Syarat, Biaya, dan 6 Cara Membuat Sim Internasional

No Comments

Iklan

Bagaimana Cara Membuat Lisensi Internasional – Apa itu International Driving Licence?

Pergi bepergian ke luar negeri harus menjadi impian semua orang, bro. Apalagi mencoba mengendarai kendaraan ke luar negeri pasti membuat semua orang penasaran. Mengemudi kendaraan ke luar negeri, tentu saja, harus memiliki dokumen mengemudi, bro, salah satunya adalah SIM Internasional.

Bagi Anda yang ingin pergi ke luar negeri tetapi tidak memiliki SIM internasional, Anda harus membuatnya terlebih dahulu, bro. Membuat SIM Internasional tidak harus di luar negeri, di negara tercinta Anda pasti dapat membuatnya.

Membuat SIM Internasional cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu singkat. Hanya 20 menit, bro, kan? Mungkin masih banyak yang belum mengerti cara membuat SIM Internasional ini. Sekarang bagi Anda yang tidak mengerti, kami akan meninjau sejumlah cara untuk membuat SIM Internasional

Pihak yang mengeluarkan SIM internasional

Awal SIM Internasional diterbitkan oleh Asosiasi Motor Indonesia, tetapi pada tahun 2010 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 5 Pekerjaan diambil oleh Kepolisian Republik Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membuat SIM Internasional silakan datang langsung ke Gedung Layanan SIM Internasional di Korps Lalu Lintas Polisi yang berlokasi di Jalan MT Haryono Kav 37-38, Jakarta. Pembuatan SIM Internasional tidak dapat diwakili, ya, pemohon harus datang ke kantor.

Grup SIM Internasional

Sama seperti SIM Indonesia, SIM International juga memiliki beberapa grup. Grup SIM internasional dibagi menurut jenis kendaraan.

Grup A: Sepeda motor dengan antau tanpa trailer, kendaraan khusus untuk orang cacat dan kendaraan roda tiga dengan berat kosong lebih dari 400 kg. Kelas B: Mobil yang dapat mengangkut 8 penumpang, termasuk pengemudi sendiri atau mobil yang membawa barang dengan berat maksimum tidak melebihi 3.500 kg. Kendaraan jenis ini dapat menarik trailer ringan. Kelas C: Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan berat maksimum yang diijinkan lebih dari 3500 kg. Kendaraan jenis ini mungkin tidak menarik trailer ringan. Kelas D: Kendaraan bermotor yang dapat menampung lebih dari 8 penumpang, termasuk pengemudi. Kendaraan jenis ini dapat menarik trailer ringan. Kelas E: Kendaraan bermotor yang termasuk dalam kelas B, C, D dan diizinkan untuk menarik trailer non-ringan.

Ketentuan untuk Membuat Sim Internasional

Untuk membuat SIM Internasional, pertama-tama kita harus memenuhi beberapa persyaratan yang dapat Anda lihat di bawah. KTP asli dan fotokopi paspor asli dan fotokopi AIM / C yang berlaku bersama dengan fotokopi KITAP asli serta fotokopi (untuk Warga Negara Asing) 6 terbaru sebanyak 3 lembar (untuk dasi pria sementara wanita mengenakan pemutih)

Setelah mengetahui SIM Internasional untuk menyiapkan file untuk membuat SIM Internasional. Selanjutnya, kami meninjau cara membuat SIM Internasional.

Cara Membuat SIM Internasional

Membuat SIM Internasional sangat mudah, karena kami tidak perlu mengikuti tes terlebih dahulu. Alasannya adalah untuk memiliki SIM Internasional, pertama-tama kita harus memiliki SIM reguler. Sekarang untuk lebih jelas cara membuat SIM Internasional, silakan lihat di bawah.

1. Pergi ke Membuat SIM Internasional

Setelah menyiapkan persyaratan yang tercantum di atas, maka Anda datang ke proses pembuatan SIM Internasional di Gedung Polisi Lalu Lintas Nasional di Jalan MT Haryono Kav 37-38 Jakarta. Ingat, pembuatan SIM Internasional tidak dapat diwakili, karena memerlukan tanda tangan pemohon untuk melengkapi persyaratan. Yang terbaik adalah datang ke kantor selama jam kantor dari jam 8:30 pagi – 3:00 malam. Dan ingat, Sabtu-Minggu dan hari libur lainnya, kantor tutup, bro. Jangan lupa membawa semua file yang disiapkan sebelumnya.

2. Mengisi Formulir Sera untuk Memilih Grup SIM

Ketika Anda tiba di gedung Korlantas Polri maka ambil antrian dan tunggu antrian sampai Anda dipanggil ke konter. Setelah mengunjungi jendela, file Anda akan diminta dan diarahkan untuk mengisi formulir aplikasi SIM Internasional.

Formulir SIM harus diisi sesuai dengan identitas Anda sebagai calon pemilik SIM Internasional, di konter ini Anda juga memilih grup SIM Internasional sesuai dengan kebutuhan Anda di luar negeri.

Setelah semua data telah diisi sepenuhnya, maka Anda akan diminta untuk menandatangani stempel 6000 dan jangan lupa untuk mengirimkan file yang telah Anda siapkan, bro.

3. Membayar Biaya Administrasi

Langkah selanjutnya dalam membuat SIM Internasional adalah membayar administrasi. Metode pembayaran SIM Internasional ini akan memberi Anda slip pembayaran oleh pejabat sesuai dengan jumlah pembayaran untuk membuat SIM. Memang membuat SIM sangat mudah di Indonesia, karena Anda hanya menyiapkan file sesuai dengan persyaratan dan biaya yang harus dibayarkan sebagai administrasi.

4. Langkah-langkah untuk Membuat SIM Internasional Lengkap

Setelah semua prosedur di atas selesai, proses selanjutnya petugas akan mengambil foto Anda dan diminta untuk sidik jari. Kemudian, setelah menunggu beberapa menit, SIM Internasional Anda akan siap digunakan untuk mengemudi ke luar negeri.

Untuk perbedaan antara membuat SIM domestik dan SIM asing, Anda memiliki perbedaan. Membuat SIM domestik memerlukan tes mengemudi untuk calon pemilik SIM. Namun cara membuat SIM Internasional tidak memerlukan tes mengemudi sehingga cukup untuk menyiapkan semua file dan biaya.

5. Masa berlaku SIM Internasional

Masa berlaku SIM Internasional ini berbeda dari SIM domestik ya. SIM domestik memiliki masa berlaku 5 tahun sedangkan SIM Internasional memiliki masa berlaku hanya 3 tahun. Kedaluwarsa masa berlaku SIM Internasional dihitung sejak Anda datang ke Gedung Polisi Lalu Lintas Nasional untuk membuat SIM, bro. Sementara itu, cara memperpanjang SIM Internasional ini, sama jika Anda membuat yang baru.

6. Biaya untuk membuat SIM Internasional

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2010 tentang PNBP yang berlaku di Kepolisian Republik Indonesia, untuk biaya yang diperlukan dalam membuat SIM Internasional adalah Rp 250.000. Sedangkan biaya untuk perpanjangan SIM Internasional adalah Rp. 225.000. Biaya pembuatan SIM Internasional sangat terjangkau, bro. Karena biaya pembuatan SIM Internasional ini sama saja tidak mempengaruhi tipe grup SIM.

Untuk biaya pembuatan SIM Internasional dengan SIM domestik, ada perbedaan, bro. Tidak hanya jumlah biayanya yang berbeda, tetapi biaya pembuatan SIM. Karena, biaya yang diperlukan untuk membuat SIM Internasional adalah sama untuk semua kelompok. Sementara biaya pembuatan SIM domestik ini memiliki tarif yang berbeda untuk setiap kelas.

Sekarang banyak negara membutuhkan lisensi internasional. Sudah lebih dari 150 negara membutuhkan SIM internasional berdasarkan perjanjian PBB. Dokumen ini tidak kalah pentingnya dengan paspor, kawan, terutama jika Anda akan tinggal di negara asing.

Bagaimana bro ?, setelah mengetahui tentang SIM Internasional. Membuat SIM Internasional sangat mudah dan tidak menunggu lama untuk membuatnya selama file yang diperlukan telah dikumpulkan secara penuh. Sekarang informasi otomotifo.com tentang cara membuat SIM Internasional beserta syarat dan biayanya. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment