Supra Gunakan Mesin BMW, Toyota: Permintaan Konsumen

No Comments

OTOSIA.COM – Beberapa tahun lalu, Toyota diketahui bekerja sama dengan BMW untuk mengembangkan mobil sport. Hasilnya adalah alat pacu jantung yang merupakan sumber energi untuk BMW Z4.

Mesin 3.0L inline 6 silinder juga akan menjadi jeroan Toyota Supra generasi kelima. Meski mesinnya akan tetap disetem oleh Toyota agar sesuai dengan gayanya, namun penggunaan mesin ini seolah-olah Toyota tidak ingin mengembangkan mesinnya sendiri.

Dalam sebuah wawancara dengan Autonews Eropa, Chief Engineer Toyota Supra, Tetsuya Tada mengatakan bahwa keputusan ini bukan tanpa alasan. Menurutnya keputusan ini juga berkaitan dengan permintaan konsumen.

Hal utama ketika Toyota memutuskan untuk menghidupkan kembali Supra adalah melanjutkan mesin 6 silinder. Berdasarkan hasil survei konsumen, ini adalah suatu keharusan, mengingat bahwa empat generasi sebelumnya memiliki mesin 6-slilinder inline.

Tampilan belakang Toyota Supra (SupraMKV) bocor

Toyota Supra juga dikatakan tidak menjadi pembuat volume untuk Toyota itu sendiri. Didukung oleh alasan bisnis itu, BMW Z4 roadster adalah pilihan paling logis untuk Toyota. Menggunakan mesin sebagai hasil kolaborasi dengan BMW akan lebih mudah daripada mengembangkan mesin 6 silinder segaris sendiri.

Mesin ini dari Bavarian diatur oleh insinyur Toyota untuk Supra. Seperti transmisi dan sasis 8-kecepatan. Beberapa hari yang lalu Toyota juga memamerkan suara mesin Supra, sebelum diluncurkan di Detroit bulan depan.

Toyota juga telah mengkonfirmasi bahwa Supra akan memiliki daya lebih dari 300 hp, tetapi unit mesin 3.0L harus dapat melakukan lebih dari itu, minimum 382 hp dan torsi 369 lb-ft, sama seperti pada Z4 M40i.

Kabarnya, Toyota juga akan menghadirkan versi mesin yang lebih kecil, yang menggunakan mesin 2.0L 4-silinder yang memiliki 262 hp, seperti dilansir Carbuzz. Ada kemungkinan bahwa versi entry level ini akan memiliki harga yang lebih murah.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl / tys)

More from our blog

See all posts
No Comments

Leave a Comment