Toyota Glanza, Kembaran Baleno Harga Di Bawah 150 Juta

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Toyota Glanza adalah bukti bahwa Toyota dan Suzuki memiliki hubungan yang erat dalam mengembangkan produk mereka. Mobil ini menggunakan basis Suzuki Baleno, jadi jangan heran jika ada kesamaan di antara keduanya. Desain eksterior dan interiornya memang sangat mirip. Namun Toyota membuat perubahan kecil pada gril depan dan menambahkan logo Toyota sebagai identitasnya.

Sayangnya Toyota Glanza hanya dijual di India. Mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Marutti Suzuki. Di India, Toyota Glanza tersedia dalam dua varian, yaitu tipe G dan tipe V yang masih dibagi lagi dalam tipe G MT, G CVT, M MT, dan M CVT. Jadi jika secara total, ada 4 jenis Toyota Glanza yang dijual di Indonesia. Lalu apakah mobil ini akan dipasarkan di Indonesia?

Kecil kemungkinan Toyota Glanza akan dipasarkan di Indonesia. Di mana mobil ini menawarkan berbagai fitur menarik yang akan memanjakan pecinta otomotif tanah air. Di mana untuk interior sudah ada unit layar sentuh 7 inci yang dapat dihubungkan ke smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Di Indonesia sendiri, jarang ada mobil murah yang memiliki fitur ini, karena rata-rata mereka terbatas pada layar sentuh biasa.

Toyota tidak lupa menyematkan fitur Tilt & Telescopic Steering untuk menyesuaikan posisi setir. Selain itu, ada juga pengaturan AC Digital yang memberi kesan modern pada dashboard mobil hatchback. Nuansa interior mewah dan nyaman langsung tercermin saat melihat isi kabin Toyota Glanza. Kapasitas bagasi juga lebar, dan didukung oleh kursi baris kedua yang dapat dilipat untuk menambah ruang penyimpanan bagasi.

Fitur-fiturnya memang lebih keren dari Suzuki Baleno yang dipasarkan di Indonesia. Selain itu, Toyota telah melengkapinya dengan keyless-entry, push Start / Stop, Kamera Belakang, dan Reverse Parking Sensor. Tidak hanya itu, Toyota juga melengkapinya dengan fitur keselamatan lengkap, mulai dari sistem pengereman ABS + EBD + BA, Airbag Dual SRS, hingga Seatbelt-Reminder.

Kemudian untuk bagian luar Proyektor LED headlamp telah terpasang, Daytime Running Light (DRL), dan lampu kabut yang akan memberikan pencahayaan lebih terang saat berkendara di malam hari. Eksteriornya sangat mirip dengan Suzuki Baleno. Keduanya seperti sirih setengah potong, tetapi spesifikasi mesinnya berbeda dengan Suzuki Baleno yang dipasarkan di Indonesia.

Jika Baleno Suzuki yang dijual di Indonesia menggunakan K14B 4 Cylinder Line dengan kapasitas 1.373cc dengan tenaga 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm, Tipe V Toyota Glanza ditenagai oleh bensin K12M 1.200 cc. mesin. Mesinnya mampu memuntahkan tenaga 82 Horsepower dan torsi 113 Nm. Itu artinya, kekuatan mobil ini lebih kecil dari Suzuki Baleno.

Menariknya, Toyota memberikan Type G Glanza dengan mesin Mild-Hybrid dengan kode 1.200 cc K12N. Mesin tersebut dilengkapi dengan motor listrik yang membuat tenaga dan torsi lebih besar dari Glanza V. Di mana daya maksimumnya mencapai 89 Horsepower dan torsi puncak mencapai 113 Nm.

Setiap jenis Toyota Glanza tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Keduanya sama-sama irit dengan konsumsi bahan bakar 21,01 km / liter untuk varian manual (MT). Sedangkan varian CVT memiliki efisiensi bahan bakar 19,56 km / liter. Berbekal mesin yang irit dan performa mesin yang kuat, tentu saja Toyota Glanza sangat cocok sebagai mobil perkotaan untuk melewati kemacetan ibu kota.

Kemudian untuk sektor kaki disediakan roda cincin 16 inci dengan desain sporty dan modern. Sedangkan dimensi panjangnya 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm, dibalut warna Enticing Silver, Gaming Grey, dan Insta Blue. Sekarang pertanyaannya sekarang, berapa harga sebenarnya dari mobil Suzuki terbaru?

Berapa harga Toyota Glanza?

Seperti yang kami katakan di atas, tidak mungkin Toyota Glanza akan dipasarkan di Indonesia. Memang mobil ini diluncurkan oleh Toyota Kirloskar Motor sebagai pemegang merek Toyota di India. Mobil ini juga merupakan kolaborasi pertama antara Toyota dan Marutti Suzuki yang merupakan cabang dari Suzuki Motor Corporation di India.

Harga Toyota Glanza di India dihargai INR722.000 – 890.000 atau jika kita memiliki yang setara dengan Rp. 148 Jutaan – Rp. 182 Jutaan. Dari segi harga sangat terjangkau. Bahkan lebih murah dari Suzuki Ertiga Sport atau Baleno Suzuki di Indonesia yang dipasarkan mulai dari Rp. 213 Jutaan – Rp. 225 juta. Andai saja Toyota memasarkannya di Indonesia dengan harga yang sama dengan di India, kami yakin mobil ini akan laris manis mengingat fitur-fiturnya yang sangat lengkap.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment