mobilio, Ertiga, dll.

Semua mobil MPV di Indonesia memiliki rata-rata tiga baris kursi sehingga mereka dapat mengangkut 7 hingga 8 penumpang. Mobil jenis ini sangat populer di Indonesia, jadi jangan heran jika penjualan melebihi sedan, city car, atau SUV.

Dari data penjualan mobil terlaris di Indonesia, kita dapat melihat Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander menjadi mobil terlaris. Keduanya sama-sama Low-MPV karena mereka memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan Medium MPV atau Premium MPV.

Sejarah Mobil MPV di Indonesia

Gambar Toyota Kijang

Karakteristik mobil MPV saat ini berbeda dari masa lalu. Di masa lalu, mobil MPV memiliki deretan kursi yang unik, karena kursi belakang dibuat berhadapan sehingga dapat menampung lebih banyak penumpang. Sedangkan MPV saat ini memiliki kursi belakang yang dapat dilipat sehingga mereka dapat membawa lebih banyak barang bawaan.

Meski karakteristiknya telah berubah, tetapi fungsinya tetap sama, yaitu untuk dapat menampung banyak penumpang atau banyak barang. Di Indonesia sendiri, mobil MPV menjadi populer di tahun 90-an dengan kehadiran Toyota Kijang yang menawarkan mesin 1,8 liter bertenaga 82 PS dan mesin 1,5 liter bertenaga 66 PS.

Bisa dibilang Toyota Kijang memulai popularitas mobil MPV di Indonesia. Keberhasilan ini menjadikan Toyota Kijang sebagai mobil yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Saingan Toyota juga menghadirkan mobil MPV di tahun 90-an, seperti Isuzu yang meluncurkan Isuzu Panther dengan kapasitas mesin 2.300cc OHV dengan 63 PS.

Tidak ingin kalah, Daihatsu akhirnya mengubah Daihatsu Zebra menjadi Daihatsu Zebra Espass untuk bersaing melawan Kijang dan Panther. Kemudian pada tahun 1999, Mitsubishi kembali meluncurkan MPV bernama Mitsubishi Kuda. Mobil itu bertahan cukup lama hingga akhirnya berhenti hingga generasi ketiga pada 2004.

2003 adalah awal dari perubahan mobil MPV di Indonesia. Tahun itu, Toyota dan Daihatsu meluncurkan Avanza dan Xenia, yang langsung menjadi mobil sejuta orang. Harga murah adalah daya tarik utama mobil, sehingga segera dijual dengan baik diburu oleh orang Indonesia yang mencari mobil MPV sebagai mobil keluarga.

Hingga saat ini, Toyota Avanza masih laris manis, meskipun persaingan di segmen MPV semakin ketat. Saat ini ada banyak mobil MPV di Indonesia yang sengaja dibuat untuk mengikuti kesuksesan Avanza, seperti Mobilio, Ertiga, Xpander, dll.

Mobil MPV murah dengan harga 100 juta juga semakin banyak bermunculan, seperti Datsu Go Plus, Toyota Sigra, Daihatsu Calya, dan Renault Triber. Semuanya menawarkan 1 keunggulan, yang memiliki tiga baris kursi yang dapat menampung 7 hingga 8 penumpang.

Jenis MPV

Tidak hanya mobil MPV Rendah yang laris manis di Indonesia, tetapi juga tipe MPV Sedang dan MPV Premium. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing, dan untuk mengetahuinya silakan lihat di bawah.

1. MPV rendah

Gambar Low MPV Toyota Avanza

Salah satu karakteristik Low MPV adalah harganya cukup terjangkau. Mobil ini juga memiliki bodi yang tidak terlalu besar dan memiliki fitur terbatas yang otomatis membuat harga jualnya jauh lebih murah. Walaupun fiturnya terbatas, Low MPV adalah mobil MPV terlaris di Indonesia karena harganya lebih terjangkau.

Contoh MPV Rendah

Toyota Avanza Daihatsu XeniaMitsubishi XpanderSuzuki ErtigaToyota CalyaDaihatsu SigraDatsun Go + Honda MobilioNissan LivinaWuling Confero

2. MPV sedang

Gambar Toyota Voxy Medium MPV

Satu level di atas Low MPV adalah Medium MPV. Perbedaan antara keduanya terletak pada segi fitur dan dimensi yang sedikit lebih besar. Harganya juga lebih mahal, karena harga rata-rata melebihi 300 Juta. Dengan harga yang lebih mahal, fitur-fiturnya jauh lebih lengkap dan lebih nyaman untuk dikendarai daripada LMPV.

Contoh MPV Sedang

Toyota Kijang Innova Honda membebaskan Toyota Sienta Toyota Voxy Wuling Cortez Nissan Serena

3. MPV Premium

Gambar MPV Premium Mazda Biante

Namanya juga premium, tentu saja semuanya sangat istimewa baik dari segi fitur, desain, dan kemewahan di sektor interior dan eksterior. Harga mobil premium MPV rata-rata juga dibanderol sangat mahal, bahkan harganya bisa miliaran rupiah. Selain itu, mobil premium MPV juga memiliki tubuh besar dan kabin kelas VIP.

Contoh MPV Premium

Toyota Alphard Honda Odyssey Toyota Vellfire Mazda Biante Mercedes Benz V-Clas

Perbedaan antara MPV dan SUV

Banyak orang salah menyebut mobil SUV sebagai mobil MPV. Padahal keduanya memiliki banyak perbedaan. Sekarang untuk mengetahui perbedaannya, silakan lihat di bawah.

Perbedaan yang paling mencolok adalah dalam hal Ground Clerance. Karena SUV memiliki ground clearance yang lebih tinggi karena dirancang sebagai mobil segala medan yang dapat diandalkan untuk melewati jalan raya atau medan off-road yang ringan. Dengan clerance darat yang lebih tinggi, tentu saja SUV lebih mampu melibas berbagai jalan medan. Rata-rata, SUV memiliki kapasitas penumpang 5 orang. Tetapi sekarang ada banyak SUV 7-kursi seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Honda CR-V, dan banyak lainnya. Meski kapasitas penumpangnya hampir sama, namun SUV memiliki dimensi lebih besar dan ground clerance yang lebih tinggi. Biasanya SUV memiliki kapasitas mesin lebih besar sehingga performa mesin yang dihasilkan lebih kuat. Tujuannya agar lebih optimal saat melibas medan off-road. Padahal rata-rata mobil MPV hanya memiliki kapasitas mesin 1.500cc ke bawah, dengan pengecualian mobil premium seperti Alphard dan kawan-kawan. Rata-rata mobil MPV yang beredar di pasaran menggunakan sistem penggerak 2WD. Sedangkan untuk sebagian besar SUV menggunakan sistem penggerak 4WD agar lebih optimal saat menabrak medan off-road.

Perbedaan antara mobil MPV dan SUV cukup banyak. Kami yakin Anda dapat dengan mudah membedakannya dalam hal desain. Karena SUV memiliki ground clerance yang lebih tinggi. Sedangkan mobil MPV hanya memiliki ground clerance di bawah 210mm rata-rata.

Kesimpulan

Dari informasi di atas, kita dapat menyimpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan mobil MPV. Sekarang untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya, silakan merujuk ke informasi berikut.

Keuntungan Mobil MPV

Didesain sebagai mobil keluarga, sehingga memiliki kabin yang nyaman dan dapat mengangkut banyak penumpang. Harga mobil MPV di Indonesia rata-rata sangat terjangkau. Ini memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dibandingkan dengan SUV yang memiliki kapasitas mesin rata-rata. Cocok digunakan sebagai mobil penumpang atau untuk mengangkut barang bawaan dalam jumlah banyak. Karena mobil ini memiliki kursi baris ketiga yang dapat dilipat untuk menambah ruang kabin mobil. Ada banyak varian mobil MPV di Indonesia, jadi kami tidak perlu bingung ketika memilihnya.

Kekurangan Mobil MPV

Hampir semua mobil MPV di Indonesia menggunakan sistem penggerak 2WD sehingga tidak cocok untuk berkendara di medan off-road atau curam. Beberapa jenis MPV memiliki fitur minimal, terutama untuk MPG di kelas LCGC seperti Daihatsu Sigra, Toyota Calya, dan Datsun Go +.

Sebenarnya kelebihan dan kekurangan mobil MPV tergantung pada jenis mobilnya. Alasannya adalah bahwa setiap jenis mobil memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda yang tidak dapat dibandingkan dengan yang lain. Khusus untuk mobil MPV premium yang mahal, tentu akan sulit menentukan kekurangan atau kelemahannya.

Sekarang itu informasi tentang mobil MPV. Semoga informasi di atas dapat menjadi jawaban bagi Anda yang memiliki pertanyaan MPV? Nah pertanyaan ini sering ditanyakan oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman di dunia otomotif. Tapi setelah membaca artikel Automotiveo.com di atas, saya harap Anda semua mengerti lebih banyak tentang segala sesuatu tentang mobil MPV.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment