Roda Balap, Bodykit, Pelapis & Stiker

No Comments

Iklan

Modifikasi Avanza 2019 – Nama yang dibawa oleh Toyota Avanza sebagai sejuta mobil sangat masuk akal. Karena mobil MPV 7-kursi telah terjual lebih dari 1,7 juta unit sejak pertama kali dipasarkan pada tahun 2004. Total penjualan Avanza mengalahkan mobil-mobil lain, seperti yang dibuat oleh Daihatsu, Honda, atau Suzuki. Tentu saja ini semakin memperkuat posisi Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia.

Toyota Avanza di Indonesia tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga diekspor ke luar negeri. Popularitas Toyota Avanza sangat masuk akal. Pasalnya, mobil sejuta orang memiliki mesin yang sesat sehingga mudah dirawat dan didukung oleh ketersediaan suku cadang yang melimpah. Selain itu, mobil Avanza terbukti sangat nyaman dan cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga karena kabinnya cukup luas.

Masih banyak alasan untuk membeli Toyota Avanza. Salah satunya harus dimodifikasi. Yah, Toyota Avanza benar-benar keren ketika Anda mendapat sentuhan modifikasi. Apalagi mobil ini memiliki kabin yang luas, sehingga kita bisa memodifikasi interior atau eksterior. Namun mengingat yang dimodifikasi adalah mobil, tentu saja biaya yang dikeluarkan jauh lebih banyak daripada memodifikasi sepeda motor.

Yapz, modifikasi mobil memang butuh perjuangan, terutama biaya besar. Masbro harus membeli berbagai aksesoris untuk mengubah tampilan Avanza menjadi lebih keren. Belum lagi saat memodifikasi sektor mesin, tentu biayanya bisa membengkak lebih tinggi lagi. Tetapi sebelum membahas masalah modifikasi Avanza, mari kita lihat dulu sejarah kesuksesan Toyota Avanza di Indonesia.

Sejarah Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil MPV 5 pintu yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 atau lebih tepatnya di acara Gaikindo Auto Expo 2003. Mobil ini langsung mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau. Pada tahun 2003 memang tidak ada mobil semurah Avanza. Alhasil, mobil ini langsung laris manis oleh orang Indonesia sebagai alternatif Toyota Kijang Generasi ke-4, yang kala itu harganya sangat mahal.

Toyota tidak sendirian, perusahaan Jepang ini juga memiliki berbagai platform dengan Daihatsu meluncurkan Xenia. Desain Avanza dan Xenia hampir mirip. Spesifikasinya juga hampir sama, karena keduanya menggunakan platform yang sama. Ketika pertama kali diluncurkan Toyota menyediakan dua jenis, yaitu 1,3 E dan 1,3 G. Kemudian pada 2004, Toyota meluncurkan Avanza 1.3 S VVT-i, yang dalam hal teknologi lebih canggih.

Kemudian pada tahun 2006, Toyota meluncurkan Avanza 1.5 S VVT-i yang mengusung mesin 1.500cc VVT-i dan menampilkan berbagai fitur, seperti sensor parkir belakang, sistem pengereman ABS, dan 15 15 velg alloy. Mobil ini juga tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Selanjutnya, Toyota kembali meluncurkan Avanza generasi terbaru pada 7 November 2011, membawa perubahan signifikan pada apa yang disebut All New Avanza. Pada tahun itu Toyota juga meluncurkan Veloz Avanza yang menjadi varian teratas keluarga Toyota Avanza.

Demi menjaga kepuasan pelanggan, Toyota kembali berinovasi dengan meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz pada 12 Agustus 2015. Keduanya menggunakan mesin baru yang dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Di mana kapasitas mesin terdiri dari 1,3 Liter dan 1,5 Liter dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Berbagai perubahan juga telah dibawa ke Avanza generasi terbaru yang semakin memperkuat posisi Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Selama 15 tahun Toyota Avanza mempertahankan posisinya sebagai mobil MPV terlaris di Indonesia. Untuk mempertahankan posisi ini, Toyota meluncurkan New Avanza dan New Veloz pada 15 Januari 2019. Perubahan yang dibawa oleh New Avanza dan New Veloz tidak terlalu signifikan. Mesinnya masih sama dengan Avanza generasi sebelumnya. Meski begitu, Avanza terbaru memiliki desain yang lebih modern dan gaya.

Data Penjualan Toyota Avanza

Pasar Pasar Penjualan Pasar DomestikPenjualan … 205201541,0002016122,648201643,4702017116,311201746,480 Januari-November 201875,493 Januari-Oktober 201830,740Total1,714,196 Unit 393,380 Unit

Sejauh ini ada banyak mobil MPV yang berjuang untuk mengalahkan penjualan Toyota Avanza. Sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Wuling Confero, dan Mitsubishi Xpander. Meskipun dihadapkan dengan berbagai mobil baru yang memiliki desain lebih modern dan fitur yang lebih canggih, penjualan Toyota Avanza tetap besar. Bahkan ketika total 2004-2008, penjualan Toyota Avanza di Indonesia mencapai 1.714.196 unit.

Penjualan Toyota Avanza akan terus tumbuh seiring waktu. Nah, penggemar mobil ini sangat besar karena kemampuan mesinnya yang andal, bertenaga, dan irit bahan bakar. Selain itu, Toyota menawarkan interior mewah dan nyaman yang membuatnya cocok sebagai mobil keluarga. Apalagi harga mobil Avanza terbaru tetap terjangkau dengan harga mulai dari Rp. 191 Jutaan hingga Rp. 221 Jutaan.

Bagi bro yang lebih tertarik membeli Avanza bekas, maka kita bisa mendengarkan artikel sebelumnya tentang "Daftar Mobil Avanza Bekas". Membeli Avanza bekas bisa menjadi pilihan pertama karena harganya lebih terjangkau. Jadi untuk Avanza bekas untuk membeli bro keren, kami sarankan untuk memodifikasinya. Khusus untuk Avanza 2010 ke atas, yang dalam hal desain cukup ketinggalan dibandingkan dengan Avanza terbaru yang jauh lebih modern.

Spesifikasi Toyota Avanza

Avanza baru atau bekas Avanza keduanya memiliki 3 baris kursi yang dapat menampung 7 penumpang. Adapun spesifikasinya, Toyota menyediakan Avanza terbaru dengan mesin IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1.329cc yang dapat memuntahkan tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan 12,3 kgm pada 4.200 rpm. Lalu ada juga varian 1.496cc dengan tenaga 104 PS dan torsi 13.9 kgm.

Kehadiran teknologi Dual VVT-i membuat Avanza 2016 ke atas dan lebih efisien dan responsif. Kemudian untuk sektor interior, Avanza terbaru dilengkapi dengan Digital A / D dan slot daya di semua baris kursi. Lalu ada juga head unit dengan layar sentuh, tetapi hanya terbatas pada tipe 1.5G. Interior memang semakin mewah, sehingga menunjukkan kelas Avanza sebagai mobil MPV terlaris di Indonesia.

Selanjutnya, dari segi eksterior, Toyota menyediakan Avanza terbaru dengan lampu LED dan Shark Fin Antenna. Bagian depan memang telah berubah secara dramatis, membuatnya terlihat lebih modern. Sedangkan untuk bagian belakang memiliki kombinasi lampu baru yang membuatnya lebih gaya. Sayangnya menurut kami desain eksterior Avanza masih kalah dengan Mitsubishi Xpander yang terlihat lebih modern dengan konsep Dynamic Shield.

Spesifikasi Toyota Avanza terbaru juga didukung oleh fitur keselamatan dalam bentuk sistem pengereman ABS dan Dual SRS Airbag. Fungsi ABS (Anti-Lock Breaking System) adalah untuk mencegah roda dari mengunci ketika pengereman tiba-tiba, sehingga lebih aman dan lebih nyaman. Selain itu, ada juga Side Impact Beam yang akan mengurangi dampak dampak dari samping. Kemudian untuk sektor kaki yang dilengkapi dengan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-Link Lateral Rod yang meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara.

Modifikasi Mobil Avanza

Untuk masbro yang tidak ingin mobil terlihat standar, lebih baik memodifikasinya. Ada begitu banyak konsep modifikasi Avanza yang dapat Anda terapkan untuk mengubah tampilan mobil favorit Anda. Masbro dapat memilih modifikasi sederhana hingga ekstrem. Tentu saja ini harus disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki sehingga biaya memodifikasi Avanza tidak membengkak terlalu besar. Baik sebagai referensi, silakan merujuk ke koleksi berikut mobil dan foto Avanza yang dimodifikasi.

1. Modifikasi Avanza Ceper

Banyak orang ingin mobil terlihat datar agar terlihat lebih sporty. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan Air Suspension atau memotong Shockbreaker. Setelah itu, Masbro dapat menggunakan roda yang lebih besar dari roda standar, lalu menambahkan body kit. Apapun metode yang dilakukan dalam modifikasi Avanza yang sederhana, kami yakin hasilnya akan sangat keren dan akan menjadi pusat perhatian bagi banyak orang.

2. Modifikasi Avanza Bodykit

Menggunakan body kit adalah salah satu cara untuk secara signifikan mengubah penampilan Avanza. Ada begitu banyak penjual Body Kit yang siap, jadi kami hanya memiliki Plug & Play di Avanza yang kami miliki. Tetapi jika Anda ingin hasilnya lebih dingin, maka Masbro dapat memesan Body Kit sesuai keinginan, yang biasanya terbuat dari Fiber atau Plastik ABS. Nah, dalam membeli body kit Avanza, kami sarankan untuk memiliki body kit yang terbuat dari plastik ABS karena lebih fleksibel dan tidak mudah pecah.

3. Modifikasi Avanza Simple

Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, kami sarankan memilih Avanza sederhana, seperti mengganti knalpot atau velg. Harga knalpot Avanza juga cukup terjangkau. Masbro dapat membelinya dengan harga di bawah 1 Juta Rupiah. Tetapi jika Anda menginginkan knalpot berkualitas dari merek-merek terkenal, seperti HKS, Anda harus mengeluarkan lebih dari 3 juta Rupiah. Ya, pasti ada harga, jadi jangan heran jika harga knalpot Avanza asli sangat mahal.

4. Modifikasi roda Avanza

Modifikasi Avanza berikutnya adalah mengganti roda standar dengan roda balap yang memiliki desain lebih dingin. Harga roda Avanza juga bervariasi. Tetapi jika Anda ingin roda murah, maka Anda harus menyiapkan anggaran sekitar 3-5 juta Rupiah. Harga tergantung pada ukuran roda yang Anda beli. Semakin besar semakin mahal. Kami sendiri lebih suka menggunakan velg 16 ″ atau 17 g agar tetap nyaman dipakai setiap hari.

5. Audio Avanza yang Dimodifikasi

Salah satu bagian interior Avanza yang harus dimodifikasi adalah sektor audio. Masbro dapat mengubah unit kepala audio standar dengan unit kepala yang mendukung sistem operasi Android sehingga nantinya dapat menggunakan unit kepala sebagai sistem navigasi dan hiburan. Maka jangan lupa untuk menambahkan subwoover sehingga output suara lebih menggelegar dan semakin kuat. Sekarang, untuk membuat modifikasi Avanza dilakukan lebih optimal, Bro dapat membeli audio power mobil dari merek-merek terkenal, seperti Kenwood, Pioneer, dll.

6. Modifikasi Kursi Avanza

Selain sektor audio, Masbro juga bisa melakukan modifikasi pada jok atau jok. Yah, kursi Avanza cukup elegan, tetapi bagaimana jika mobil Avanza yang dimiliki adalah keluaran lama? Tentunya kursi sudah mulai rusak dan terlihat kusam. Karenanya kami menyarankan untuk memodifikasi kursi Avanza yang Anda miliki dengan kulit sintetis seperti yang dibuat oleh MBTECH, Murano, atau lainnya.

7. Stiker Toyota Avanza yang Dimodifikasi

Selain modifikasi Avanza di atas, Masbro juga dapat mencoba modifikasi dengan menambahkan stiker ke tubuh mobil MPV satu juta orang. Nah, stiker bisa menjadi alternatif paling tepat untuk mengubah penampilan Avanza sesuai konsep yang diinginkan. Masbro juga dapat membungkus stiker untuk mengubah seluruh warna tubuh, tetapi ada baiknya untuk memilih warna yang harus sesuai dengan warna yang tercetak pada registrasi kendaraan.

Sekarang berbagai referensi untuk modifikasi mobil Avanza yang dapat diterapkan untuk diterapkan pada mobil favorit Anda. Ya, memodifikasi mobil tidak harus asli. Kita harus menyesuaikannya dengan konsep atau tema dan anggaran yang dimiliki. Yah, meski sebenarnya harga mobil Avanza cukup terjangkau, tetapi modifikasi yang ceroboh hanya akan merusak tampilan mobil ini dari luar. Jadi harap bijak dalam memodifikasi mobil yang Anda miliki.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment