Yamaha Fino Oil Terbaik, Murah & Terbaik

No Comments

Iklan

Automotiveo.com – Desain yang stylish dan elegan membuat Yamaha Fino 125 sangat populer di kalangan wanita. Sepeda motor ini bisa menjadi alternatif selain Honda Scoopy yang sama-sama mengusung konsep gaya retro. Sekarang yang membedakan Fino dan Scoopy adalah mesinnya. Karena motor tersebut dilengkapi dengan kapasitas mesin 125cc. Sementara Scoopy hanya 110cc.

Berbekal mesin berkapasitas lebih besar, tentu saja performa Yamaha Fino satu tingkat di atas Scoopy. Selain itu, Yamaha telah mengoptimalkannya dengan teknologi Blue Core dan sistem pembakaran Injeksi Bahan Bakar yang membuat konsumsi bahan bakar Fino lebih ekonomis dan membuat mesin lebih halus dan nyaman untuk dikendarai.

Mesin motor Yamaha bukanlah mesin sembarang. Dari segi kinerja jauh lebih unggul dibandingkan para pesaingnya. Ini tidak terlepas dari teknologi Blue Core yang memastikan mesin gesekan minimal sehingga membuat suhu mesin stabil dan membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis.

Sebenarnya mesin Yamaha Fino hampir sama dengan Yamaha Mio Series atau Yamaha FreeGo. Di mana mesin memiliki konfigurasi SOHC berpendingin udara dengan daya output 7 kW atau setara dengan 9,52 PS pada kecepatan mesin 8.000 rpm dan torsi puncak mencapai 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Dari segi kinerja, lumayan dan sebanding dengan harga jual. Sekarang untuk mengetahui berapa biayanya, silakan lihat artikel berikut "Spesifikasi dan Harga Yamaha Fino". Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Yamaha menyediakan tiga varian Fino, yaitu tipe Sporty, Premium, dan Grande.

The Grande Type adalah tipe tertinggi dengan harga melebihi 19 Juta Rupiah. Dengan harga yang begitu mahal, kita akan mendapatkan fitur berupa lampu LED dengan desain elegan yang dapat memberikan pencahayaan maksimal saat berkendara di malam hari.

Yamaha juga menyediakan beberapa fitur keren lainnya, seperti Advanced Key System, ECO Indicator, Smart Lock System, Smart Side Side Switch, dan Stop & Start System. Sayangnya motor ini belum dilengkapi dengan fitur Smart Key System.

Fitur Stop & Start System menjadi fitur andalan Yamaha Fino Grande. Fungsinya persis sama dengan Idling Stop System pada sepeda motor otomatis Honda. Di mana mesin akan mati secara otomatis ketika dalam posisi diam atau berhenti lebih dari 5 detik. Lalu kami hanya menarik tuas gas, dan motor mulai.

Sayangnya fitur Stop & Start System hanya tersedia di Fino Grande. Untuk tipe Sporty dan Premium tidak memilikinya, jadi masuk akal jika harga Yamaha Fino Grande lebih mahal. Kemudian untuk sektor kaki, Yamaha melengkapinya dengan ban tubeless lebar dengan ukuran 80 / 80-14M / C 43P (depan) dan 100 / 70-14M / C 51P (belakang).

Rem belakang Yamaha Fino masih digerakkan dengan drum dan didukung oleh rem cakram depan. Sistem pengereman sepeda motor ini masih standar, tetapi tidak masalah asalkan dapat menghentikan kecepatan rambu-rambu dengan cepat dan responsif.

Untuk mempertahankan kinerja mesin Yamaha Fino membutuhkan perawatan rutin dengan layanan reguler setiap 3.000 km sekali atau 2 bulan. Saat servis rutin jangan lupa ganti oli lama dengan yang baru. Lalu apa oli yang bagus untuk Yamaha Fino?

Ada beberapa pilihan oli motor otomatis yang dapat digunakan untuk menjaga performa Yamaha Fino. Salah satunya adalah TOP 1 Action Matic yang memiliki tingkat ketebalan 10W-40. Oli juga dapat digunakan untuk Yamaha NMAX, Aerox, dan Mio Series.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa kami merekomendasikan TOP 1 Action Matic sebagai oli Yamaha Fino terbaik? Sekarang untuk mengetahui jawabannya, silakan lihat di bawah.

