Sepeda motor boros? Berikut adalah 11 cara untuk membuat motor injeksi yang lebih ekonomis

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Adanya perkembangan yang semakin pesat, kini Indonesia telah menjalani motor injeksi. Implementasi motor injeksi ini telah menggunakan sensor untuk membuat pembakaran lebih sempurna. Jadi, dengan sistem injeksi motor diyakini lebih hemat bahan bakar. Kendaraan bermotor yang memiliki sistem injeksi tidak semuanya hemat bahan bakar, bro. Karakteristik motor injeksi yang tidak hemat bahan bakar adalah motor yang memiliki banyak gigi, terutama pada motor otomatis.

Tetapi sekarang semua jenis motor telah membentuk sistem hemat bahan bakar, bro, karena teknologi yang telah diimplementasikan dengan penggunaan bahan bakar yang efisien. Tetapi ada beberapa orang yang tidak punya waktu untuk merawat motor, terutama bagi mereka yang memiliki banyak aktivitas. Supaya kondisi motor tetap prima dan hemat bahan bakar Anda jangan lupa merawat motor ya bro.

Cara menggunakan motor injeksi dengan kecepatan rendah akan membuat motor kita lebih irit, bro. Tapi ada cara lain yang bisa membuat motor kita lebih irit bahan bakar. Metode-metode ini tercantum di bawah ini, bro.

Cara Membuat Motor Injeksi yang Lebih Ekonomis

Seperti yang kami katakan di atas, cara untuk membuat motor injeksi yang lebih efisien adalah dengan melakukan perawatan rutin. Sebenarnya cara merawat motor injeksi sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan motor bermotor karburator. Sekarang untuk mengetahui bagaimana melakukannya silakan lihat di bawah.

1. Selalu Memanaskan Sepeda Motor di Pagi Hari

Kami merekomendasikan bahwa sebelum kendaraan Anda dibawa, akan lebih baik untuk memanaskannya. Mengendarai sepeda motor ketika itu tidak memanas sama seperti merusak sepeda motor di tanah. Untuk menjaga motor dari kerusakan, Anda harus menjaganya dengan baik, bro, salah satunya adalah memanaskan motor sebelum mengemudi.

2. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Perawatan termudah kedua untuk motor injeksi adalah memilih bahan bakar oktan tertinggi. Pemilik sepeda motor injeksi harus memilih bahan bakar dengan 90 oktan ke atas, alis, karena oktan yang lebih tinggi dalam bahan bakar akan sangat membantu proses pembakaran di mesin motor Anda. Contoh bahan bakar oktan tinggi adalah Pertamax. Jika pengguna sepeda motor injeksi menggunakan bahan bakar ini, maka sepeda motor Anda akan lebih hemat bahan bakar.

3. Ganti Oli secara teratur

Biasanya mengganti oli secara teratur dilupakan oleh pemilik kendaraan, terutama bagi orang yang memiliki banyak aktivitas. Penggantian oli motor injeksi harus setiap 2 bulan atau setiap 1.000 km. Jangan sampai oli di kendaraan Anda kering ya bro, karena kalau kekurangan pelumas akan mengganggu kinerja motor.

Selain mengganti oli pelumas, Anda juga harus mengganti oli roda gigi setiap 5.000 km, dengan memaksimalkan motor gir Anda. Selanjutnya dengan mengganti oli motor shock setiap 10.000 km. Penggantian oli dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja kendaraan Anda, bro.

4. Memperhatikan kondisi AKI

Mungkin perawatan ini sangat jarang dilakukan oleh pemilik kendaraan, sebelum kendaraan rusak. Sistem injeksi kendaraan bermotor sebenarnya sangat tergantung pada kondisi aki sebagai daya tahan mesin dalam sistem pembakaran. Tetapi jika baterai Anda tidak memiliki listrik atau berendam, lebih baik menggantinya dengan yang baru sehingga kinerja sepeda motor Anda lebih baik, bro.

5. Perawatan Busi

Perawatan selanjutnya juga cukup mudah, perawatan jenis ini adalah mengobati sistem pembakaran atau busi. Busi di motor ini memainkan peran yang sangat penting sebagai pemantik api, jadi bersihkan busi secara teratur dengan tujuan memaksimalkan pembakaran di mesin dan ruang bakar. Jika busi sepeda motor Anda kotor, itu dapat menyebabkan sepeda motor Anda tiba-tiba mogok atau dapat menyebabkan kekurangan energi.

6. Memeriksa Bahan Bakar di Tangki

Memeriksa bahan bakar di dalam tangki mungkin merupakan hal yang sepele untuk dilakukan, tetapi ini adalah cara untuk menjaga sepeda motor Anda. Lebih baik menghindari penggunaan bahan bakar sampai kehabisan bro, di tangki sepeda motor Anda. Ini, dapat menyebabkan injektor menjadi cepat rusak. Tidak hanya menyebabkan injektor mogok dengan cepat, tetapi juga akan menghambat kinerja sepeda motor injeksi Anda.

7. Periksa Kondisi ECU

Ecu adalah kependekan dari Electronic Contro Unit. Ecu ini dapat dijelaskan sebagai otak yang mengoperasikan sistem injeksi motorik. Jika ECu rusak, motor akan mogok. Kami sarankan jika Anda akan memeriksa ECU, tanyakan kepada ahlinya agar Anda tidak mengalami kematian pada sepeda motor Anda.

8. Layanan Motor dengan Rutin

Membuat motor injeksi Anda memiliki kinerja yang sempurna, yaitu dengan secara teratur memperbaiki motor. Kami menyarankan Anda menjaga layanan motor maksimal 2 bulan untuk hasil maksimal untuk motor injeksi Anda. Untuk hasil layanan maksimal, maka Anda harus mengunjungi bengkel resmi, bro. Jika sepeda motor Anda adalah Honda, maka layanan motor injeksi Anda akan siap.

9. Selalu Periksa Ban Motor

Untuk menjaga efisiensi bahan bakar sepeda motor Anda, Anda harus memeriksa ban Anda. Jika ban Anda kekurangan udara, segera isi. Dengan kekurangan bahan bakar itu akan membuat motor Anda boros bahan bakar karena performa mesin semakin meningkat.

10. Mengendarai Motor dengan Kecepatan Stabil

Cara terbaik untuk merawat motor injeksi adalah menggunakan motor dengan kecepatan stabil, bro. Penggunaan motor-speeding atau penggunaan tuas gas yang selalu berhenti dan melaju bisa memakan lebih banyak bahan bakar dan tidak memanaskan motor terlalu lama. Lebih baik memanaskan motor injeksi Anda selama 3 menit, bro.

11. Periksa sistem pengapian secara berkala

Memeriksa sistem pengapian secara teratur harus dilakukan untuk sepeda motor otomatis yang masih menggunakan karburator. Dengan pemeliharaan ini dapat mengakibatkan kondisi pengapian tetap seperti pengaturan pabrik dan membuat bahan bakar bekerja secara efisien.

Setelah meninjau cara merawat motor injeksi, kami selanjutnya akan meninjau karakteristik motor injeksi jika rusak

Karakteristik Sepeda Motor Injeksi Rusak

1. Mesin Sulit Untuk Memulai

Mesin yang sulit dihidupkan atau dihidupkan merupakan gejala awal kerusakan pada motor injeksi, bro. Biasanya gejala ini muncul ketika bensin dari injektor kurang dari jumlah ideal, menghasilkan campuran tipis. Gejala-gejala sepeda motor yang sulit dihidupkan memang menunjukkan banyak masalah karena bensin mengendap di dinding intake manifold.

2. Mesin sering mati mendadak

Motor yang sering mati mendadak biasanya disebabkan oleh kerusakan pada injektor. Sebagai hasil dari kerusakan yang semakin parah pada injektor, selenoid yang membuka dan menutup tidak berfungsi secara normal. Jadi, ketika selenoid menutup aliran bensin di ruang bakar tidak ada, menyebabkan motor mati mendadak.

3. Mesin Menjadi Mudah Rusak

Alhasil dari mesin mbrebet itulah ketika motor geber dengan rpm tinggi ya bro. Ini terjadi karena kurangnya pasokan bahan bakar karena injektor bermasalah. Mesin menjadi mudah untuk mbrebet hal ini juga dapat terjadi karena kerusakan lanjutan dari mesin sulit untuk memulai.

4. Asap Knalpot Menjadi Lebih Terkonsentrasi

Hal yang terjadi ketika asap knalpot keluar dengan warna tebal yang menunjukkan bahwa bensin yang terbakar tidak terbakar sepenuhnya. Pembakaran tidak sempurna juga terjadi karena pasokan bahan bakar dari injektor terlalu banyak. Pasokan bensin yang terus mengarah ke sana itulah yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna huh bro.

5. Mesin Mati Tidak Bisa Bangkit

Ciri-ciri injeksi yang benar-benar rusak akan menyebabkan mesin tidak bisa hidup kembali bro. Ini terjadi karena bensin benar-benar tidak dapat memasok ke ruang bakar.

Untuk melindungi sepeda motor Anda dari kerusakan, Anda harus merawat sepeda motor Anda, kawan. Meski mengobati suntikan ini relatif mudah, untuk itu Anda jangan meremehkannya. Karena jika motor injeksi rusak maka dapat membahayakan keselamatan Anda dan bisa menjadi salah satu penyebab bahan bakar motor injeksi boros.

Nah, cara membuat motor injeksi yang lebih efisien adalah merawatnya secara teratur untuk menghindari kerusakan seperti yang telah kami sebutkan di atas. Anda semua pasti menginginkan motor yang ekonomis, jadi silakan ikuti tips tentang cara membuat motor injeksi yang lebih ekonomis yang kami sebutkan di atas.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment