Pengalaman Mengemudi Bersama Honda Forza, Harga Layak?

No Comments

OTOSIA.COM – Setelah secara resmi dirilis oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam acara GIIAS 2018, tim Otosia.com akhirnya berkesempatan untuk mencoba Honda Forza. Pesaing skuter Yamaha Xmax adalah milik Gboo Matic and Friends.

Tidak sedikit orang bertanya-tanya, apakah sepadan dengan pengalaman dan kenyamanan berkendara dengan biaya Rp78 juta untuk membeli Honda Forza?

Berdasarkan pengujian sejauh sekitar 200 km melalui jalur berbukit, tim Otosia merasakan kenyamanan seperti yang ditawarkan. Secara alami, Honda Forza dilahirkan sebagai skuter maxi dengan dimensi besar.

Menariknya, ukuran Honda Forza yang terbilang besar tidak merepotkan saat mengganggu lalu lintas di perkotaan. Hanya saja, harus ada sedikit penyesuaian dengan kaca spion yang terletak di bodi depan.

Kaca depan Honda Forza yang tingginya dapat disesuaikan melalui tombol di stang sangat membantu. Saat hujan dan terasa terganggu, cukup tekan tombol untuk menurunkan kaca depan.

Sepasang instrumen panel analog dan digital MID Honda Forza juga dapat memberikan informasi yang komprehensif, mulai dari kecepatan, suhu udara, jam, hingga putaran mesin. Menariknya, panel ini menyajikan perkiraan jarak yang bisa dicapai dengan kapasitas bahan bakar yang tersedia.

Kesenangan mengendarai Honda Forza juga didukung oleh posisi kaki yang bisa diluruskan ke depan. Selain itu, ada bagasi luas di bawah jok yang mampu memuat 2 helm dan outlet listrik di dek kiri.

Kenyamanan tidak hanya dirasakan oleh pengemudi. Penumpang yang duduk di kursi belakang juga bisa merasakan hal yang sama. Hanya saja posisinya cukup tinggi sehingga perlu sedikit penyesuaian ketika naik.

Ban 120 / 70-15 di depan dan belakang 140 / 70-14 juga berfungsi dengan baik. Alhasil, Honda Forza tetap stabil ketika harus melewati jalur berliku di perbukitan. Selain itu, teknologi ABS dipasang yang membuat rem bekerja optimal.

Mesin 1 silinder 249 cc dengan torsi 23,2 hp dan torsi 24 Nm Honda Forza sudah cukup untuk melibas tanjakan dan tikungan. Dapur pacu juga didukung oleh teknologi Kontrol Torsi Terpilih Honda sehingga ban tidak mudah tergelincir saat melintasi jalan yang licin.

Namun, bukan berarti Honda Forza adalah motor yang sempurna. Sepasang lampu di dekat skuter Gambot agak kurang terang. Namun, itu dibantu oleh keberadaan lampu jauh yang bahkan lebih terang.

Selain itu, karena kaca depan Honda Forza dapat disetel secara elektrik, menjadikannya bergetar ketika melewati jalan yang rusak dan putaran mesin yang rendah. Juga tidak ada lampu di jok seperti kompetitornya.

Namun, semua kekurangannya ditutupi dengan berbagai fitur lainnya, dan desainnya yang elegan dan cenderung menjadi pusat perhatian. Belum lagi kenyamanan saat digunakan diajak bepergian jauh.

Jadi, apakah nilainya Rp78 juta dengan pengalaman berkendara yang diberikan oleh Honda Forza? Kami mengembalikan semua itu ke Otolovers. Namun yang jelas, Honda Forza bisa menjadi pilihan untuk kendaraan harian dan touring yang bergengsi.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl / crn)

More from our blog

See all posts

Leave a Comment