Alasan untuk Memilih TOP 1 Action Matic

Minyak ini terbuat dari bahan dasar sintetis yang dalam hal kualitas jauh lebih baik daripada minyak mineral. Sebagai bukti, silakan merujuk ke artikel tentang "Perbedaan dalam Minyak Sintetis dan Minyak Mineral" yang kami beri tahu dari autodriver. Alasan kedua adalah karena TOP 1 Action Matic memiliki tingkat ketebalan yang sesuai dengan spesifikasi mesin Yamaha Fino, sehingga oli dapat memberikan perlindungan dan menjaga kebersihan setiap komponen mesin Yamaha Fino yang secara otomatis akan mengubah tarikan mesin semakin meningkat lebih halus dan terasa lebih ringan. Selain itu, oli Yamaha Fino terbaik dilengkapi dengan aditif pintar (Smooth Riding Additive) yang membantu meningkatkan kemampuan mesin akselerasi motor Fino dan membuat tarikan mesin lebih halus. Aksi Matic kualitas TOP 1 telah melampaui standar yang diberikan oleh pabrikan dan melebihi standardisasi JASO MB 2016 (Japan Automobile Standard Organization) yang membuktikan bahwa oli ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar Yamaha Fino. Alasan penting lainnya adalah bahwa ia dilengkapi dengan teknologi Perlindungan Maksimum yang membuat usia oli lebih lama dan lebih tangguh dalam melindungi semua komponen mesin. Dari segi harga juga cukup terjangkau. TOP 1 Action Matic dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 35 ribu hingga Rp. 45 ribu. Selain itu, TOP 1 Indonesia juga menyediakan varian 10W-30 yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja sepeda motor otomatis Honda, seperti Beat, Scoopy, Spacy, Vario, dan Genio dengan harga yang sama dengan varian 10W-40. Jika kita membandingkannya dengan oli merek lain, dapat dikatakan bahwa kualitas oli TOP 1 Action Matic 30% lebih baik dalam melindungi berbagai komponen mesin dan menjaga kebersihan mesin sehingga membuat konsumsi bahan bakar Yamaha Fino lebih efisien.

Masih ada banyak alasan untuk menggunakan TOP 1 Action Matic sebagai oli terbaik Yamaha Fino. Yang pasti oli ini telah memenuhi standar internasional dan dilengkapi dengan teknologi pelumas kelas dunia yang memastikan performa mesin Yamaha Fino tetap optimal dan menghasilkan daya tahan optimal pada semua komponen mesin di dalamnya.

Sekarang pertanyaannya sekarang, "Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengubah Oli Motor Matic?". Masbro dapat mengganti oli motor matic lama dengan TOP 1 Action Matic ketika jarak tempuh sepeda motor telah mencapai 3.000 km. Tapi alangkah baiknya mengganti oli sebelum menyentuh angka itu atau lebih baik setiap dua bulan sekali, meskipun km belum mencapai 3.000 km.

Kualitas minyak TOP 1 telah terbukti di seluruh dunia, jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan minyak. Terlebih lagi, TOP 1 telah menjadi pelumas resmi dalam perjalanan Himalayan Ridge yang membuktikan bahwa minyak TOP 1 mampu bertahan dalam kondisi ekstrim melalui pegunungan Himalaya. Tidak hanya itu, minyak TOP 1 juga digunakan di American Formula Drift dan berbagai acara balap bergengsi lainnya.

Semua keuntungan di atas menjadikan TOP 1 Action Matic salah satu oli motor otomatis terbaik di Indonesia. Masbro tidak akan menyesal menggunakan minyak ini. Karena oli membuat performa mesin Yamaha Fino lebih optimal dan membuat motor lebih tahan lama. Beberapa pengulas otomotif juga telah membuktikan kualitasnya, dan untuk melihat ulasannya, silakan lihat video Youtube di sini dan di sini.

Setelah mengetahui oli yang bagus untuk Yamaha Fino, sekarang kita tinggal merawat motor ini agar kinerjanya tetap optimal. Tentu saja Masbro tidak ingin motor rusak cepat karena pemilihan oli yang salah, jadi lebih baik mengikuti rekomendasi yang kami berikan di atas. Sekarang semua informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment